Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Vidi Aldiano dan Alyssa Soebandono. (Instagram)

Matamata.com - Sebagian besar orang beranggapan menjadi artis tak perlu pintar. Cukup modal tampang saja maka pasti sukses. Anggapan itu ditepis oleh 7 artis ini. Mereka membuktikan bahwa kesuksesannya bukan karena bermodal wajah menawan saja. Tak main-main mereka bisa disebut sebagai artis Indonesia terpintar.

Kemampuan akademik mereka bahkan mungkin jauh di atas rata-rata orang Indonesia. Melihat kesuksesan mereka di bidang akademik tentunya akan menghilang stereotip bahwa artis tidak perlu pintar.

Dian Sastrowardoyo (Youtube.com)

MataMata.com merangkum 7 artis terpintar Indonesia yang memiliki gelar pendidikan tinggi. Coba disimak, ada idolamu nggak?

Baca Juga:
6 Potret Ganteng Anak Artis Jarang Disorot: Pesonanya Memikat Hati

1.  Gita Gutawa

Gita Gutawa (Instagram/@gitagut)

Penyanyi cantik berusia 27 tahun ini Tak hanya berprestasi di dunia tarik suara. Suara merdunya membuat pendengar larut dalam keindahan lagunya. Tetapi Gita Gutawa ternyata tak hanya berbakat dalam menyanyi saja. Ia juga sangat baik dalam bidang akademik.

Pelantun lagu Lelaki Sempurna ini bahkan telah memiliki dua gelar pendidikan tinggi. Gelar sarjananya ia raih pada tahun 2014 dari University of Birmingham jurusan Ekonomi.  Tak berselang lama, ia kembali melanjutkan pendidikan Pascasarjana (S2) di London School of Economics and Political Science (LSE). Studi S2 nya ini dibiayai penuh oleh beasiswa LPDP. Hebatnya lagi, Gita hanya butuh waktu satu tahun saja. Keren banget ya!

Baca Juga:
5 Artis Tak Bisa Dampingi Orang Tua saat Meninggal, Terbaru Ria Ricis

2. Vidi Aldiano

Vidi Aldiano (MataMata.com/Evi Ariska]

Pelantun Nuansa Bening ini juga telah menyandang dua gelar akademik dari perguruan tinggi. Gelar sarjananya ia peroleh dengan IPK 3,63 dari Universitas Pelita Harapan jurusan Teknik Elektro. Vidi kemudian langsung melanjutkan pendidikan untuk gelar master.

Untuk S2 nya Vidi mengambil jurusan Innovation Management and enterpreneurship yang ditempuh Vidi di University of Manchester, Inggris. Vidi menyelesaikan S2 nya di tahun 2015 silam.  Beberapa waktu lalu publik sempat dikejutkan dengan kabar Vidi yang divonis mengidap kanker ginjal. Vidi pun mengaku sempat depresi. Namun kini kondisinya sudah membaik. 

Baca Juga:
5 Potret Kedekatan Artis dan Anak Sambung: Ada yang Wajahnya Mirip

3. Maudy Ayunda

Maudy Ayunda (Instagram/@maudyayunda)

Maudy Ayunda beberapa waktu lalu sempat membuat iri publik lantaran dirinya diterima di dua kampus bergensi dunia, Stanford University dan Harvard University. Meski akhirnya Maudy lebih memilih melanjutkan S2 nya di Stanford. Alasannya memilih Stanford selain karena lokasinya yang lebih dekat dengan Sillicon Valley juga karena Stanford memiliki pilihan gelar gabungan yang memang diimpikannya. Yaitu MBA dan Pendidikan.

Sebelumnya Maudy juga sudah mengantongi ijazah dari kampus yang juga bergengsi yaitu Oxford University. Gelar sarjananya ini diperoleh hanya dalam waktu 3 tahun saja dan dengan predikat cumlaude! Keren banget nih Maudy.

Baca Juga:
Profil Jun Ji Hyun, Artis Korea Termahal yang Sedang Diterpa Isu Perceraian

4. Raditya Dika

Raditya Dika. (YouTube)

Komika satu ini memang tidak banyak diketahui orang tentang prestasi akademiknya. Namun pria berusia 35 tahun ini ternyata memiliki otak yang encer juga lho. Ia bahkan meraih gelar sarjananya dari Adelaide University dengan jurusan Finance. Tak cukup sampai di situ, Radit juga melanjutkan pendidikan di jenjang S2. 

Untuk pendidikan pascasarjananya ini, ia mengambil program Pascasarjana Ilmu Politik dari Universitas Indonesia. Nggak cuma lucu aja nih, tapi pinter juga.

5. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo (Instagram/@therealdisastr)

Pemain Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) ini sudah terkenal concern dengan isu pendidikan. Setelah berperan sebagai Cinta, ia melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia dengan Jurusan Hukum sebelum kemudian pindah dan mengambil jurusan Sastra. 

Aktris yang baru saja debut sebagai produser lewat Guru-guru Gokil ini kemudian melanjutkan studi di almamaternya untuk meraih gelar master dengan jurusan Manajemen Keuangan. Ia berhasil lulus pada tahun 2014 dengan predikat cumlaude.

6. Nicholas Saputra

Nicholas Saputra (MataMata.com/Dini)

Pasangan Dian Sastrowardoyo dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) ini juga diketahui memiliki otak cerdas. Nicholas merupakan alumni SMA 8 Jakarta, sekolah unggulan dengan siswa-siswa terpintar di Jakarta. 

Nicholas memiliki gelar sarjana dari Universitas Indonesia jurusan Arsitektur. Ia berhasil masuk jurusan itu melalui jalur UMPTN. Dan kerennya usahanya itu ternyata dilakukan berbarengan dengan syuting film AADC lho.

7. Alyssa Soebandono

Alyssa Soebandono. (Instagram/@ichasoebandono)

Istri Dude Harlino ini juga sudah mengantongi dua gelar dari perguruan tinggi. Gelar sarjananya diperoleh dari Monash University Australia jurusan Hubungan Internasional. Ia juga pernah mendapat kesempatan mengikuti pertukaran pelajar ke Sussex University, Inggris. 

Icha, panggilan akrabnya menyelesaikan S2 dengan waktu singkat yaitu hanya 1,5 tahun saja. Ia mengambil studi Pascasarjana di London School Public Relation. Hebatnya lagi studi lanjutnya ini dibiayai dengan beasiswa. 

Wah enggak cuma berbakat di dunia hiburan, tetapi 7 artis ini juga sangat berbakat di bidang akademik. Nah itu dia 7 Artis terpintar Indonesia. Ada idola kamu?



Kontributor: Safitri Yulikhah

Load More