Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Angga Dwimas Sasongko (Instagram/@anggasasongko)

Matamata.com - Baru-baru ini Angga Dwimas Sasongko disorot lantaran pernyataannya yang akan membatalkan kerja sama dengan sejumlah stasiun TV yang mengundang Saipul Jamil. Keputusan itu diambil olehnya agar industri hiburan tidak lagi menoleransi pelaku kekerasan seksual.

Para penggemar film Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan nama Angga Dwimas Sasongko. Angga Dwimas Sasongko merupakan seorang sineas Indonesia yang berbakat dalam menciptakan sejumlah film layar lebar terbaik. Angga Dwimas Sasongko juga merupakan pemilik rumah produksi Visinema Pictures. 

Film karya Angga Dwimas Sasongko kerap kali masuk menjadi nominasi film terbaik di berbagai ajang penghargaan perfilman. Yuk, kepoin beberapa film karya Angga Dwimas Sasongko berikut.

Baca Juga:
3 Film Warkop DKI Paling Populer di Netflix, Sayang untuk Dilewatkan

1. Cahaya dari Timur: Beta Maluku

Film Karya Angga Dwimas Sasongko (IMDb)

Film ini dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Shafira Umm. Film ini diangkat dari kisah nyata mengenai konflik agama yang terjadi di Ambon. Film ini berhasil membawa pulang banyak penghargaan, salah satunya penghargaan Film Terbaik FFI 2014. Angga Dwimas Sasongko berperan sebagai penulis skenario, produser, sekaligus sutradara dalam film ini.

Film bertema sepak bola ini menceritakan tentang seorang mantan pemain sepak bola yang ingin menyelamatkan anak-anak di kampungnya karena konflik agama. Ia berniat mengakhiri konflik itu dengan kompetisi sepak bola. Keputusannya menggabungkan anak-anak yang berbeda agama itu malah membawa perpecahan.

Baca Juga:
6 Film Terbaik Akshay Kumar yang Wajib Ditonton: Khiladi Hingga Bell Bottom

2. Filosofi Kopi

Film Karya Angga Dwimas Sasongko (IMDb)

Angga Dwimas Sasongko kembali mengajak kolaborator setianya, yaitu Chicco Jerikho dalam film Filosofi Kopi yang tayang pada 2015. Film ini diadaptasi dari cerita pendek karya Dee Lestari dengan judul sama. Angga Dwimas Sasongko terlibat sebagai produser dan sutradara dalam film ini.

Dalam film ini Chicco Jerikho beradu peran dengan Rio Dewanto. Film ini menceritakan persahabatan Ben dan Jodi mencari kopi Tiwus demi kelangsungan persahabatan dan kedai mereka yang bernama Filosofi Kopi. 

Baca Juga:
6 Drama dan Film Park So Dam yang Ultah ke-30, Parasite Sabet Oscar

3. Love For Sale

Film Karya Angga Dwimas Sasongko (IMDb)

Film Love For Sale tayang pada 2018 silam. Dalam film Love For Sale, Angga Dwimas Sasongko terlibat menjadi seorang produser. Film karyanya ini menampilkan Della Dartyan dan Gading Marten sebagai pemeran utama.

Film ini menceritakan tentang lelaki jomblo yang sudah nyaman dengan kesendiriannya. Hingga suatu hari, temannya memberi tantangan untuk membawa pacar dalam pernikahan temannya. Segala cara ia lakukan hingga menemukan seorang wanita di aplikasi kencan. Seiring berjalannya waktu, benih-benih asmara tumbuh. 

Baca Juga:
Angga Dwimas Sasongko Setop Kerjasama dengan TV yang Undang Saipul Jamil

4. Keluarga Cemara

Film Karya Angga Dwimas Sasongko (IMDb)

Angga Dwimas Sasongko kembali mengambil peranan sebagai produser dalam film Keluarga Cemara yang tayang pada 2018 silam. Film ini masuk dalam nominasi kategori Film Bioskop Terpuji di Festival Film Bandung 2019 dan kategori Film Cerita Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia 2019.

Keluarga Cemara merupakan adaptasi dari novel karya Arswendo Atmowiloto dan sinetron berjudul sama. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang terpaksa pindah dari Jakarta ke Bogor setelah ditipu. Mereka kemudian harus tetap bertahan hidup penuh perjuangan dan menghadapi masalah yang datang.

5. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Film Karya Angga Dwimas Sasongko (IMDb)

Dalam film ini, Angga Dwimas Sasongko kembali mengajak kolaborator setianya yang lain, yaitu Rio Dewanto. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini merupakan film adaptasi dari novel berjudul sama karya Marchella FP. Dalam film yang tayang pada 2020 lalu, Angga Dwimas Sasongko berperan sebagai produser sekaligus sutradara.

Film ini menceritakan tentang Awan yang bertemu Kale, sosok lelaki eksentrik yang berhasil memberi pengalaman hidup baru tentang patah, tumbuh, bangun, jatuh, hilang, dan semua ketakutan lain. Perubahan Awan mendapat tekanan dari orang tuanya hingga terungkapnya rahasia dan trauma keluarga Awan. Film ini menjadi film Indonesia terlaris pertama sepanjang 2020 dengan lebih dari 2 juta penonton.

Itu tadi deretan film karya Angga Dwimas Sasongko. Mana yang jadi film favoritmu dari Angga Dwimas Sasongko?

Kontributor: Agatha Vidya Nariswari
Load More