Yohanes Endra | MataMata.com
Film Adaptasi Novel Agatha Christie (IMBd)

Matamata.com - Siapa sih yang tidak kenal dengan Agatha Christie, novelis legendaris asal Inggris yang telah melahirkan banyak novel dengan genre misteri dan kriminal sejak tahun 1920. Setelah kesuksesan novel pertamanya yang berjudul ‘The Mysterious Affair at Styles’, Agatha Christie mendulang popularitas yang tinggi sehingga novel-novel berikutnya yang ia tulis langsung laku keras hingga ke banyak negara.

Kesuksesan novel-novel Agatha Christie terus berlanjut jauh setelah ia meninggal dunia. Bahkan, tidak sedikit para penggiat film yang tertarik untuk memfilmkan novel-novel legendaris tersebut. Beberapa di antaranya bahkan berhasil menjadi box office dan menjadi topik diskusi yang menarik di berbagai negara. Nah, berikut ini adalah 5 film adaptasi novel Agatha Christie yang paling cocok buat teman-teman sesama penyuka misteri.

1. And Then There Were None

Baca Juga:
5 Rekomendasi Film Anime Terbaik Wajib Ditonton, Ada Spirited Away

Film Adaptasi Novel Agatha Christie (IMBd)

Ini dia salah satu novel Agatha Christie yang paling banyak diminati oleh para pembaca di banyak negara. Begitu populernya, novel berjudul ‘And Then There Were None’ ini telah berkali-kali diadaptasi, yaitu pada tahun 1945, 1974, dan 2015. Menurut banyak orang, di antara ketiga film adaptasi tersebut, film ‘And Then There Were None’ yang diproduksi pada tahun 1945 lah yang paling bagus karena ketegangan yang ditawarkannya sangat terasa nyata, ditambah unsur klasiknya yang masih sangat kuat dan cocok dengan kisah tersebut.

‘And Then There Were None’ menceritakan delapan orang yang diundang oleh Tuan dan Nyonya Owens untuk menghabiskan akhir pekan di sebuah pulau terpencil. Namun, yang menyambut mereka di mansion besar di pulau yang terisolasi dari peradaban tersebut hanyalah dua pelayan yang juga baru direkrut, sementara sang tuan rumah sama sekali tak pernah menampakkan diri. Kengerian baru terasa saat satu per satu dari mereka mulai tewas terbunuh dengan cara yang mengenaskan. Hingga akhir, para penonton masih harus menerka-nerka sendiri siapa sebenarnya pembunuh yang telah merencanakan semua ini, karena kesepuluh tamu di mansion tersebut diceritakan tewas semua.

2. Witness for the Prosecution

Baca Juga:
6 Rekomendasi Film Misteri, Nggak Kalah Sama Sherlock Holmes

Film Adaptasi Novel Agatha Christie (IMBd)

Film adaptasi novel Agatha Christie yang tidak kalah menarik lainnya adalah ‘ Witness for the Prosecution’. Mendapatkan respons postif dari banyak penonton, film ini sampai mendapatkan 6 nominasi di ajang penghargaan Academy Award di tahun 1958. Bahkan, melalui film yang tayang pada tahun 1957 ini, para pemain utamanya, Elsa Lanchester dan Chaless Laughton, berhasil memeangkan penghargaan Golden Globes Award sebagai Best Actor and Actress dan David di Donatello sebagai Best Foreign Actor.

Sesuai judulnya, ‘Witness for the Prosecution’ ini bercerita tentang saksi persidangan yang berlatarkan di Inggris. Sir Wilfrid Lobart, seorang pengacara yang baru saja sembuh dari penyakitnya, mendapat permintaan untuk membela Leonard Vole, seorang veteran perang Amerika yang dituduh membunuh kenalannya yang kaya raya bernama Mrs. French. Namun, banyak hal janggal yang terjadi dalam kasus ini, termasuk juga kesaksian istri Leonard Vole yang tiba-tiba berbeda di pengadilan. Sir Wilfrid pun menelusuri kasus ini dan akhirnya menemukan kebenaran yang tidak pernah diduganya.

3. Death on the Nile

Baca Juga:
6 Rekomendasi Film Religi Cocok Ditonton saat Idul Adha

Film Adaptasi Novel Agatha Christie (IMBd)

Tidak kalah populer, novel Agatha Christie yang berjudul ‘Death on the Nile’ juga tidak hanya sekali diadaptasi menjadi film. Film adaptasi ‘ Death on the Nile’ di tahun 1978 sukses besar hingga berhasil memenangkan Piala Oscar dan British Academy Film Award. Selain dibintangi aktor dan aktris Hollywood ternama pada masanya, termasuk Peter Ustinov, film ini juga terkenal karena desain kostumnya yang tidak main-main. Novel karya Agatha Christie ini juga sedang diadaptasi menjadi film baru yang akan tayang pada tahun 2022 mendatang.

Film ‘Death on the Nile’ ini menceritakan misteri pembunuhan yang terjadi di atas perahu wisata yang sedang menyusuri Sungai Nil. Di ruang tertutup seperti itu, tentu saja semua penumpang yang berada di atas perahu tersebut berpotensi sebagai tersangka. Seperti kisah sebelumnya, Hercule Poirot, yang diperankan oleh Peter Ustinov’, lah yang akhirnya memecahkan trik pembunuhan dan mengungkapkan tersangkanya, yang benar-benar di luar ekspektasi para penonton.
Itulah 3 film adaptasi novel Agatha Christie yang paling banyak direkomendasikan untuk ditonton. Ceritanya menarik semua, ya? Kalau bisa, jangan lupa baca novelnya juga, ya.

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More