Yohanes Endra | MataMata.com
Muhammad Iqbal Siddiq siap menggelar sebuah virtual concert bertajuk From Indonesia to Czechia. (siaran pers)

Matamata.com - Pianis asal Indonesia, Muhammad Iqbal Siddiq siap menggelar sebuah virtual concert bertajuk From Indonesia to Czechia. Bekerja sama dengan Jaya Suprana School dan KBRI Ceko, acara ini akan digelar di channel YouTube Jaya Suprana School of Performing Arts pada tanggal 25 Juli 2021 pukul 16.00 WIB.

Sebelum menikmati konser tersebut, ada baiknya kita sedikit banyak mencari tahu tentang kisah di balik tercetusnya recital online From Indonesia to Czechia ini.

Semua berawal dari rencana menghadiri pernikahan salah seorang kawan di Warsaw, Polandia yang diadakan di Juni 2020, Muhammad Iqbal Siddiq berencana menggelar sebuah recital di negara sekitar Polandia. Dalam benaknya, Iqbal secara kebetulan terpikir bahwa Republik Ceko menjadi destinasi yang cocok untuk menggelar sebuah recital.

Baca Juga:
Perjalanan Karier Pianis Muda Indonesia Iqbal Tampil di Dortmund Jerman

"Jadi perjalanan saya ke Eropa tidak hanya untuk jalan-jalan semata, tapi bisa sekaligus menambah pengalaman recital saya," ujar Iqbal.

Muhammad Iqbal Siddiq siap menggelar sebuah virtual concert bertajuk From Indonesia to Czechia. (siaran pers)

Kemudian, Iqbal menghubungi KBRI yang berada di Ceko. Gayung bersambut, pihak KBRI menerima niat Iqbal dengan baik.

Konsep acara pun mulai dibuat. Awalnya, Iqbal akan ditampilkan sepanggung dengan grup angklung. Iqbal pun mulai mengerjakan program di mana ia akan menampilkan karya-karya komposer Ceko yaitu Dussek, Smetana dan Dvoák.

Baca Juga:
Kisah Pianis Muda Indonesia Iqbal Taklukkan Zagreb Kroasia

Hari-hari berlanjut, bahan-bahan sudah digarap dan dihafal. Iqbal juga sudah bertemu dengan pihak KBRI yang kebetulan saat itu sedang berkunjung ke Indonesia juga dengan grup angklung yang akan tampil bersamanya, sehingga semua bisa direncanakan bersama-sama.

Hari semakin dekat, tiket pesawat pun sudah disiapkan. Penginapan serta hall dan piano untuk acara juga sudah disiapkan oleh KBRI. Namun, memasuki tahun 2020 berita tentang pandemi Corona semakin merebak.

Muhammad Iqbal Siddiq siap menggelar sebuah virtual concert bertajuk From Indonesia to Czechia. (siaran pers)

Negara-negara banyak yang mulai Lockdown, dan benar saja terhitung April 2020 Indonesia pun ikut melakukan pembatasan kegiatan. Terpaksa acara pun diundur, di mana Iqbal berencana menggelar konsernya di tahun 2021.

Namun, saat memasuki tahun 2021, Iqbal melihat situasi yang masih tidak memungkinkan untuk mengadakan recital karena adanya larangan berkumpul guna memutus rantai penyebaran virus. Dan selama pandemi, banyak kegiatan kegiatan yang dialihkan menjadi online dari mulai sekolah, pekerjaan kantor, bahkan banyak seniman yang menggelar virtual online.

Hal ini membuat Iqbal turut mengalihkan konsep recital tersebut ke dalam konser virtual yang juga disetujui oleh KBRI Ceko. Namun, karena diadakan dalam bentuk online, Iqbal butuh dukungan dalam berbagai hal.

Iqbal akhirnya mengajukan ke Jaya Suprana School untuk mendukung recital-nya dan pihak dari Jaya Suprana School pun memberi dukungan sehingga acara nanti diselenggarakan dalam bentuk kerjasama oleh Jaya Suprana School dengan KBRI Ceko.

Muhammad Iqbal Siddiq siap menggelar sebuah virtual concert bertajuk From Indonesia to Czechia. (siaran pers)

Konsep acara From Indonesia to Czechia pun dibuat menjadi pertukaran kebudayaan Indonesia dengan Ceko dimana dari Indonesia menampilkan Iqbal yang akan membawakan karya-karya komposer Ceko, dan dari Ceko menampilkan gamelan yang dimainkan oleh grup Wirama Galih KBRI Ceko, di mana anggotanya berisi orang-orang Ceko yang belajar gamelan di Ceko.

Dalam konser From Indonesia to Czechia, akan ada pula Ibu Kenssy Dwi Ekaningsih selaku Dubes Indonesia yang memberikan sambutan dan tentunya juga dari Bapak Jaya Suprana.

Jangan lewatkan, virtual concert bertajuk From Indonesia to Czechia yang akan digelar di channel Youtube Jaya Suprana School of Performing Arts pada tanggal 25 Juli 2021 pukul 16.00 WIB. Enjoy the show!

Load More