Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Sinopsis The Danish Girl (IMDb)

Matamata.com - Sudah pernah nonton film The Danish Girl? Bagi para pecinta seni dan penikmat film, The Danish Girl wajib banget kalian tonton!

Sebagai informasi, film yang diangkat dari kisah nyata ini mengangkat topik yang masih cukup tabu di kalangan masyarakat Indonesia, yaitu transgender. Karena ceritanya yang cukup sensitif tersebut, film ini meraih rating 6,6/10 dan bahkan mendapatkan review rerata dari para kritikus dunia, loh.

Penasaran seperti apa film yang banyak diperbincangkan di tahun 2015 ini? Yuk simak sinopsis The Danish Girl berikut ini!

Baca Juga:
Sinopsis Dr. Romantic 2, Drama Medis Soal Dokter Bedah Pengajar Kehidupan

1. Pemain The Danish Girl

Sinopsis The Danish Girl (IMDb)

Film yang dirilis di Amerika pada tanggal 27 November 2015 ini disutradari oleh Tom Hooper dan diproduseri oleh Tim Bevan, Eric Fellner, Anner Harrison, Gail Mutrux, dan Tom Hooper sendiri. Adapun ceritanya diadaptasi dari novel berjudul The Danish Girl karya David Ebershoff, yang juga kisah nyata seorang pelukis asal Denmark yang juga pria pertama yang menjalani prosedur operasi kelamin.

Film yang ramai dibicarakan karena mengangkat tema LGBT ini dibintangi oleh aktor dan model asal Inggris Eddie Redmayne dan aktris dan penari Swedia Alicia Vikander. Selain kedua pemeran tokoh utama tersebut, ada juga Matthias Schoenaerts, Ben Whishaw, Sebastian Koch, dan Amber Heard yang ikut meramaikan film ini.

Baca Juga:
Sinopsis Queen For Seven Days: Ratu Naik dan Turun Takhta dalam 7 Hari

Bermodalkan dana sebesar 15 juta dollar AS, film ini ternyata sukses besar hingga meraup keuntungan sebesar 57,6 juta dollar AS. Kesuksesan film ini tidak lepas dari bakat akting dan penjiwaan yang kuat oleh para pemainnya.

Tidak mengherenkan jika akhirnya Alicia Vikander, yang berperan sebagai Gerda Wegener, akhirnya memenangkan Piala Oscar dalam kategori Pemeran Pendukung Terbaik. Tidak hanya itu saja, Eddie Redmayne, yang memerankan karakter Einar Wegener dengan begitu apik hingga membuat penonton lupa kalau itu hanya sebuah film, berhasil memenangkan kategori Aktor Utama Terbaik di ajang penghargaan yang sama.

2. Sinopsis The Danish Girl

Baca Juga:
Sinopsis Ikatan Cinta 22 Juli 2021: Sumarno Komat-kamit, Aldebaran Syok!

Sinopsis The Danish Girl (IMDb)

Mengambil latar di pertengahan tahun 1920-an di Kopenhagen, Denmark, film ini mengisahkan pasangan seniman Einar Wegener (Eddie Redmayne) yang merupakan seorang pelukis pemandangan terkenal dan Gerda Wegener (Alicia Vikander) yang merupakan seorang pelukis potret. Keduanya dikenal sebagai pasangan seniman yang harmonis dan saling mendukung.

Kisah ini bermula saat Gerda, yang sudah lama belum menghasilkan karya, meminta suaminya untuk menggantikan model wanita yang tidak bisa datang. Atas desakan Gerda, Einae pun berpose dengan mengenakan pakaian wanita. Namun rupanya, tindakan tersebut memantik jiwa wanita yang terpendam dalam diri Einar.

Sejak saat itu, Einar pun ketagihan berdandan sebagai wanita. Mengetahui hal tersebut, Gerda justru memberi nama kedua kepada suaminya, yaitu Lili Elber, dan sering mengajaknya ke pesta sebagai Lili. Namun, di luar dugaan Gerda, rupanya Einar sangat menikmati hidupnya sebagai seorang perempuan.

Baca Juga:
Sinopsis Alice in Borderland, Permainan Sadis dan Berbahaya Taruhan Nyawa

Lebih runyamnya lagi, orientasi seksual Einar pun mulai beralih sehingga ia sama sekali tidak berhasrat untuk menyentuh istrinya. Tak berhenti di situ saja, Einar pun mulai bercumbu dan berkencan dengan seorang pria homoseksual bernama Henrik Sandahl (Ben Whishaw) yang dikenalnya di pesta dansa.

Sinopsis The Danish Girl (IMDb)

Meskipun sulit untuk menerima kenyataan tersebut pada awalnya, Gerda, yang kariernya sebagai pelukis semakin cerah, akhirnya bersedia menerima kondisi suaminya. Terlepas dari kekecewaannya, ia setia mendampingi Einar yang saat itu merasa terkekang hidup di tubuh pria hingga mengalami depresi.

Ia juga mencoba mencari bantuan dari beberapa psikolog tentang keadaan Einar yang sayangnya tidak memberi kemajuan apapun. Bahkan, Gerda memutuskan untuk mencari Hans Axgil (Matthias Schoenaerts), teman masa kecil Einar yang dulu pernah diciumnya.

Melihat ketulusan Gerda, Hans pun tergerak dan membantu mencari solusi terkait keadaan Einar yang semakin depresi dan berniat mengakhiri hidupnya. Mereka berdua akhirnya menemui menemui Dr. Kurt Wanekros (Sebastian Koch) yang menyarankan agar Einar sepenuhnya berubah menjadi perempuan agar tidak tersiksa.

Sinopsis The Danish Girl (IMDb)

Tidak hanya berubah dalam segi penampilan, Einar bahkan ditawari untuk melakukan operasi kelamin. Einar pun senang dan menyetujui ide tersebut. Hanya saja, operasi tersebut cukup berisiko karena ia adalah orang pertama yang akan menjalani operasi semacam itu di dunia.

Nah, untuk mengetahui berhasil tidaknya operasi Einar, jangan cuma baca sinopsis The Danish Girl saja. Yuk, tonton filmnya, yang bisa kamu akses di layanan streaming berbayar Amazon Prime, dan berikan komentarmu mengenai film ini! Meski topik yang diangkat cukup berat, film ini sangat menghibur dan layak ditonton, loh!

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More