Yohanes Endra | MataMata.com
Chadwick Boseman (Instagram/@chadwickboseman)

Matamata.com - Nominasi Oscar sudah diumumkan oleh The Academy for Motion Picture Arts and Sciences sejak Senin (15/3/2021).  Diketahui, film Mank rupanya menjadi film yang masuk daftar nominasi terbanyak dalam ajang bergengsi Piala Oscar yang akan digelar pada 25 April 2021.

Berikut ini fakta-fakta Oscar 2021 yang menarik untuk diketahui.

1. Film Mank masuk nominasi terbanyak

Film yang diperankan oleh Gary Oldman ini sukses memborong hingga 10 nominasi dalam ajang piala Oscar 2021. Beberapa diantaranya yaitu nominasi untuk Sutradara Terbaik, Film Terbaik dan Aktor Utama Terbaik.

Dalam kategori Film Terbaik, berikut ini nominasinya: Mank, Minari, Sound of Metal, Promising Young Woman, Nomadland, The Trial of the Chicago, dan Judas and the Black Messiah.

Piala Oscar [Shutterstock]

2. Minari menyabet 6 nominasi Oscar

Film yang diperankan oleh aktor keturunan Asia yakni Steven Yeun dan Youn Yuh Jung ini berhasil masuk nominasi Oscar 2021 dalam 6 kategori. Bahkan kedua aktor tersebut juga masuk dalam nominasi Oscar.

Berikut nominasi Oscar yang berhasil ditembus film Minari: Best Picture, Aktris Pendukung Terbaik, Sutradara Terbaik, Naskah Asli Terbaik, Best Original Score, dan Film Terbaik.

Sinopsis film Minari. (Youtube/A24)

3. Mendiang Chadwick Boseman Masuk dalam nominasi

Dalam ajang piala Oscar 2021, mendiang Chadwick Boseman masuk nominasi dalam kategori Aktor Terbaik melalui film Ma Rainey’s Black Bottom. Sebelumnya, Chadwick juga pernah meraih penghargaan dengan status anumerta.

Adapun penghargaan tersebut yaitu dalam ajang Golden Globe Award 2021 kategori Aktor Terbaik Film Drama dan Critices’ Choice Awards 2021 kategori Aktor Terbaik.

Chadwick Boseman (Instagram/@chadwickboseman)

4. Riz Ahmed, aktor muslim yang sukses masuk nominasi

Riz Ahmed membuat sejarah baru dalam ajang bergengsi Oscar karena ia menjadi aktor muslim pertama yang sukses masuk nominasi Oscar 2021.

Pria keturunan Pakistan ini masuk nominasi Oscar 2021 dalam kategori Aktor Terbaik melalui film Sound of Metal. Dalam nominasi tersebut, ia akan melawan Gary Oldman, Anthony Hopkins, Steven Yeun, serta mendiang Chadwick Boseman.

Demikian fakta-fakta Oscar 2021 yang menarik untuk diketahui. Untuk informasi para pemenangnya. (Ulil Azmi)

Load More