Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi Doa (freepik)

Matamata.com - Berikut ini bacaan doa niat puasa Ramadhan yang lengkap dengan artinya. Tujuannya supaya bisa mengawali bulan Ramadhan, dengan lebih berkah dan lebih khusyuk.

Menurut Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri dalam Kitab Muslim Minhajul, niat puasa Ramadhan dan artinya harus dibaca sebelum memasuki waktu shalat subuh. Sementara itu, waktu berniatnya sudah dapat dimulai saat malam hari. Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Barangsiapa yang belum berniat (untuk puasa) di malam hari sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya", (HR Ad-Daru Quthni dan Al- Baihaqi).

Baca Juga:
Doa Ziarah Kubur Jelang Ramadhan 2023, Lengkap dengan Latin dan Tata Cara

Adapun bacaan lengkap niat puasa Ramadhan dan artinya berikut dengan bacaan latinnya dapat disimak pada ulasan berikut ini:

Bacaan latin: "Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i fardhi syahri Ramadhani hadzihis sanati lillahi ta'ala".

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala".

Baca Juga:
Doa Masuk Masjid Lengkap dengan Arti Maupun Versi Panjang dan Pendek

Selain mempersiapkan diri dengan mengingat bacaan niat puasa Ramadhan dan artinya, umat muslim juga bisa melakukan amalan-amalan dalam menyambut bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari ini.

Menjalankan amalan-amalan tersebut di bulan Ramadhan, umat muslim akan diganjar pahala ibadah wajib. Sedangkan yang menjalankan amalan wajib di bulan puasa Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan. Lalu, apa saja amalan-amalan yang dianjurkan tersebut? Berikut ini macam-macam amalan bulan Ramadhan:

1. Perbanyak Sedekah

Baca Juga:
5 Doa Menyambut Ramadhan 2023 Lengkap dengan Bahasa Latin dan Artinya

2. Melaksanakan Sahur

3. Melaksanakan Sunnah

4. Perbanyak Dzikir dan Berdoa

5. Mengkhatamkan Al Quran

Demikian informasi mengenai bacaan niat puasa Ramadhan 1444 Hijriah. Semoga bisa menjadi panduan untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini. (Shakira Arum)

Load More