Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Ratna Sari Dewi Soekarno. (Instagram/@ratna_dewisoekarno/@dewisukarnoofficial)

Matamata.com - Ratna Sari Dewi, istri Soekarno yang punya banyak fakta menarik dan selalu mencuri perhatian. Dia dikenal kecantikannya sebagai perempuan berdarah Jepang.

Nama aslinya Naoko Nemoto. Hingga kini, di usianya yang sudah senja, perempuan yang juga dikenal dengan nama Dewi Soekarno ini masih kerap dipuji kecantikannya.

Ia juga masih aktif berkarya di Youtube—sebuah hal yang jarang dilakukan oleh orang-orang seusianya. Seperti apa fakta menarik istri Soekarno yang satu ini? Simak sampai habis, ya!

Baca Juga:
Profil Dewi Soekarno, Perempuan Jepang Istri ke-5 Presiden Soekarno

1. Menikah di usia yang sangat muda

Ratna Sari Dewi Soekarno. (Instagram/@dewisukarnoofficial)

Ratna Sari Dewi mengenal Presiden Soekarno melalui seorang relasi ketika sang presiden berada di Hotel Imperial, Tokyo. Kala itu, usianya baru 19 tahun, sedangkan Soekarno 57 tahun.

Tiga tahun pertemuan itu, mereka menikah. Pernikahan pasangan ini dikaruniai seorang anak yang dinamai Kartika Sari Dewi Soekarno.

Baca Juga:
5 Gaya Cicit Presiden Soekarno Pakai Kebaya Bali, Bikin Ketar-Ketir!

2. Meninggalkan Indonesia jelang runtuhnya kekuasaan Soekarno

Ratna Sari Dewi Soekarno. (Instagram/@dewisukarnoofficial)

Menjelang lengsernya sang Proklamator, Dewi hengkang untuk bermukim di Paris. Tahun 1983 ia sempat kembali lagi ke Jakarta, tetapi akhirnya kembali ke tanah kelahirannya, Jepang pada tahun 2008 dan menetap di Shibuya, Tokyo.

3. Kontroversial

Baca Juga:
Potret Frederik Kiran Jelang Ulang Tahun, Cucu Soekarno yang Sudah Remaja

Ratna Sari Dewi Soekarno. (Instagram/@dewisukarnoofficial)

Di balik senyumnya yang lemah lembut, Dewi punya sejumlah momen kontroversial. Salah satunya pada tahun 1992 di mana ia terlibat perkelahian dengan Minnie Osmena, putri mantan presiden Filipina.

Selain itu, pada tahun 1998 ia pernah berpose untuk sebuah foto berjudul Madame Syuga yang menampilkan foto tubuhnya setengah telanjang.

Dewi dikecam oleh masyarakat Indonesia meskipun buku itu hanya terbit di Jepang. Tapi, ia tak ambil pusing karena menganggap pose itu sebagai karya seni.

4. Punya channel Youtube sendiri

Foto Ratna Dewi Sukarno yang diunggah Nikita Mirzani di Instagramnya. [Instagram]

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Dewi Soekarno tetap produktif berkarya di usianya yang tak lagi muda. Ia bahkan punya channel Youtube sendiri bernama - Lady. Dewi Channel di mana ia membahas banyak hal, mulai dari kuliner sampai kosmetik.  Subscriber-nya juga sudah mencapai ratusan ribu!

Gimana setelah tahu fakta menarik istri Soekarno, Ratna Sari Dewi, apa komentar kamu?

Load More