Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Sutradara Wanita Paling Populer (Instagram)

Matamata.com - Sekilas pandang, pekerjaan sutradara identik dengan kaum adam. Tapi ternyata, banyak juga loh wanita yang menekuni profesi sebagai seorang sutradara, termasuk juga di Indonesia.

Bahkan, para sutradara wanita ini berhasil membawa nama Indonesia ke kancah internasional melalui karya-karya mereka, lho! Yuk kepoin siapa saja sutradara wanita paling populer di Indonesia berikut ini!

1. Nia Dinata

Baca Juga:
4 Artis Pernah Bercita-Cita Sebagai Guru: Nagita Slavina Sempat Mengajar

Sutradara Wanita Paling Populer (Instagram/@ibunia)

Ini dia sutradara wanita asal Indonesia yang paling banyak dikagumi karena karya-karya yang topcer, Nia Dinata! Mulai meniti karier di tahun 2002, Nia Dinata disebut-sebut sebagai salah satu sutradara senior yang memelopori dan menginspirasi lahirnya sutradara wanita lainnya, lho. 

Ditambah lagi, Nia sangat berani menciptakan tren baru dengan mengangkat isu tabu seperti homoseksual, poligami, dan juga woman empowerment yang dikemas dengan begitu menarik, lho. 

Film paling populer yang pernah ia sutradarai adalah Arisan! dan Berbagi Suami, yang berhasil menembus pasar internasional. Bahkan, film-film tersebut juga sering diputar di festival film bergengsi di Amerika. Film teranyar Nia Dinata yang berjudul A World Without ini juga mendapat sambutan hangat dari para penonton, lho.

Baca Juga:
8 Artis Belum Pernah Main Sinetron dan Sudah Go International, Ekslusif!

2. Mouly Surya

Sutradara Wanita Paling Populer (Instagram/@moulysurya)

Menyusul kesuksesan Nia Dinata, Mouly Surya juga ikut terjun ke dunia kreatif ini di tahun 2008 melalui karya perdananya berjudul Fiksi. Wanita yang pemilik perusahaan film Cinesurya ini telah menghadirkan dua film yang menjadi sorotan banyak kritikus film, yaitu What They Don’t Talk About When They Talk About Love dan Marlina Si Pembunuh Empat Babak. 

Bahkan, film What They Talk About When They Talk About Love berhasil memenangkan sejumlah penghargaan di penghelatan Sundance International Film Festival, Hong Kong International Film Festival, Goteborg International Film Festival, dan Rotterdam International Film Festival.

Baca Juga:
10 Outfit Terburuk Artis, Tampil Unik atau Kebablasan?

3. Nan T. Anchas

Sutradara Wanita Paling Populer (Wikipedia)

Sutradara wanita paling populer di Indonesia adalah Nan T. Anchas. Memulai karier di tahun 1998, Nan T. Anchas telah menggarap sejumlah film keren yang berhasil menembus pasar internasional. Bahkan, film The Photograph yang digarapnya di tahun 2007 ditayangkan secara komersil di Amerika Serikat dan kanada, lho. 

Tak hanya itu saja, film tersebut juga meraih beberapa penghargaan seperti di Karlovy Vary International Film Festival. Popularitas Nan T. Anchas di industri perfilman dunia pun menghantarkannya untuk menjadi salah satu juri di Festival International Sinema Asia (FICA), yang meriupakan festival tertua di Eropa. Bikin bangga!

Baca Juga:
9 Artis Tak Pilih Kasih ke Anak Sambung meski Baru Pertama Kali Jadi Ortu

4. Kamila Andini

Sutradara Wanita Paling Populer (Instagram/@kamilaandini)

Nggak kalah keren dari sang ayah, Garin Nugroho, Kamila Andini juga punya prestasi gemilang di dunia perfilman, lho. Di usianya yang masih 25 tahun, Kamila Andini sudah terjun di industri pembuatan film dengan menggarap film berjudul The Mirror Never Lies di tahun 2011. 

Film tersebut tak hanya masuk nominasi ajang pengargaan di Indonesia, tetapi juga meraih penghargaan di beberaa festival film dunia, seperti Mumbai International Film Festival 2011 dan Asia Pasicif Screen Awards 2012.

5. Ratna Sarumpaet

Sutradara Wanita Paling Populer (Instagram/@rsarumpaet)

Nggak hanya dikenal sebagai seorang aktivis dan juga ibu kandung aktris Atiqah Hasiholan, Ratna Sarumpaet juga dikenal sebagai salah satu sutradara film terbaik tanah air, lho.

Film-nya yang berjudul Jamila & Sang Presiden bahkan berhasil meraih penghargaan di sejumlah ajang penghargaan film internasional. Beberapa di antaranya adalah Asia Pacific Film Festival 2009 di Taipe dan NETPAC Award di Asiatic Filmmediale 2009 di Roma, Italia.

Itulah lima sutradara wanita paling populer. Tak hanya menuai banyak pujian di antara para penggiat film tanah air, karya-karya mereka bahkan diakui di kancah internasional. Kere banget, bukan?

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More