Ade Wismoyo | MataMata.com
Rekomendasi Film Tentang Ibu (IMDb)

Matamata.com - Film tentang Ibu biasanya menggambarkan seputar kerasnya perjuangan seorang ibu dalam merawat dan membesarkan anak-anaknya. Sosok ibu juga identik dengan kehangatan dan kasih sayang dalam keluarga. 

Namun, akankah gambaran sosok seorang ibu sama saja di dalam film horror? Tentu saja hal tersebut tergantung dari ceritanya. 

Dalam film horror peran ibu tidak selalu menggambarkan kebahagiaan bagi suami maupun sang anak. Bahkan ada yang menjadi 'mimpi buruk' bagi keluarganya. Buat yang ngaku pecinta film horror, ternyata banyak juga lho, yang ceritanya berpusat pada seorang ibu? 

Baca Juga:
Reaksi Nathalie Holscher Disebut Rebut Frans Faisal dari Marissya Icha

Nah, berikut ini ada sederet rekomendasi film horror tentang ibu yang cocok jadi tontonan saat dirumah. Apa saja? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini! 

1. Rumah Dara (2010) 

Rekomendasi Film Tentang Ibu(IMDb)

Film Horror tentang Ibu yang pertama ada Rumah Dara yang rilis pada tahun 2010 silam. Jika ingin nonton film ini, siap-siap dibuat tercengang dengan sosok Ibu Dara dan bagaimana caranya mendidik anak-anaknya. 

Baca Juga:
Wirang Birawa Tak Yakin Marshel Widianto Beneran Serius Ingin Nikahi Celine Evangelista: Gue Gak Yakin!

Rumah Dara mengisahkan perjuangan sekelompok anak muda yang sempat menolong salah satu anak dari Ibu Dara. Bukannya dapat imbalan, mereka justru melihat sisi misterius dari Ibu Dara dan mengalami berbagai hal mengerikan. 

2. Mama (2013) 

Rekomendasi Film Tentang Ibu(IMDb)

Dilihat dari judulnya saja, kita sudah dapat menebak bahwa cerita film ini berpusat pada sosok Ibu. Film yang dibintangi Jessica Chastain dan Nicolaj coster-Waldau ini memiliki cerita yang cukup unik. 

Baca Juga:
Gegara Guyonan soal Prabowo, Kiky Saputri Ngakak Dituding Jadi Pendukung: Pantes Tajam Kritik Pemerintah

Dalam film horror biasanya sosok hantu digambarkan dengan wujud yang kejam dan berbahaya. Namun, berbeda dengan film horror lain, hantu di film Mama ini digambarkan sebagai seorang perempuan berambut panjang yang memiliki sisi manusiawi, yakni sisi keibuan dan kasih sayang. 

3. Mother! (2017)

Rekomendasi Film Tentang Ibu(IMDb)

Mother! adalah film Amerika yang dibintangi Jennifer Lauwrence dan Javier Bardem. Film yang disutradarai Darren Aronofsky ini menceritakan pasangan muda yang tinggal di sebuah rumah mewah. 

Baca Juga:
Pakai Jilbab Sejak Kecil, Anak Olla Ramlan Ungkap Alasan Mulia: Karena Allah!

Suatu malam, mereka kedatangan tamu asing yaitu seorang pria beserta istri dan kedua anaknya. Selang beberapa lama, pemilik rumah pun mulai menyadari adanya keganjilan serta teror yang mengancamnya. 

4. Pengabdi Setan (2017) 

Rekomendasi Film Tentang Ibu(IMDb)

Kembali ke film tanah air, ada Pengabdi Setan yang sempat masuk sebagai salah satu film terlaris pada tahun 2017. Film ini merupakan remake dari film berjudul sama yang rilis pada 1980 silam. 

Film ini mengisahkan teror arwah seorang ibu bernama Mawarni terhadap keluarganya setelah kematiannya. Berkat teror tersebut, terungkaplah masa lalu Mawarni yang ternyata telah mengikuti sebuah sekte pengabdi setan. Tak kalah laris dengan film yang pertama, sequel Pengabdi Setan yang kini tayang di bioskop juga telah ditonton lebih dari 6juta kali. 

5. Suzanna: Bernapas Dalam Kubur (2018)

Rekomendasi Film Tentang Ibu(IMDb)

Film remake yang dibintangi Luna Maya ini juga wajib banget ditonton bagi pencinta film horror. Siapa yang tak kenal Suzanna, sang 'ratu horror' dan salah satu film legendarisnya ini.

Suzanna: Bernapas Dalam Kubur menceritakan seorang calon ibu yang ditinggal dinas oleh sang suami. Sayangnya kesialan tak dapat dihindari, rumahnya dirampok dan Suzanna yang menjadi saksi pun dihabisi.  Dikira sudah meninggal, ia pun dikubur hidup-hidup. 

6. Hereditary (2018)

Rekomendasi Film Tentang Ibu(IMDb)

Masih dengan cerita yang berpusat pada sosok Ibu, Hereditary adalah film karya sutradara Ari Aster. Film ini mengisahkan sebuah keluarga yang sedang dirundung duka lantaran ditinggal ibu atau nenek dari keluarga Graham. 

Tak lama kemudian seorang putri dari keluarga tersebut meninggal dengan mengenaskan. Sang ibu yang tak dapat merelakan kematian putrinya itupun mulai melakukan berbagai usaha untuk bertemu kembali dengan sang anak. Namun, siapa sangka usahanya justru menguak masa lalu Ibunya. 

7. Umma (2022)

Rekomendasi Film Tentang Ibu(IMDb)

Yang terbaru ada Umma yang merupakan film Amerika yang ditulis dan disutradarai oleh Iris K. Shim. Film ini diambil dari sudut pandang seorang ibu masih mempercayai budaya dari negara asalnya. 

Amanda yang merupakan imigran Korea mengalami trauma berat terhadap Ibunya atau Umma. Trauma itu masih saja menghantui ya bahkan setelah kematian Ibunya. 

Itulah beberapa rekomendasi film horror  tentang ibu yang wajib banget ditonton, ada favoritmu? 

Kontributor: Nur Khasanah
Load More