Nur Khotimah | MataMata.com
Film Netflix Diangkat dari Kisah Nyata. (IMDb)

Matamata.com - Film menjadi salah satu media hiburan bagi masyarakat. Namun, di samping untuk menghibur, film juga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan kehidupan. Seperti beberapa film Netflix diangkat dari kisah nyata berikut ini.

Selain seru, film yang penuh akan pesan mendalam ini juga populer yang disukai pecinta film. Kisah perjalanan hidup seseorang yang dijadikan film, digubah dalam banyak genre. Mulai dari roman, aksi, hingga kisah inspiratif meraih mimpi ini terasa dekat dan penuh emosi karena memang nyata terjadi.

Penasaran apa saja film Netflix diangkat dari kisah nyata yang wajib ditonton? Simak rekomendasinya yang sudah MataMata.com rangkum berikut.

Baca Juga:
Sinopsis Spiderhead, Film Baru Chris Hemsworth Segera Tayang di Netflix

1. Inventing Anna (2022)

Film Netflix Diangkat dari Kisah Nyata. (IMDb)

Film rekomendasi yang pertama adalah "Inventing Anna" yang rilis pada Februari 2022 kemarin. Film series ini memiliki beberapa episode yang mengusung genre drama. Film ini diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh Anna Delvey.

Kisah Anna Delvey sendiri pernah dimuat di salah satu majalah di New York. Film ini mengisahkan penipuan yang dilakukan oleh Anna Delvey, seorang perempuan yang mengaku sebagai pewaris keluarga kaya untuk bisa masuk ke circle sosialita.

Baca Juga:
Alasan Doddy Sudrajat Anggap Gala Mirip Profesor Bambang Tak Logis

Begitu masuk ke lingkar pertemanan para konglomerat, Anna mulai menipu dan mengambil keuntungan dari kenalannya itu. Kisah Anna Delvey ini diceritakan lewat aksi Vivian Kent seorang jurnalis yang ditugaskan menguak penipuan yang dilakukan oleh Anna.

2. Zero To Hero (2021)

Film Netflix Diangkat dari Kisah Nyata. (IMDb)

Diangkat dari kisah nyata seorang atlet Paralimpiade Hongkong, So Wai Wai, "Zero To Hero" menjadi film rekomendasi selanjutnya. Film ini dirilis para 2021 lalu dan mengangkat kisah perjuangan So Wai Wai yang berhasil memecahkan rekor dan meraih medali emas di Paralimpic Game pada tahun 1996 silam.

Baca Juga:
King Faaz Pamer Punya Ayah Baru, Sonny Septian Meleyot: Kayak Waw Gitu

Kisah So Wai Wai sangat inspiratif mengingat perjuangan yang dilakukannya sang sang ibu hingga berhasil meraih medali emas tidaklah mudah. Mulai dari masalah kesehatan hingga ekonomi menjadi rintangan berat yang harus dihadapi. Namun, perjuangan mereka berbuah manis dan menjadi sejarah yang menginspirasi.

3. Hotel Mumbai (2018)

Film Netflix Diangkat dari Kisah Nyata. (IMDb)

Mengusung genre aksi dan drama, "Hotel Mumbai" mengangkat kisah pilu serangan teroris di Taj Mahal Palace Hotel pada 2008 silam. "Hotel Mumbai" mengisahkan kisah pasangan suami istri David dan Zahra yang terjebak di dalam hotel yang dibajak oleh teroris bernama Lashkar E-Taiba. Selain David dan Zahra sejumlah tamu penting juga menginap di hotel itu.

Baca Juga:
5 Wajah Asli Musisi yang Biasa Pakai Topeng, Ada dari Indonesia

Mereka mencoba untuk keluar dari hotel tersebut namun sayang mereka tertangkap. Beruntung salah satu karyawan hotel bernama Arjun selamat dan berusaha menyelamatkan tamu yang masih terjebak.

4. Zodiac (2007)

Film Netflix Diangkat dari Kisah Nyata. (IMDb)

Film bergenre crime ini mungkin sekilas terkesan seperti fiksi dan karangan penulis. Namun, film yang mengisahkan tentang pembunuh berdarah dingin bernama Zodiac ini merupakan kisah nyata. Film ini dirilis pada 2017 silam dan mengangkat kisah pembunuhan oleh Zodiac yang selalu mengirim kode rahasia ke surat kabar sebelum melakukan aksi kejinya pada era tahun 1960-1970 di California. Dikisahkan Zodiac diburu oleh detektif bernama Robert dan David Toschi.

5. Teman Tapi Menikah (2018)

Film Netflix Diangkat dari Kisah Nyata. (IMDb)

Kali ini film rekomendasi Netflix diangkat dari kisah nyata datang dari Indonesia. Adalah "Teman Tapi Menikah" yang merupakan kisah cinta Ayudia Bing Slamet dan suaminya Ditto. Dibintangi Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla, kisah cinta Ayudia dan Ditto itu sukses bikin baper penonton.

Ditto rupanya menyimpan rasa sukanya pada Ayudia selama 12 tahun sejak keduanya berteman. Ditto juga mengetahui semua perjalanan asmara Ayu dengan mantan-mantan pacarnya. Hingga akhirnya Ditto yang sudah merahasiakan cintanya itu dikejutkan oleh pengakuan Ayu bahwa ia akan menikah.

6. Against The Ice (2022)

Film Netflix Diangkat dari Kisah Nyata. (IMDb)

Film "Against The Ice" dirilis pada 2022 dan mengusung genre petualangan. Film ini diangkat dari kisah ekspedisi Denmark di Greenland pada tahun 1909 silam. Film ini bermula dari sosok Ejnar Mikkelsen seorang penjelajah kutub yang ingin membuktikan kebenaran tentang peta di Greenland yang hilang. Film ini memperlihatkan perjuangan dan kesulitan yang dialami tim ekspedisi itu untuk melawan suhu ekstrim di kutub yang tertutup es.

7. Dangal (2016)

Film Netflix Diangkat dari Kisah Nyata. (IMDb)

Film ini diangkat dari kisah nyata atlet gulat India Geeta Phogat. "Dangal" menjadi salah satu film India terbaik yang disebut masterpiece dan diangkat dari kisah nyata. Film ini berkisah tentang Phogat yang diperankan oleh Aamir Khan. Ia mengajari kedua putrinya Geeta Phogat dan Babita Kumari gulat.

Usahanya melatih dua putrinya berbuah manis saat Geeta berhasil meraih medali emas pada Commonwealth Games 2010. Raihan Geeta itu adalah sejarah, sebab ia adalah atlet India pertama yang berhasil membawa pulang medali emas.

8. The Boy Who Harnessed The Wind (2018)

Film Netflix Diangkat dari Kisah Nyata. (IMDb)

Film ini mengangkat kisah inspiratif dari seorang anak bernama William KamKwamba yang tinggal di Malawi. Bocah berusia 14 tahun ini dikenal cerdas dan menyukai fisika. Ia melihat warga di desanya menderita karena kekeringan parah yang melanda desa. Ia yang cerdas menemukan ide untuk membangun kincir angin untuk menyuplai listrik bagi pompa air. Ide ini ia dapat dari buku fisika yang dipinjam di perpustakaan. Sosok William sendiri meriah beasiswa dan sudah lulus dari Dartmouth College.

9. The Tinder Swindler (2022)

Film Netflix Diangkat dari Kisah Nyata. (IMDb)

Kisah Simon Leviev sempat viral di media sosial karena melakukan penipuan di aplikasi Tinder. Kisahnya ini diangkat ke layar lebar dengan film berjudul "The Tinder Swindler". Film ini merupakan film dokumenter yang mengisahkan cerita dari para korban penipuan Simon. Simon yang mengaku kaya raya ini menipu banyak wanita dengan gaya hidup mewah yang ia pamerkan di media sosial. Ia bahkan mengaku sebagai anak dari pengusaha berlian untuk mengelabui korbannya.

Itulah sederet rekomendasi film Netflix diangkat dari kisah nyata yang penuh pesan mendalam. Dari beberapa rekomendasi tadi mana nih yang belum sempat kamu tonton?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More