Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Quraish Shihab. (YouTube)

Matamata.com - Ulama terkemuka Quraish Shihab sempat ditanya soal hukum memberikan ucapan Selamat Natal dari orang Islam ke orang Kristen atau Nasrani.

Ayah Najwa Shihab ini  memperbolehkan memberi ucapan Selamat Natal pada mereka yang merayakan asal ucapan itu tak mengubah akidah umat muslim yang mengucapkan.

"Bahkan kalau saya ingin berkata 'Selamat Natal' itu di Al-Qur'an ada 'Selamat Natal'. Yang pertama mengucapkannya Isa AS, di Quran jelaskan saat lahir dia mengatakan 'salam sejahtera bagiku pada kelahiranku' (QS Maryam 19:23). Itu kan 'Selamat Natal'," terang Quraish Shihab dalam Youtube GuzZ TV berjudul 'Hukum Mengucapkan Selamat Natal menurut Prof Quraish Shihab' seperti dikutip Matamata.com pada Senin (14/12/2020).

Baca Juga:
Quraish Shihab Tak Mau Dipanggil Habib, Anggun C Sasmi: Patut Dicontoh

Quraish menambahkan, ucapan itu boleh saja dilontarkan, asal umat muslim mempercayai Isa AS sebagai Rasulullah, bukan anak Allah.

Dalam video itu, Quraish menyebut fenonema perdebatan ucapan 'Selamat Natal' hanya terjadi di Asia Tenggara.

"Kita hidup damai. Saya tidak sependapat dengan yang melarang. Terlalu sempit pikirannya. Boleh berkelompok tapi jangan berkelahi dan berselisih," ujar dirinya.

Baca Juga:
Cerita Najwa Shihab, Pesan Quraish Shihab Bikin BJ Habibie Nangis

"Allah mau kita berbeda, tapi dia tidak mau kita bertengkar. Kalau Allah mau kita sama, Quran tidak bisa mengandung penafsiran yang berbeda-beda. Semua bisa benar, semua bisa salah," lanjtutnya.

Dari penjelasan Quraish Shihab dapat disimpulkan, ucapan Selamat Natal tidak dilarang dan diperbolehkan. Asalkan ucapan itu tidak berdampak pada kaidah umat muslim.

Baca Juga:
Dengarkan Ceramah Quraish Shihab, Begini Reaksi Celine Evangelista

Load More