Yohanes Endra | MataMata.com
Sinopsis Film Bumi Manusia Produksi Falcon Pictures (instagram/@falconpictures_)

Matamata.com - Film Bumi Manusia merupakan adaptasi novel karya Pramoedya Ananta Toer berjudul sama. Digarap Hanung Bramantyo bersama rumah produksi Falcon Pictures, film Bumi Manusia pertama kali rilis di bioskop pada 15 Agustus 2019.

Kini film Bumi Manusia dapat disaksikan secara legal melalui Klik Film dan Netflix.

Sinopsis Film Bumi Manusia - Poster Film Bumi Manusia (instagram/@falconmovie.fanbase)

Tertarik? Simak dulu berbagai fakta menariknya berikut ini.

Baca Juga:
Film Bumi Manusia Ditonton Menkeu Sri Mulyani, Mawar Eva De Jongh Bangga

Sinopsis Bumi Manusia

Sinopsis Film Bumi Manusia Produksi Falcon Pictures (instagram/@falconpictures_)

Film Bumi Manusia mengisahkan pemuda Jawa bernama Minke yang belajar di sekolah untuk orang-orang Eropa, HBS. Orang-orang Indonesia yang boleh bersekolah di HBS hanya dari kalangan ningrat atau pejabat. 

Minke sebenarnya bukan nama asli. Ia mendapat julukan Minke yang merupakan plesetan dari kata monkey yang berarti monyet. Nama asli Minke sendiri adalah Tirto Adhi Soerjo.

Baca Juga:
Nonton Film Bumi Manusia, Cinta Laura Nangis

Minke jatuh hati pada Annelies yang merupakan anak Nyai Ontosoroh. Namun Nyai Ontosoroh berstatus sebagai istri simpanan orang Belanda, Mellema. Kedudukan Nyai Ontosoroh tersebut dipandang rendah, bahkan kala itu disamakan dengan hewan peliharaan.

Di sisi lain, pertemuan dengan Nyai Ontosoroh justru membuka pandangan Minke tentang dunia Eropa. Nyai Ontosoroh memperlihatkan perlawanan terhadap penindasan yang membuat Minke kagum.

Perlawanan Nyai Ontosoroh mulai terlihat saat status pengasuhan Annelies digugat pengadilan kolonial. Hubungan Minke dan Annelies juga mendapat penolakan dari berbagai pihak. Salah satunya ayah Minke yang merupakan seorang bupati. Minke dan Annelies pun harus berhadapan dengan hukum bangsa kolonial saat memperjuangkan cinta mereka.

Baca Juga:
Film Bumi Manusia Masuk 17 Tahun Plus, Iqbaal Ramadhan Beri Pengertian

Pemeran Bumi Manusia

Sinopsis Film Bumi Manusia - Artis Peran Ternama Bintangi Bumi Manusia (instagram/falconpictures_)

Iqbaal Ramadhan sebagai Minke
Mawar de Jongh sebagai Annelies
Sha Ine Febriyanti sebagai Nyai Ontosoroh
Giorgino Abraham sebagai Robert Mellema, kakak Annelies
Jerome Kurnia sebagai Robert Suurhof, teman Minke di HBS
Bryan Domani sebagai Jan Dapperste alias Panji Darman  
Ayu Laksmi sebagai Ibu Minke
Peter Sterk sebagai Herman Mellema, ayah Annelies

Alasan Menonton Bumi Manusia

Sinopsis Film Bumi Manusia - Bumi Manusia Punya Banyak Pesan Moral (instagram/@falconpictures_)

Hanung Bramantyo sebagai sutradara Bumi Manusia mengaku ingin menghidupkan nama sastrawan Pramoedya Ananta Toer di tengah generasi muda. Sebab tak banyak anak muda zaman sekarang yang membaca novel atau mengenal Pramoedya Ananta Toer.

Lewat film Bumi Manusia, penonton diharapkan dapat meneladani Nyai Ontosoroh dalam memperjuangkan keadilan. Penonton juga bisa membayangkan latar tempat maupun waktu di zaman kolonial. Bisa sambil belajar sejarah, bukan?

Kisah cinta Minke dan Annelies juga dinilai berbeda dari film-film romantis lain. Meski terkesan berat, film Bumi Manusia sebenarnya mudah dipahami dan dapat dinikmati penonton di atas usia 17 tahun.

Pro Kontra Pemeran Film Bumi Manusia

Sinopsis Film Bumi Manusia - Iqbaal Ramadhan Sempat Ditolak Perankan Minke (instagram/falconpictures_)

Saat Iqbaal Ramadhan pertama kali diumumkan sebagai pemeran Minke, banyak pembaca novel Pramoedya Ananta Toer menyatakan penolakan. Sebab kala itu, Iqbaal lekat dengan imej Dilan yang dinilai jauh dari sosok Minke dalam novel Bumi Manusia.

Bahkan sebelum film dibuat, ada sebuah petisi untuk menolak Iqbaal sebagai pemeran Minke. Pemilihan Iqbaal dinilai hanya untuk mendongkrak jumlah penonton mengingat kesuksesan film Dilan.

Namun Hanung Bramantyo tak bergeming. Suami Zaskia Adya Mecca tersebut merasa Iqbaal adalah aktor yang sesuai untuk memerankan Minke. Apalagi usia tokoh Minke dan Iqbaal tak berbeda jauh.

Selain Iqbaal, pemilihan Bryan Domani sebagai tokoh Jan Dapperste alias Panji Darman dalam film Bumi Manusia juga menimbulkan pertanyaan. Tokoh Jan Dapperste yang digambarkan sebagai pemuda Jawa bakal diperankan Bryan yang merupakan keturunan Jerman-Indonesia.

Hanung beralasan ada pesan moril di balik pemilihan Bryan Domani sebagai Jan Dapperste. Pesan moril yang dimaksud Hanung ialah agar pemuda Indonesia tidak malu menunjukkan identitas dirinya dan tak perlu bergaya kebarat-baratan.

Kendati penuh pro kontra, film Bumi Manusia nyatanya diterima baik penonton Indonesia. Bumi Manusia berhasil masuk dalam jajaran film Indonesia yang ditonton lebih dari 1 juta penonton saat tayang di bioskop pada 2019.

Yuk nonton film Bumi Manusia di Netflix dan Klik Film!

Kontributor: Neressa Prahastiwi

Load More