Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Menarik Film Buya Hamka (instagram/vinogbastian__)

Matamata.com - Setelah menunggu 9 tahun, film Buya Hamka akhirnya bakal dirilis juga. Film yang diproduksi oleh Starvision dan Falcon Pictures ini dijadwalkan tayang pada Lebaran mendatang.

Sesuai dengan judulnya, Buya Hamka didasarkan pada tokoh pahlawan nasional ini. Pemeran utamanya adalah Vino G. Bastian.

Langsung saja, berikut deretan fakta menarik film Buya Hamka yang siap menjadi salah satu tontonan di momen Lebaran.

Baca Juga:
Laudya Cynthia Bella Perankan Istri Buya Hamka di Film Terbaru, Potret Kemiripannya Bikin Salfok

1. Direncanakan sejak 2014

Fakta Menarik Film Buya Hamka (instagram/vinogbastian__)

Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan Buya Hamka adalah ulama sekaligus sastrawan dan politikus. Ide cerita tentang sosok yang amat disegani tersebut muncul sejak tahun 2014.

Saat itu, produser Starvision, Chand Parwez bertemu dengan mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin. Kemudian muncul lah ide untuk membuat film tentang perjalanan hidup Buya Hamka.

Baca Juga:
Profil Desy Ratnasari, Artis dan Anggota DPR yang Akan Main Film Buya Hamka

2. Proses Produksi Hingga 9 Tahun

Fakta Menarik Film Buya Hamka (instagram/vinogbastian__)

Proses produksi film Buya Hamka memakan waktu yang sangat lama yakni sekitar 9 tahun. Ini karena penulisan naskah yang kerap mengalami perubahan. Naskahnya ditulis bersama oleh Alim Sudio dan Cassandra Massardi.

Dibutuhkan tiga tahun untuk memperkuat alur cerita sebelum memulai proses casting. Untuk penyutradaraan, Chand Parwez mempercayakan pada Fajar Bustomi yang sudah berpengalaman menggarap film-film hits seperti seri Dilan.

Baca Juga:
Sinopsis Film Buya Hamka, Vino G Bastian Totalitas Abis Jadi Peran Utama

3. Bertabur Bintang

Fakta Menarik Film Buya Hamka (instagram/vinogbastian__)

Dari proses casting yang digelar, Vino G. Bastian diumumkan sebagai tokoh utama dalam film ini, yakni Buya Hamka. Jajaran pemain lainnya sukses bikin kaget netizen karena dipenuhi nama-nama besar.

Selain Vino G. Bastian, film Buya Hamka juga dibintangi Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Rey Bong, Mawar Eva, Reza Rahadian, Yoriko Angeline, Marthino Lio, Wafda Lubis, hingga Anjasmara.

4. Sinopsis Buya Hamka

Fakta Menarik Film Buya Hamka (instagram/vinogbastian__)

Seperti film biografi lainnya, Buya Hamka akan menceritakan kehidupan sang tokoh mulai dari kanak-kanak, remaja, hingga berkeluarga. Pria kelahiran 17 Februari 1908 telah melewati beberapa perubahan sebelum menjadi sosok yang dikenal banyak orang.

Film ini bakal menyoroti bagaimana cara Buya Hamka menyampaikan dakwahnya secara santun. Sisi humanis Hamka selama proses menggapai semua pencapaiannya yang membanggakan juga akan ditampilkan.

Film Buya Hamka rencananya akan segera ditayangkan di bioskop pada Lebaran tahun ini. Namun pihak produksi belum mengumumkan tanggalnya.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More