Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Film Tilik. (YouTube)

Matamata.com - Siapa yang suka bergosip? Tidak dapat dipungkiri bahwa hidup manusia hampir tidak pernah bisa lepas dari gosip. Mulai dari gosip yang disebarkan oleh media, hingga gosip yang tersebar di tetangga kanan kiri. 

Akhirnya, fenomena sosial itu coba dihadirkan sutradara muda Wahyu Agung Prasetyo dalam film pendek yang berjudul Tilik. Berikut ini ada beberapa fakta menarik film pendek Tilik yang perlu diketahui.

Film Pendek Tilik yang baru-baru ini dirilis ke YouTube pada 17 Agustus 2020 kemarin menyita perhatian publik. Selain ceritanya, netizen  juga menyoroti karakter "Bu Tejo". Nah, berikut ini empat fakta menarik film pendek Tilik.

Baca Juga:
5 Potret Siti Fauziah Saekhoni, Pemeran Bu Tejo dalam Film Tilik yang Viral

Cekidot!

1. Kisah di Balik Film Pendek Tilik

Bu Tejo di film pendek Tilik - (YouTube/Ravacana Films)

Film Tilik menceritakan perjalanan ibu-ibu kampung yang akan menjenguk Bu Lurah di rumah sakit. Mereka berangkat ke rumah sakit pergi dengan menaiki kendaraan truk. Di sepanjang perjalanan, salah satu tokohnya yaitu Bu Tejo, mulai bergosip tentang seorang gadis yang dekat dengan anak laki-laki Bu Lurah.

Sementara itu, Yu Ning yang merupakan kerabat dari gadis tersebut tidak suka mendengar omongan Bu Tejo. Sehingga mereka akhirnya banyak berdebat di atas truk di sepanjang perjalanan menuju rumah sakit.

2. Mengangkat Isu Hoaks

Film pendek tersebut diproduksi di tengah perkembangan informasi di mana isu hoaks terdapat di mana-mana. Perkembangan teknologi internet membuatnya juga dapat dirasakan oleh masyarakat pedesaan.

3. Melibatkan Masyarakat Kampung

Penggarapan film Tilik juga banyak melibatkan orang-orang yang baru bermain film. Wahyu mengatakan, bahwa selain untuk penggarapan film, pelibatan orang-orang kampung, terutama ibu-ibu di sana juga bertujuan untuk mengenalkan bagaimana cara pembuatan film kepada mereka.

4. Tokoh Bu Tejo Menjadi Trending Topic di Twitter

Film Tilik [Youtube/Ravacana Films]

Pada 17 Agustus 2020, film Tilik telah ditayangkan secara perdana di YouTube. Tayangnya film tersebut mendapatkan perhatian yang besar dari masyarakat. Bahkan salah satu tokohnya yaitu Bu Tejo menjadi trending topic di Twitter dan media sosial lainnya.

Bu Tejo menjadi magnet utama pada film tersebut. Karakter Bu Tejo dinilai sangat dekat dengan banyak penonton film ini karena orang seperti itu ada di kehidupan nyata.

Selain itu, aktris pemeran Bu Tejo juga dinilai tampil bagus hingga berhasil mengaduk-aduk emosi para penonton.

Itulah beberapa fakta menarik film Tilik yang perlu diketahui. Jika sampai saat ini Anda belum sempat menonton, jangan ditunda lagi. Kisahnya yang menarik, sangat sayang untuk dilewatkan. (Rishna Maulina Pratama)

Load More