Yohanes Endra | MataMata.com
Rian D’MASIV dan Momo Geisha. (Kolase Instagram/rianekkypradipta/therealmomogeisha)

Matamata.com - Pada awal tahun 2022 ini, beredar isu teori konspirasi yang menyebutkan Rian D'MASIV dan Momo Geisha adalah satu orang yang sama. Warga TikTok dan Instagram hingga para musisi pun dihebohkan dengan video yang viral dan memperlihatkan kemiripan suara di antara kedua penyanyi yang bernama lengkap Rian Ekky Pradipta dengan Narova Morina Sinaga tersebut.

"Genk, ini buat yang pada belum tahu ya, ternyata band Geisha kalau nadanya gua transpose (turun 3 nada) itu berubah menjadi D'MASIV, cuy. Percaya nggak? Nih kita buktiin ya," ujar pemilik akun TikTok ryanlabans atau Ryan KurniawanS.

Heboh teori konspirasi Rian D’MASIV dan Momo Geisha adalah 1 orang yang sama. (TikTok)

Si pemilik akun TikTok tersebut lantas memutarkan lagu Geisha yang berjudul "Tak Kan Pernah Ada". Semula terdengar suara original Momo menyanyikan part reff lagu tersebut. Kemudian, saat di-transpose atau diturunkan 3 nada serta diperlambat tempo lagunya, mendadak suara Momo Geisha berubah dan terdengar menjadi sedemikian mirip dengan vokal Rian D'MASIV.

Baca Juga:
Putra Momo Geisha Langsung Dibuatkan Stadion Sepak Bola Setelah Lahir

"Oh berarti Geisha adalah D'MASIV yang bertempo cepat lah ya haha terbaik emang Musica," tulis ryanlabans.

Rian rupanya menyadari kehebohan isu teori konspirasi tersebut. Ia mengunggah ulang video unggahan ryanlabans serta beberapa video dan akun lain yang ikut mencoba membuktikan teori konspirasi tersebut.

Heboh teori konspirasi Rian D’MASIV dan Momo Geisha adalah 1 orang yang sama. (TikTok)

"Makin panas makin ketahuan ini gimana Mo?" tanya Rian sembari menandai akun Momo.

Baca Juga:
Main ke Rumah Mewah Momo eks Geisha, Momen Kocak Raffi Ahmad Buka Sepatu

Momo Geisha turut merespons isu tersebut. Hanya saja, Momo terlihat syok setelah mendengarkan video kemiripan suaranya dengan Rian.

"Apa-apaan ini," komentar Momo Geisha.

Heboh teori konspirasi Rian D’MASIV dan Momo Geisha adalah 1 orang yang sama. (TikTok)

Tampak penasaran, Rian D'MASIV akhirnya mencoba membuktikan sendiri kebenarannya. Ia pun memutarkan lagu D'MASIV berjudul "Cinta Ini Membunuhku".

Baca Juga:
Tantang Fans, Rian D' Masiv Bakal Cover Mini Album Suho EXO

"Teman-teman ini lagi ramai banget, katanya kalau lagu Geisha di-transpose jadi lagunya D'MASIV. Katanya Rian dan Momo itu adalah satu orang yang sama. Nah, kita buktikan. Coba kalau kita dengerin lagu D'MASIV, kalau dicepetin apakah jadi suaranya Momo? Kita coba ya," ujar Rian dalam sebuah unggahan video, Jumat (28/1/2022).

Saat lagu "Cinta Ini Membunuhku" dipercepat temponya oleh Rian, lagi-lagi sekilas terdengar suara seorang perempuan. Bahkan, bila diperhatikan secara saksama, suara bernada tinggi itu begitu mirip dengan karakter vokal Momo Geisha.

Heboh teori konspirasi Rian D’MASIV dan Momo Geisha adalah 1 orang yang sama. (TikTok)

Rian termenung untuk beberapa saat sebelum ia melontarkan pertanyaan. "Gimana, ada suara Momo nggak nih?" tanya Rian dengan ekspresi datar yang selama ini menjadi ciri khasnya.

Sesekali Rian menganggukan kepalanya. Ia mencoba menyimak baik-baik lagu hits D'MASIV yang sedang diputar. Namun, pada akhirnya, Rian hanya bisa senyum-senyum sendiri sembari mengatakan, "Iya juga ya."

"Jangan-jangan bener?" tulis Rian dalam caption.

D'Masiv. (Matamata.com/Yuliani)

Momo Geisha pun ikut mengomentari video unggahan Rian. "Jadi Momo d'macip yaa."

Tak mau ketinggalan, sederet netizen seolah membuat situasi kian memanas dengan mengungkap beberapa kesamaan maupun isu lainnya antara D'MASIV dan Geisha.

"FYI, Geisha dan D'MASIV itu band jebolan A Mild Live Wanted," komentar netizen.

Album A Mild Live Wanted. (Spotify)

"Ini menjelaskan kenapa kalian tidak pernah live sepanggung," imbuh netizen yang lain.

Menurut penelusuran MataMata.com, teori konspirasi itu tidak mengandung kebenaran. Rian dan Momo adalah dua orang yang berbeda. Hal tersebut bisa dibuktikan lewat sederet aksi panggung maupun interaksi yang pernah kami lakukan bersama keduanya.

Load More