Yohanes Endra | MataMata.com
Sinopsis Ashiap Man. (Instagram/ashiapmanfilm)

Matamata.com - Ashiap Man, film garapan Atta Halilintar, masuk kandidat nominasi Piala Maya 2023. Padahal, saat dirilis perdana lewat platform streaming pada 17 November 2022 lalu, Ashiap Man panen review buruk.

Ashiap Man termasuk dalam daftar kandidat Nominasi Penyutradaraan Film Panjang Karya Perdana Terpilih. Karya Atta Halilintar ini bersaing dengan 8 film lainnya, termasuk Penyalin Cahaya yang merupakan Film Terbaik FFI 2021.

Selain Ashiap Man dan Penyalin Cahaya, tujuh film yang terpilih sebagai kandidat adalah Cek Ombak (Melulu), Gara-Gara Warisan, Jagat Arwah, Kamu Tidak Sendiri, Kukira Kau Rumah, Preman serta Tumbal Kanjeng Iblis.

Baca Juga:
'Film Ini Banyak Halangannya', Atta Halilintar Ungkap Perjalanan Sulit Syuting Ashiap Man

Sembari tetap rendah hati, Atta Halilintar mengaku bangga film yang disutradarai dan dibintanginya menjadi kandidat nominasi salah satu ajang penghargaan bergengsi di Tanah Air.

"Masih anak baru, masih banyak salah, ada masuk nominasi juga," tulisnya via Instagram story, Rabu (29/3/2023).

Ini seolah membuktikan bahwa review buruk tidak menjadi indikator film Indonesia untuk bisa diakui di ajang penghargaan. Diketahui, Ashiap Man mendapatkan review buruk dari sejumlah kritikus film.

Baca Juga:
3 Film Superhero Tayang November 2022, Ada Ashiap Man Punya Atta Halilintar

Ashiap Man menceritakan Zul (Atta Halilintar) yang terobsesi menjadi superhero sejak kecil. Setiap hari Zul berlari keliling kampung dengan menggunakan jubah dari spanduk pecel lele dan berteriak "Ashiaap."

Selain Atta Halilintar, Ashiap Man juga dibintangi Aurel Hermansyah dan sederet artis top. Sebut saja Rizky Billar, Arswendy Bening Swara, Elma Theana, Marcelino Lefrandt, Samuel Rizal, Nafa Urbach, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Sayangnya, nama-nama di atas tak mampu mendompleng kualitas film yang diproduseri Chand Parwez Servia ini. Sejumlah situs film bahkan tega memberi rating bintang dua saja.

Baca Juga:
Sinopsis Ashiap Man, Film Perdana Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Banyak kritik yang menyebut naskah Ashiap Man sangat mentah dan membosankan. Akting para pemain juga tak membantu. Ujung-ujungnya film ini hanya disebut sebagai proyek ambisius Atta Halilintar.

Lantas apakah Ashiap Man nantinya berhasil masuk daftar nominasi Piala Maya? Kita lihat saja nanti!

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More