Yohanes Endra Rena Pangesti | MataMata.com
Dena Rachman. (Instagram/@denarachman)

Matamata.com - Cerita Nania Idol pindah agama dari Islam menjadi Kristen pada video yang diunggah 2015 kembali viral. Nania Idol yang mengaku taat salat wajib hingga sunah, mempertanyakan adanya Yesus saat menjalani tahajud. Tak lama, pintu kamarnya diketuk tiga kali dan ia bertemu dengan seorang yang tampan.

“Sekarang saya sudah menerima Yesus dalam kehidupan saya. Puji Tuhan tidak tidak akan berubah sampai kapanpun juga,” kata Nania Idol.

Kisah artis maupun selebriti yang mengubah imannya dari Islam menjadi kristen bukan hanya dialami Nania Idol. Setidaknya tercatat lima selebriti lain yang melakukan keputusan besar itu. Lantas seperti apa ceritanya? Berikut rangkuman cerita para selebriti.

Baca Juga:
5 Artis Hollywood Pindah Agama, Ada Tiga yang Mualaf!

1. Dena Rachman

Dena Rachman [Instagram/denarachman]

Dena Rachman lahir sebagai seorang muslim. Namun ia merasakan kehampaan hingga akhirnya memutuskan menjadi seorang ateis.

Salah satu orangtua teman Dena Rachman meninggal. Disitulah untuk pertama kalinya transgender ini mengikuti misa.

Baca Juga:
Usai Pindah Agama, Kiki Fatmala Ogah Jadi Orang Ambisius

“Kok merasa damai ya? Denger khotbahnya, itu kayak kasih energi ke hidup. Tiba-tiba gue punya harapan dan mengikuti Yesus," ungkap Dena Rachman di kanal YouTube Daniel Mananta, November 2020.

2. Salmafina Sunan

Salmafina Khairunnisa alias Salmafina Sunan. [Instagram]

Selebgram Salmafina Sunan mengejutkan publik dengan kalung salib yang dipakainya pada 2019. Ini menjadi pertanda, putri pengacara Sunan Kalijaga tersebut pindah agama.

Baca Juga:
10 Seleb Mualaf, Ini Alasan Mereka Pindah Agama ke Islam

“Ada koneksi yang tidak bisa dibohongi dan itu sudah (dirasakan) lama banget,” kata Salmafina Sunan dalam tayangan Rumpi pada Rabu (10/7/2019).

Sebelum pindah agama, Salmafina Sunan sempat berhijab. Ia malah dinikahi seorang penghapal Quran, Taqy Malik.

3. Adjie Notonegoro

Adjie Notonegoro (channel Youtube Melaney Ricardo)

Desainer kondang Adjie Notonegoro memberikan kesaksian pindah agama setelah bangkrut. Uang yang dikantongi paman Ivan Gunawan itu hanya Rp 20.000.

Namun di kemalangan itu, sang desainer justru bermimpi sesuatu yang aneh berkali-kali hingga malam Natal 2014.

“Dia ada di atas panggil saya begini ‘Tugasmu mendamaikan saudaramu di bumi raya. Kamu sudah Saya berkati,” ucap Adjie Notonegoro di kanal YouTube Daniel Mananta, Oktober 2020.

"Dia ada di atas panggil saya begini (bilang) 'Tugasmu adalah mendamaikan sodara-sodaramu di bumi raya ini," kata Adjie Notonegoro.

4. El Ibnu

El Ibnu dan istrinya, Sarah saat hadir di perilisan single terbaru band Elkasih Reborn di Kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, (11/3/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Vokalis band Elkasih, El Ibnu memeluk Kristen sejak Desember 2016. Keputusan itu tak lama setelah ia digugat cerai sang istri dan tubuhnya yang kena stroke sulit digerakkan.

El Ibnu kemudian mencari cara untuk menghancurkan hidupnya di dunia maupun akhirat. Pelantun Kau Tigakan Cintaku ini kemudian memilih jalan murtad.

“Tanpa pikir dan katekisasi (pelajaran dalam ilmu agama Kristen), saya langsung daftar baptis,” tuturnya di Instagram.

5. Manohara

Artis Manohara.

Pesinetron Manohara juga memberikan pengakuan telah berpindah agama dari Islam menjadi Kristen di Instagram.

“Saya Kristen dan (kepercayaan) ini telah berlangsung beberapa tahun lalu,” tulis Manohara pada Februari 2020.

Janda dari Pangeran Kelantan Malaysia ini tak mengungkap secara detail alasannya pindah keyakinan. Sebab baginya, hal itu tak mudah diceritakan kepada publik.

“Saat menulis ini, aku bahkan masih bergumul. Apakah perlu aku membagikannya. Karena aku menilai, keyakinanku bukan urusan siapapun. Pun aku tak menilai, pernyataan ini akan mengubah sesuatu,” imbuhnya.

Load More