Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Youn Yuh Jung (Soompi)

Matamata.com - Youn Yuh Jung akan menghadiri Academy Awards ke-93. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh agensinya, Hook Entertainment pada 14 April lalu.

"Youn Yuh Jung menerima undangan resmi dari Academy sebagai nominasi Aktris Pendukung Terbaik. Dia naik pesawat ke Los Angeles kemarin untuk berpartisipasi dalam upacara penghargaan di Amerika Serikat," kata agensinya dilansir Soompi.

Youn Yuh Jung di Film Minari (Soompi)

Siapakah Youn Yuh Jung yang menjadi aktris Korea pertama peraih nominasi Oscar itu? Kepoin di bawah ini fakta Youn Yuh Jung dilansir dari berbagai sumber termasuk Soompi dan Tatler.

1. Awal Mula Akting

Youn Yuh Jung (Soompi)

Dilansir Tatler, Youn berakting 'secara tidak sengaja'. Ketika dia remaja, dia berpartisipasi dalam acara permainan anak-anak yang membagikan hadiah kepada penonton, tugas kecil yang memberinya banyak uang. Ini membuatnya manggung dengan pekerjaan serupa sampai seorang sutradara menyarankan dia mengikuti audisi untuk sebuah drama.

Youn gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi saat itu. Hal ini tentu saja sangat mengecewakan ibunya (ayahnya sudah meninggal saat Youn masih muda) karena ujian sangat penting dalam masyarakat Korea Selatan yang terobsesi dengan pendidikan. Karena kebutuhan, dia keluar dari perguruan tinggi dan mengejar akting. Youn memulai debutnya di K-drama Mister Gong pada tahun 1967 dan pada tahun 1969, ia memenangkan penghargaan pertamanya, Pendatang Baru Terbaik di TBC Drama Awards.

2. Sudah Mendarah Daging di Dunia Akting

Youn Yuh Jung (Soompi)

Popularitas Youn sudah tidak perlu diragukan lagi di Korea karena resume yang membuat iri dengan lebih dari 40 kredit atas namanya. Youn sudah melakukan segalanya mulai dari film hingga TV di berbagai genre selama lima dekade.

Load More