Yohanes Endra | MataMata.com
Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah (unsplash.com)

Matamata.com - Libur lebaran akan berlangsung tak lama lagi. Pemerintah telah menetapkan cuti lebaran 2023 pada 19-25 April mendatang.

Cuti lebaran identik dengan budaya mudik yang rutin dilakukan umat muslim di Indonesia setiap tahun. Oleh sebab itu, doa terbaik untuk bepergian agar perjalanan aman perlu diketahui. Yuk simak bersama-sama!

1. Doa Naik Kendaraan

Bepergian, khususnya mudik, bisa dilakukan dengan beragam transportasi. Mulai dari transportasi darat, laut, dan udara biasa digunakan pemudik untuk pulang ke kampung halaman. Sebelum naik kendaraan, berikut doanya:

"Alhamdulillahilladzi/Subhanalladzi sakhkhara lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina, wa inna ila rabbina lamunqalibuna," yang artinya "Segala puji bagi Allah/Mahasuci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kita. Padahal kamu sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami."

Atau bisa juga membaca doa: "Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim," yang artinya "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar, berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

2. Doa Selama Perjalanan

Lantas selama perjalanan, sebaiknya membaca Surat Al-Ikhlas sebagai berikut:

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More