Yohanes Endra | MataMata.com
Penyebab Kolesterol Mudah Naik Saat Lebaran. (freepik.com)

Matamata.com - Kenapa kadar kolesterol dalam tubuh cenderung mudak naik saat lebaran? Apakah penyebabnya? Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang hal tersebut. Pasalnya kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Untuk menghindarinya, pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab kolesterol naik.

Meskipun lebaran jadi momen spesial untuk kumpul bareng keluarga, namun biasanya di hari kemenangan umat islam ini kita cenderung kurang bisa mengontrol diri. Kerap kali kita makan tanpa batasan hingga tanpa sadar kadar kolesterol dalam tubuh naik.

Baca Juga:
8 Inspirasi Baju Lebaran Ala Rey Mbayang dan Dinda Hauw, Simple Namun Kece

Namun, tahukah kamu jika pemicu naiknya kolesterol ternyata nggak cuma dari makanan, lho. Lantas, apa saja penyebabnya? Yuk, intip dulu informasi seputar penyebab kolesterol mudah naik saat lebaran berikut ini.

1. Makan makanan berlemak
Makanan berlemak memang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Namun, bukan berarti kita tidak boleh mengonsumsinya sama sekali.

Apalagi saat lebaran, sebagian besar menunya adalah makanan berlemak, sebut saja gulai, opor ayam, ataupun rendang. Boleh saja mengonsumsi makanan berlemak, asalkan jangan berlebihan.

Baca Juga:
9 Momen Kenangan Baby Margaretha dan Suami Bule, Meninggal Gara-gara Kolesterol dan Jantung

2. Minuman manis
Selain makanan berlemak, minum minuman manis juga berpotensi meningkatkan kadar kolesterol. Mengutip dari sebuah penelitian terbitan Journal of American Heart Association, mengonsumsi minuman manis seperti soda atau boba dapat meningkatkan kadar kolesterol.

3. Malas bergerak
Penyebab lain kolesterol yang tinggi adalah malas bergerak. Saat tubuh kurang bergerak, maka lemak akan mengendap dalam tubuh dan memicu beragam masalah kesehatan.

4. Memiliki penyakit tertentu
Kolesterol juga bisa naik karena beberapa jenis penyakit. Jadi, bagi yang memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, gangguan liver atau ginjal, tekanan darah tinggi, asam urat, hingga lupus, sebaiknya lakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin.

Baca Juga:
Khawatir Kolesterol Tinggi, Zaskia Adya Mecca Giat Olahraga

5. Berat badan berlebih
Salah satu tanda adanya penumpukan lemak di dalam tubuh adalah berat badan berlebih. Kondisi ini juga kerap disertai dengan kenaikan kadar kolesterol.

Nah, itu dia beberapa penyebab kolesterol mudah naik saat lebaran. Sebenarnya masih banyak lagi hal yang dapat menyebabkan naiknyabkolesterol.

Namun, yang terpenting jaga pola hidup sehat agar kadar kolesterol tetap stabil bahkan selama lebaran.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More