Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Artis Jadi Guru (instagram/@dodit_mul/@isyanasarasvati)

Matamata.com - Meski populer di dunia hiburan, beberapa artis berikut ini juga menjadi guru sebagai salah satu profesi mereka. Ada yang dulu pernah jadi guru, ada juga yang menggeluti profesi mulia itu hingga sekarang.

Sambil berkarier di dunia hiburan, artis-artis ini juga mengajar sebagai guru, dosen atau hanya sekadar dosen tamu. Beberapa bahkan lebih fokus menjadi pengajar dan meninggalkan profesi asli mereka sebagai artis.

Sebut saja Desy Ratnasari dan Marissa Haque yang kini lebih sibuk mengajar di perguruan tinggi. Lantas siapa sih artis yang jadi guru baik dulu maupun sekarang? Kepoin yuk daftarnya berikut ini.

Baca Juga:
6 Potret 'Cogan' Anak Artis yang Beranjak Remaja, Sebagian Pilih Jadi Atlet

1. Desy Ratnasari

Artis Jadi Guru (instagram/@desyratnasariterdepan)

Desy Ratnasari termasuk salah satu publik figur yang sukses di sejumlah bidang yang ia geluti. Selain berakting, Desy juga terjun ke dunia politik dan pendidikan. Desy saat ini berprofesi sebagai dosen Fakultas Psikologi di Universitas Atmajaya Jakarta. Juara kedua GADIS Sampul tahun 1988 ini juga telah menyelesaikan studi magister dan meraih gelar S2 jurusan Psikologi di Atmajaya.

2. Marissa Haque

Baca Juga:
3 Geng Artis Digosipkan Bubar: Ada Konflik hingga Perang Dingin

Artis Jadi Guru (instagram/@marissahaque)

Latar belakang pendidikan Marissa Haque sangat mengesankan. Ia adalah alumnus Fakultas Hukum Universitas Trisakti dan menamatkan studi S2 bidang bahasa anak tuna rungu di Universitas Katolik Atma Jaya. Marissa juga lulus sebagai magister administrasi bisnis (MBA) Universitas Gajah Mada dan mendapat gelar doktor dari Pusat Studi Lingkungan Institut Pertanian Bogor. Saat ini ia mengajar di Universitas Trisakti dan Indonesia Banking School.

3. Reza Rahadian

Artis Jadi Guru (instagram/@officialpilarez)

Reza Rahadian yang dikenal sebagai salah satu aktor papan atas di Indonesia juga berprofesi jadi guru lho. Bintang film Habibie & Ainun itu menjadi dosen pengajar di Vokasi Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Videonya saat mengajar sempat viral dan membuat netizen semakin terpesona dengan aktor ganteng ini. Tak hanya pintar berakting, Reza Rahadian berwibawa banget saat mengajar.

Baca Juga:
5 Anak Artis Idap Penyakit Langka, Ada Putra Oki Setiana Dewi

4. Dodit Mulyanto

Artis Jadi Guru (instagram/@dodit_mul)

Dodit Mulyanto dikenal setelah mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) Kompas TV. Ia kemudian eksis di dunia hiburan, dan bahkan membintangi sejumlah film. Sebelum terjun ke dunia hiburan, Dodit Mulyanto ternyata berprofesi sebagai guru musik di SD dan SMP Katolik Santa Clara Surabaya. Ia adalah jurusan Pendidikan Geografi Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

5. Cinta Laura

Baca Juga:
8 Artis Mualaf karena Menikah, Rumah Tangga Jauh dari Gosip Miring

Artis Jadi Guru (instagram/@claurakiehl)

Meski masih muda, Cinta Laura sangat peduli dengan dunia pendidikan. Artis blasteran itu bahkan sudah menjadi guru sejak berusia 9 tahun. Saat itu Cinta ikut mengajarkan Bahasa Inggris pada anak-anak asuh yayasan sang kakek, Soekaseno. Hingga kini Cinta masih sangat peduli dengan pendidikan, terutama untuk anak. Ia diketahui membangun sekolah-sekolah gratis di pedesaan.

6. Susan Bachtiar

Artis Jadi Guru (instagram/@sbachtiar)

Susan Bachtiar mungkin lebih dikenal sebagai presenter dan model. Namun ia juga aktif di dunia pendidikan. Artis kelahiran 1973 itu diketahui juga mengajar di sebuah sekolah di kawasan Menteng sebagai guru. Susan Bachtiar bahkan sudah lama bergelut di dunia pendidikan dengan mengajar Bahasa Inggris di TK di St Theresia.

7. Herfiza Novianti

Artis Jadi Guru (instagram/@rickyharun)

Herfiza Novianti sudah lama tidak terlihat di layar kaca. Setelah menikah dengan Ricky Harun, ia memang mengurangi aktivitasnya di dunia hiburan dan lebih fokus mengurus keluarga. Selain itu, Herfiza juga menjadi dosen pengajar di Universitas Prof Dr. Moestopo, Jakarta.

8. Isyana Sarasvati

Artis Jadi Guru (instagram/@isyanasarasvati)

Terakhir dalam daftar ini adalah Isyana Sarasvati yang dikenal sebagai penyanyi bersuara merdu. Latar belakang pendidikan musik Isyana memang nggak kaleng-kaleng. Ia adalah lulusan dari Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura dan Royal College of Music, Britania Raya. Saat di Singapura, ia pernah menjadi guru musik.

Nah itu dia deretan artis yang jadi guru, dulu maupun sekarang. Ada artis panutanmu?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More