Nur Khotimah | MataMata.com
Fakta Pendopo Agung Ambarrukmo, Tempat Akad Kaesang-Erina (Instagram/@ kaesangp)

Matamata.com - Pendopo Agung Ambarrukmo menjadi lokasi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022). Tempat ini ternyata bukan bangunan sembarangan.

Sebagaimana diketahui, Kaesang anak bungsu Presiden Joko Widodo akan mempersunting Erina Gudono jadi istrinya. Segala hal tentang pernikahan Kaesang sukses menarik perhatian, mulai dari rangkaian hingga lokasi acara.

Akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Pendopo Agung Ambarrukmo. Tempat ini terletak di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, salah satu dari empat hotel bersejarah di Indonesia.

Baca Juga:
Viral Kaesang Terciduk Ngedumel saat Siraman, Pemicunya Ulah Bocah Laki-Laki Ini

Daripada penasaran seperti apa tempatnya, simak deretan fakta Pendopo Agung Ambarrukmo yang menjadi lokasi akad nikah Kaesang dan Erina.

1. Terletak di Kecamatan Depok

Fakta Pendopo Agung Ambarrukmo. (Instagram/@royalambarrukmo)

Pendopo Agung Ambarrukmo diketahui berlokasi di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Tempat ini merupakan cagar budaya yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) II. Pembangunan Pendopo Agung Ambarrukmo dilanjutkan oleh Sri Sultan HB V, sebelum akhirnya disempurnakan Sri Sultan HB VII.

Baca Juga:
Jalani Prosesi Pernikahan Kaesang Pangarep di Solo, Penampilan Iriana Jokowi Jadi Omongan: Cantik Banget

2. Didirikan pada Tahun 1857

Fakta Pendopo Agung Ambarrukmo. (Instagram/@royalambarrukmo)

Pendopo Agung Ambarrukmo didirikan pada tahun 1857. Empat puluh tahun kemudian, bangunan ini beralih fungsi menjadi pesanggrahan pada tahun 1897. Pendopo Agung Ambarrukmo memiliki 36 tiang dengan 3 jenis konstruksi yang berbeda-beda, yakni Saka Guru, Penanggap, dan Penitih.

3. Asal Nama Ambarrukmo

Baca Juga:
'Gak Semata-mata Mengeksploitasi Pernikahan', KPI Buka Suara usai Siaran Nikahan Kaesang Dikritik

Fakta Pendopo Agung Ambarrukmo. (Instagram/@royalambarrukmo)

Nama Ambarrukmo merupakan pemberian dari adik laki-laki dari Sri Sultan HB VII, Kanjeng Gusti Pangeran Harya Adipati Mangkubumi. Pendopo Agung Ambarrukmo awalnya hanya berfungsi sebagai tempat singgah Sultan atau untuk menyambut tamu penting Keraton Yogyakarta.

4. Dijadikan Cagar Budaya

Fakta Pendopo Agung Ambarrukmo. (Instagram/@royalambarrukmo)

Sempat menjadi tempat tinggal Sultan, Pendopo Agung Ambarrukmo kini merupakan salah satu cagar budaya yang terbuka untuk umum. Bangunan bersejarah ini juga menjadi salah satu pilar pelestari Kebudayaan Jawa, khususnya Yogyakarta.

5.  Tempat Kegiatan Budaya

Fakta Pendopo Agung Ambarrukmo. (Instagram/@royalambarrukmo)

Karena sudah beralih fungsi, Pendopo Agung Ambarrukmo menjadi salah satu pusat kegiatan budaya seperti tari kreasi Jawa, suling bambu, siteran, jemparingan, macapat hingga kelas biola. Tempat ini juga sesekali dipakai untuk acara adat Jawa, seperti pernikahan, siraman, dan sebagainya.

Itu dia fakta Pendopo Agung Ambarrukmo yang menjadi lokasi akad nikah Kaesang dan Erina.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More