Linda Rahmadanti | MataMata.com
Penyanyi Glenn Fredly. [Matamata.com]

Matamata.com - Kabar duka kini tengah menyelimuti dunia musik. Sang pujangga romantis, Glenn Fredly meninggal dunia pada usia 44 tahun di Rumah Sakit Mitra Fatmawati, Jakarta Selatan pada Rabu (8/4/2020).

Seniman musik Tanah Air sekaligus masyarakat pun berduka atas meninggalnya Glenn Fredly. Sebab ini menjadi hal yang mengejutkan, lantaran selama ini pelantun "Januari" itu tak menunjukkan gejala sakit di depan publik.

Tim Matamata.com mengajak Anda mengenang kembali perjalanan karier musisi yang gemar mengumbar kalimat romantis di setiap lagu yang dipopulerkan.

Baca Juga:
Jenazah Glenn Fredly Langsung Dibawa ke Rumah Duka Malam Ini

Penyanyi Glenn Fredly tampil di pesta perilisan album barunya berjudul "Romansa Ke Masa Depan" di M Bloc Space, Jakarta Selatan, [Suara.com/Angga Budhiyanto]

1. Awal mula karier bermusik Glenn Fredly

Lelaki bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini lahir di Ambon, 30 September 1975. Sejak remaja Glenn sudah menekuni dunia tarik suara. Bahkan di usia 20 tahun ia memenangkan lomba Cipta Pesona Bintang dan bergabung dalam band pop Funk Section.

Jalan karier di musik makin terbuka saat Glenn Fredly menjadi finalis Asia Song Festival. Kemudian meninggalkan band rock dan memilih genre R&B.

Baca Juga:
Melihat Jenazah Glenn Fredly, Pandji Pragiwaksono Langsung Mewek

Ia merilis album pertama, GLENN yang sukses dipasaran dengan terjual 50 ribu eksemplar. Padahal di tahun 1998, genre tersebut tidaklah populer di masyarakat.

2. Sukses lewat lagu "Kasih Putih"

Tahun 2000 Glenn Fredly merilis album kedua, Kembali (Return) dengan hits andalan "Kasih Putih". Lagu itu pun meledak dan bahkan menempati posisi 3 di Festival Lagu Internasional Asia Dauzy Rusia.

Baca Juga:
5 Sudut Taman Kajoe, Mengenang Lokasi Pernikahan Glenn Fredly - Mutia Ayu

3. Rilis 15 album

Sepanjang karier bermusik, Glenn Fredly sudah menelurkan tak kurang dari 16 album. Terakhir, suami pedangdut Mutia Ayu ini merilis album Romansa ke Masa Depan pada November 2019.

Tahun 2011, Glenn Fredly bergabung bersama rekannya Tompi dan Sandhy Sondoro dalam serangkaian konser. Mereka pun menamai grup tersebut, Trio Lestari.

Glenn Fredly [Suara.com/Yuliani]

4. Sempat putuskan rehat

24 tahun berkarier di panggung musik, membuat Glenn Fredly ingin istirahat sejenak. Bukan tanpa sebab, karena ia tengah mempersiapkan kejutan di tahun 2020 dengan menggelar konser 25 tahun berkarya.

Bahkan, penampilannya di acara musik Jazz tahunan di Yogyakarta disebutnya sebagai panggung terakhir sebelum ia rehat sejenak.

"Prambanan Jazz mungkin akan jadi panggung terakhir saya tahun ini. Tahun depan akan fokus untuk konser jadi memang cukup membatasi," kata Glenn yang dijumpai di pelataran Candi Prambanan, 7 Juli 2019.

5. Ingin gelar konser 25 tahun

Glenn Fredly berkeinginan menggelar konser tunggal sebagai penanda 25 tahun karier bermusiknya. Konser tersebut sudah direncanakan matang pelantun "Terserah" ini, ia bahkan membuat konsep unik dengan roadshow ke berbagai daerah di Indonesia.

"Pertama Surabaya, kemudian September-Oktober ada tiga tempat di Indonesia. Jadi ditutup awal tahun 2021," kata Glenn saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan (3/12/2019).

Selamat jalan Glenn Fredly! (Rena Pangesti)

Load More