Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Kondisi Kesehatan Ruben Onsu. (Instagram/ruben_onsu)

Matamata.com - Fakta kondisi kesehatan Ruben Onsu jadi perbincangan setelah sang presenter kembali masuk rumah sakit. Lewat unggahannya di Instagram, Ruben terlihat terbaring di ranjang rumah sakit dengan beberapa peralatan medis menempel pada tubuhnya.

Ini bukan pertama kali Ruben Onsu harus menjalani perawatan di rumah sakit. Sebab sejak tahun lalu ia sudah sering keluar masuk rumah sakit. Kondisi kesehatannya yang memburuk karena penyakitnya juga membuatnya terus kehilangan darah. Setelah sempat membuat publik cemas dan penasaran dengan kondisi kesehatannya akhirnya terungkap jenis penyakit yang diidap oleh Ruben Onsu.

Penyakit yang menyerang Ruben Onsu adalah Empty Sella Syndrome. Sindrom ini ternyata merupakan salah satu penyakit langka, selain itu Ruben juga menderita penyempitan sumsum tulang belakang. Berikut beberapa fakta kondisi kesehatan Ruben Onsu hingga membuatnya harus keluar masuk rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Baca Juga:
Ruben Onsu Masuk Rumah Sakit Lagi, Komentar Ivan Gunawan malah Bikin Ngakak

1. Diungkap Betrand Peto

Fakta Kondisi Kesehatan Ruben Onsu. (Instagram/ruben_onsu)

Kondisi kesehatan Ruben Onsu yang sedang tidak baik-baik saja diungkap oleh Betrand Peto pada Juni 2022 lalu. Kala itu Ruben Onsu mendadak harus dilarikan ke rumah sakit. Jatuh sakitnya Ruben Onsu membuat banyak orang cemas, apalagi tersiar kabar simpang siur tentang penyakit yang dideritanya.

2. Bosan minum obat

Baca Juga:
Unggah Foto Terbaring di Rumah Sakit, Ruben Onsu Tegar: Liburan dengan Cara yang Lain

Fakta Kondisi Kesehatan Ruben Onsu. (Instagram/ruben_onsu)

Pemilik nama lengkap Ruben Samuel Onsu ini sempat buka suara perihal kondisi kesehatannya yang menurun ketika berbincang di acara yang dipandu Raffi Ahmad. Ruben Onsu mengaku jika dirinya bosan minum obat setiap hari. Meski begitu semangat Ruben untuk sembuh tetap tinggi.

3. Idap Empty Sella Syndrome

Fakta Kondisi Kesehatan Ruben Onsu. (Instagram/ruben_onsu)

Setelah bungkam perihal penyakit yang diidapnya akhirnya presenter kelahiran 15 Agustus 1983 mengungkap bahwa ia mengidap Empty Sella Syndrome. Penyakit ini termasuk langka dan terjadi saat kelenjar pituitari yang ada di otak mengecil atau tertekan.

Baca Juga:
Diminta Ruben Onsu Bikin Baju Betrand Peto Mendadak, Ivan Gunawan: Nih Begini Kelakuannya

4. Tidak bisa berada di suhu dingin

Fakta Kondisi Kesehatan Ruben Onsu. (Instagram/ruben_onsu)

Penyakit Empty Sella Syndrome yang dideritanya membuat Ruben Onsu tidak bisa berada di tempat yang suhunya dingin. Jika terpapar suhu dingin maka kondisi kesehatan Ruben akan langsung drop. Tak hanya itu suhu dingin juga membuat tubuhnya kaku dan penglihatannya buram.

5. Jalani MRI

Fakta Kondisi Kesehatan Ruben Onsu. (Instagram/ruben_onsu)

Suami Sarwendah ini juga sudah menjalani MRI untuk mengecek kondisi otaknya. Ternyata ada bercak-bercak putih di bagian otak Ruben Onsu. Keadaan otak Ruben Onsu ini semakin memperburuk kesehatannya yang masih harus berjuang melawan Empty Sella Syndrome.

6. Alami penyempitan sumsum tulang belakang

Fakta Kondisi Kesehatan Ruben Onsu. (Instagram/ruben_onsu)

Kesehatan Ruben Onsu terus menurun hingga bolak-balik ke rumah sakit salah satunya disebabkan oleh penyempitan sumsum tulang belakang. Hal ini baru terungkap setelah Ruben menjalani endoskopi. Penyempitan sumsum tersebut membuat produksi sel darah terhambat. Akibatnya, Ruben harus menjalani melakukan transfusi darah secara berkala. Bahkan kadar Hemoglobin dalam darah ruben hanya 5 g/dl sedangkan kadar normal untuk laki-laki dewasa adalah 13 g/dl.

7. Kembali dirawat di rumah sakit

Fakta Kondisi Kesehatan Ruben Onsu. (Instagram/ruben_onsu)

Pada Kamis (27/4/2023) Ruben Onsu membagikan beberapa foto dirinya yang terbaring lemah di ranjang rumah sakit. Ruben Onsu terlihat lemah dengan infus dan berbagai peralatan medis menempel di tubuhnya. Ruben yang selalu ceria menyebut jika dirinya sedang liburan dengan cara yang tak biasa. Meski harus berulang kali masuk rumah sakit, tapi Ruben tidak mengeluh dan justru bersyukur karena mendapat penanganan yang cepat. Ruben bahkan masih sempat tersenyum ke arah kamera meski sedang sakit.

Itu tadi beberapa fakta kondisi kesehatan Ruben Onsu yang menurun hingga bolak-balik masuk rumah sakit. Jenis penyakit yang diidap oleh Ruben Onsu cukup banyak mulai dari penyempitan sumsum tulang belakang, Empty Sella Syndrome, hingga bercak-bercak putih di otak. Semoga lekas pulih dan sehat lagi Ruben Onsu!

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More