Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Rapper DMX. (Instagram/@dmx)

Matamata.com - Rapper DMX meninggal dunia di White Plains Hospital, New York pada Jumat (9/4/2021). Ia meninggal setelah terkena serangan jantung di usia 50 tahun.

Ia dilarikan ke rumah sakit pada 2 April 2021 setelah terkena serangan jantung katastropik karena overdosis obat-obatan.

Saat-saat menjelang kepergiannya, ia dikelilingi oleh orang-orang terdekatnya. Pihak keluarga DMX mengatakan bahwa mereka sangat menghargai setiap detik waktu bersama penyanyi R n B tersebut.

Baca Juga:
Hotman Paris Tertawa: Hotma Sitompul Bukan Saingan Gue!

Semasa hidup, DMX dikenal sebagai seorang rapper dengan ciri khas vokal menggeram serta gaya yang agresif. Selama bertahun-tahun, ia berjuang agar bisa terbebas dari penyalahgunaan obat-obatan. Untuk mengenang sosoknya, berikut ini profil Rapper DMX.

Rapper DMX. (Instagram/@dmx)

Profil atau Biodata Rapper DMX

Rapper DMX atau yang memiliki nama asli  Earl Simmons ini lahir di New York pada 18 Desember 1970.  Diketahui, sejak kecil DMX sudah menjalani kehidupan yang sulit.

Baca Juga:
Ziarah ke Makam Ayah Raffi Ahmad, Nagita Slavina Tak Berhijab Ditegur

Ia pernah mendapat pukulan hingga kehilangan beberapa gigi yang dilakukan oleh ibunya dan sang kekasih. Bukan hanya itu, DMX juga mengidap asma bronkial yang membuatnya hampir setiap malam masuk UGD.

Pada usia 14 tahun, ia mulai mengenal narkoba. Saat itu, tanpa sengaja ia mencicipi minuman keras yang ternyata sudah dicampur dengan kokain.

Perjalanan Karier Rapper DMX

Baca Juga:
3 Potret Pevita Pearce Jalani Upacara Melukat: Bidadari Turun dari Langit

Penyanyi legendari DMX ini mengawali karirnya di bidang industri musik pada tahun 1984. Ia didapuk menjadi beatboxer mendampingi Ready Ron yang merupakan seorang rapper lokal.

Nama DMX digunakan sebagai nama panggungnya. Nama tersebut ia ambil dari alat musik drum bernama Oberheim DMX. Nama DMX ini memiliki arti ‘Dark Man X’.

Rapper DMX. (Instagram/@dmx)

Tahun 1998, ia debut dengan album pertamanya yang bertajuk  “It’s Dark and Hell Is Hot”. Lagu ini meledak di pasaran. Kemudian, juga mengeluarkan album “… And The There Was X” yang menjadi album terlarisnya.

Baca Juga:
Unggah Foto USG Calon Bayi, Dinda Hauw: Curang Mirip Ayah Doang!

Adapun beberapa album lainnya yang ia keluarkan yaitu Flesh of My Flesh Blood of My Blood, The Great Depression, ear of the Dog...Again, Grand Champ, Redemption of the Beast, dan Undisputed.

Selain menekuni dunia musik, ia juga menekuni dunia seni peran. Adapun beberapa judul film yang pernah ia bintangi yaitu Romeo Must Die, Father of Lies, Never Die Alone, Lords of the Street, Last Hour, Pimp dan Fast and Fierce: Death Race.

Ia juga pernah memperoleh penghargaan dan masuk dalam beberapa nominasi dalam ajang penghargaan bergengsi seperti Grammy Awards, American Music Award, dan MTV Music Award.

Itulah profil Rapper DMX. Nama dan karya-karyanya akan tetap dikenang sepanjang masa.

 
Kontributor: Ulil Azmi

Load More