Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Film Escape From Mogadishu. (mydramalist.com)

Matamata.com - Film Escape From Mogadishu yang dibintangi oleh aktor top Korea Jo In Sung menjadi sorotan usai munculnya suara azan dalam teaser videonya. Film yang menjanjikan aksi laga dan pertumpahan darah ini juga menjadi salah satu film yang mendapat dukungan penuh dari Asosiasi Teater Korea.

Pandemi Covid-19 membuat jumlah penonton bioskop di Korea Selatan menurun tajam. Akibatnya tak banyak film yang bisa dirilis di bioskop. Apalagi film ini membutuhkan biaya produksi tinggi. Namun dengan dukungan penuh dari Asosiasi Teater Korea, Escape From Mogadishu akhirnya tetap dapat dirilis di bioskop. Film ini juga sempat mengalami penundaan, tetapi kabar baiknya film ini akan dirilis bulan ini.

Sambil menunggu dirilis, simak dulu yuk fakta menarik film Escape From Mogadishu yang diperankan Jo In Sung ini!

Baca Juga:
B.I eks iKON Jadi Direktur Termuda di Agensi yang Menaungi Jo In Sung

1. Film Comeback Jo In Sung

Fakta Film Escape From Mogadishu. (mydramalist.com)

Escape From Mogadishu menjadi film comeback Jo In Sung usai hiatus. Jo In Sung terakhir tampil di layar lebar pada tahun 2018 lewat film The Great Battle. Jo In Sung berperan sebagai Kang Dae Jin seorang anggota dewan Kedutaan Korea Utara di Mogadishu. Ia akan beradu peran dengan aktor senior Kim Yoon Seok dan Huh Joon Ho. Film ini akan menyajikan aksi laga dari Jo In Sung lho.

2. Arahan Sutradara Battleship Island

Baca Juga:
PD The World of The Married Comeback, Gaet Jo In Sung dan Han Hyo Joo

Fakta Film Escape From Mogadishu. (mydramalist.com)

Film Escape From Mogadishu diarahkan oleh Ryoo Seung Wan yang juga menjadi sutradara film Battleship Island. Ryoo Seung Wan adalah salah satu sutradara terbaik Korea. Lewat tangan dinginnya, ia telah membuat film-film populer seperti Veteran (2015) dan The Berlin Fire (2013). Selain digarap oleh sutradara top, film ini juga dipegang oleh rumah produksi Dexter Studio yang sukses dengan film Ashfall juga seri Along with the Gods. Distributor film ini juga nggak sembarangan, pasalnya film ini akan disalurkan oleh Lotte Entertainment.

3. Diangkat dari Kisah Nyata

Fakta Film Escape From Mogadishu. (mydramalist.com)

Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada Januari 1991 di daerah Mogadishu, Somalia. Mengangkat kejadian itu, Escape From Mogadishu menceritakan para pejabat kedutaan Korea Utara dan Selatan bekerja sama untuk melarikan diri dari negara yang sedang berperang tersebut. Jo In Sung akan berusaha menyelamatkan dirinya dan orang-orang yang ada di gedung kedutaan selama perang saudara di negara itu.

Baca Juga:
Bakal Susah Kedip! Nam Joo Hyuk dan Jo In Sung Akting Bareng di Drama Baru

4. Tentang Perang Saudara

Fakta Film Escape From Mogadishu. (mydramalist.com)

Diangkat dari kisah perang saudara yang terjadi di Somalia. Pada masa itu usai lengsernya presiden Siad Barre, rakyat yang awalnya bersatu menggulingkan pemerintahannya ini justru saling berperang. Perang ini kemudian dikenal sebagai Somali Civil War. Escape From Mogadishu menceritakan kisah Han Shin Sung (Kim Yoon Seok) beserta seluruh orang yang berada dalam gedung kedutaan. Tak hanya kedutaan Korea Selatan saja yang tertekan tetapi Korea Utara juga. Sehingga Kang Dae Jin dan Han Shin Sung bersatu untuk bisa menyelamatkan semua orang dan keluar dari negara yang berkonflik tersebut.

5. Ada Sedikit Nuansa Islami

Fakta Film Escape From Mogadishu. (mydramalist.com)

Mengambil latar Somalia dengan mayoritas penduduk beragama Islam tentunya wajar jika dalam trailer-nya terdengar suara kumandang azan. Tak hanya suara azan saja, Jo In Sung juga terdengar mengucapkan salam, Assalamu'alaikum dengan lancar. Sebab bahasa resmi yang digunakan di Somalia adalah bahasa Arab dan Somalia. Sehingga nuansa Islami diperlukan untuk menimbulkan kesan nyata dan suasana Somalia yang asli pada penonton.

6. Biaya Produksi Besar

Fakta Film Escape From Mogadishu. (mydramalist.com)

Film Escape From Mogadishu yang mengangkat perang saudara Somalia ini melaksanakan syuting di Essaouria, Maroko. Jadi biaya produksi film ini sangat besar. Tim produksi harus mengeluarkan biaya sebesar 24 miliar won atau setara Rp 301,4 miliar. Wah dengan biaya produksi sebesar itu pastilah film ini tidak akan mengecewakan penonton.

7. Tayang Paruh Kedua 2021

Fakta Film Escape From Mogadishu. (mydramalist.com)

Karena pandemi Covid-19, jumlah penonton bioskop di Korea Selatan menurun drastis hingga 74%. Namun meski demikian Escape From Mogadishu rencananya akan tetap ditayangkan di bioskop karena telah mendapatkan dukungan penuh dari Asosiasi Teater Korea. Jika tak ada perubahan jadwal, film Escape From Mogadishu akan tayang pada bulan ini yaitu pada tanggal 28 Juli mendatang.

Itu tadi fakta film Escape From Mogadishu. Wah makin nggak sabar menyaksikan aksi laga Jo In Sung. 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More