Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Celine Evangelista. (Instagram/@celine_evangelista)

Matamata.com - Sederet artis Indonesia ternyata punya darah keturunan pahlawan. Salah satunya, Celine Evangelista.

Ia adalah cicit dari H Fadeli Luran, tokoh pemersatu agama Islam dari Makassar.

Celine Evangelista [Instagram]

Istri Stefan William ini pernah mengunjungi makam kakek buyutnya yang berada di Makassar. Meski dirinya memiliki garis keturunan Islam, namun Celine kini menganut agama Kristen.

Baca Juga:
Daebak! BLACKPINK Salip Eminem Sebagai Artis Keempat Subscribers Terbanyak

"Saya dibesarkan dari dua agama berbeda, kakek aku juga salah satu pejuang muslim, salah satu pemersatu muslim di Indonesia," kata Celine Evangelista ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan pada Mei 2019.

Selain Celine, berikut ini artis keturunan pahlawan Tanah Air.

Cekidot!

Baca Juga:
3 Artis Bikin Acara Lomba 17 Agustus, Ruben Onsu Boyong Pegawai

1. Maia Estianty

Penyanyi Maia Estianty. [Suara.com/Ismail]

Musisi Maia Estianty dikenal sebagai cicit dari HOS Tjokroaminoto. Namun selain dari pahlawan yang membentuk organisasi Sarekat Islam, mantan istri Ahmad Dhani ini adalah cucu dari istri pertama Soekarno, Siti Oetari Tjokroaminoto.

"Nenek saya ini. Oetari Tjokroaminoto adalah istri pertama Presiden RI yang pertama, Soekarno," tulis Maia Estianty pada unggahannya, Agustus 2017.

Baca Juga:
4 Artis Cantik Idap Skoliosis, Ada Nikita Mirzani Hingga Jessica Mila

Pelantun Dear Diary ini juga menyematkan foto dirinya tengah berada di depan potret sang nenek.

2. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo [Instagram]

Dian Sastrowardoyo merupakan keturunan dari pahlawan di era 1920-an, Sunario Sastrowardoyo. Tokoh yang terlibat dalam lahirnya Sumpah Pemuda ini adalah kakak dari eyang kakungnya, dr. Soemarsono Sastrowardoyo.

Baca Juga:
3 Artis Minta Maaf pasca Kampanye #IndonesiaButuhKerja

Bintang film Ada Apa Dengan Cinta berkisah pernah bertemu dengan pahlawan yang akrab disapanya dengan panggilan Eyang Nario.

"Usia saya 5 tahun saat bertemu dengan beliau. Bangga dan terinspirasi sekali punya eyang seperti beliau. Perjuangan kaum muda di zaman mereka, membuat saya juga ingin meneruskannya (saat ini),” tulis Dian Sastro pada unggahannya di Instagram, 2016 silam.

3. Nia Dinata

Nia Dinata di pisko pemenangan Ahok-Djarot, Rumah Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2017) [suara.com/Dwi Bowo Raharjo]

Sutradara Nia Dinata adalah cicit dari pahlawan Indonesia, Otto Iskandardinata. Sosok di balik film Arisan 3! Ini pernah berkisah mengenai warisan yang dititipkan pada seniman 51 tahun ini.

Warisan yang dimaksud adalah pesan dari Otto Iskandardinata untuk mencintai tiga ibu dalam kehidupan seseorang. Hal itulah yang kemudian tertuang dalam postingan Nia Dinata di Instagram.

"Pertama adalah ibumu sendiri, kedua cintailah ibu dari anak-anakmu dan yang ketiga adalah Ibu Pertiwi," demikian unggahan Nia Dinata pada 2014.

4. Asri Welas

Asri Welas [Revi C Rantung/Suara.com]

Artis Asri Welas juga memiliki garis keturunan pahlawan Diponegoro. Hal ini ternyata baru diketahui setelah menjadi bintang tamu di salah satu stasiun televisi.

"Katanya, 'Sri, kamu keturunan Diponegoro yang ketujuh’," kata Asri Welas.

Artis sekaligus penyiar radio ini sempat tak percaya. Namun setelah dirunutkan, ia memang generasi ke-7 dari pahlawan asal Yogyakarta tersebut. (Rena Pangesti)

Load More