Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Zulfani Pasha (Instagram/zulfani_pasha)

Matamata.com - Kabar mengejutkan datang dari Zulfani Pasha, pemeran Ikal di film Laskar Pelangi ini ditangkap Polisi Belitung Timur. Penangkapan itu terjadi setelah Zulfani Pasha mengacungkan pedang sejenis Katana kepada warga usai terlibat tabrakan dengan sepeda motor.

Zulfani Pasha dan rekan-rekan yang ada di mobil yang ditumpanginya diduga ingin lari sehingga menakuti warga dengan pedang khas milik Samurai itu. Namanya sendiri melejit usai menjadi pemain utama dalam film laris adaptasi novel best seller karya Andrea Hirata Laskar Pelangi. Proyek akting terakhir yang dibintangi Zulfani Pasha adalah series Drama Ratu Drama (2022).

Berikut ulasan profil Zulfani Pasha yang lagi disorot karena ditangkap usai acungkan Katana pada warga hingga terlibat tabrak lari.

Baca Juga:
8 Potret Transformasi Zulfani Pasha, Pemeran Ikal di Laskar Pelangi yang Baru Ditangkap Polisi

Latar belakang

Profil Zulfani Pasha. (Instagram/zulfani_pasha)

Zulfani Pasha lahir pada 7 Juni 1996 di Tanjung Pandan, Bangka Belitung dengan penulisan nama asli Zulfanny Pasa. Aktor yang akrab dipanggil Ikal ini merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

Meski sudah menjadi aktor terkenal tapi Zulfani Pasha rupanya tidak melupakan pendidikan. Ia berkuliah di Institut Kesenian Jakarta dan pada 6 Desember 2017, Zulfani resmi lulus kuliah dan bergelar Sarjana Seni.

Baca Juga:
Istri Zulfani Pasha Ikal Laskar Pelangi Bawa Kabur Duit Pelanggan Aplikasi Pertemanan

Kehidupan pribadi

Profil Zulfani Pasha (Instagram/zulfani_pasha)

Pada akhir tahun 2020, Zulfani Pasha melepas masa lajangnya dengan menikahi gadis bernama Vera Pazilla. Pernikahan Zulfani Pasha digelar sederhana di KUA bersama keluarga dekat. Dilansir dari akun TikTok sang istri @vera.pazilla, keduanya sudah dikaruniai seorang putri cantik yang diberi nama Khaadira Putri Pasa. Putri mereka lahir pada 31 Oktober 2021 silam.

Perjalanan karier

Baca Juga:
Zulfani Pasha Ikal Laskar Pelangi Ditangkap Polisi gegara Menakut-nakuti Orang Pakai Samurai

Profil Zulfani Pasha (Instagram/zulfani_pasha)

Awal karier Zulfani Pasha bermula pada tahun 2008 ketika dirinya dipilih untuk menjadi salah satu pemain Laskar Pelangi. Kala itu ia mendapat peran sebagai Lintang. Tapi karena tidak mirip, ia akhirnya ditawari peran Ikal dan harus melalui proses seleksi ketat. Ia kembali muncul dalam film Sang Pemimpi (2009) dan Edensor (2013).

Berkat aktingnya, Zulfani mendapat gelar Aktor Pendatang Baru Terfavorit dalam ajang Indonesian Movie Actors Awards 2009. Lama tak muncul di layar lebar, Zulfani Pasha akhirnya kembali berakting lewat serial web Negeri 5 Menara (2019) dan Drama Ratu Drama (2022).

Jadi sutradara

Profil Zulfani Pasha. (Instagram/zulfani_pasha)

Usai lulus kuliah, Zulfani mencoba jalan baru dalam kariernya dengan menjadi asisten sutradara dalam film arahan Joko Anwar, Gundala (2019). Setelah itu ia memantapkan diri menjadi sutradara dengan mendirikan rumah produksi di kampung halamannya yang diberi nama Kampoeng Karya.

Film-film buatannya dengan para anak muda Belitung yang dinaungi rumah produksinya ini ditayangkan lewat channel YouTube Zulfani Pasa. Beberapa judul film pendek yang sudah dibuat olehnya antara lain Saat Ku Pulang, Little Boy, Brother, Takabur, dan lainnya.

Akun media sosial

Profil Zulfani Pasha (Instagram/zulfani_pasha)

Zulfani Pasha cukup aktif di YouTube sejak bergabung pada tahun 2014 silam. Awalnya akunnya itu hanya untuk berbagi tentang aktivitasnya saja, tapi setelah membangun Kampoeng Karya, Zulfani menjadikan YouTubenya sebagai wadah menayangkan film-film garapannya. Hingga kini akun bernama Zulfani Pasa itu sudah memiliki 52,6 subscriber.

Zulfani Pasha juga memiliki akun Instagram, tapi tidak terlalu aktif. Unggahannya yang terakhir di Instagram adalah pada tanggal 22 Desember 2022 lalu. Meski begitu ia memiliki banyak followers yang mencapai 11,7 ribu.

Ditangkap polisi

Profil Zulfani Pasha (Instagram/zulfani_pasha)

Zulfani Pasha bersama empat rekannya ditangkap pihak kepolisian Belitung Timur pada Sabtu (29/4/2023) kemarin karena mengacungkan pedang kepada warga. Aksinya itu untuk menakuti warga setelah dirinya diduga menabrak pengendara sepeda motor dan ingin melarikan diri.

Itu tadi profil Zulfani Pasha, pemeran Ikal di film Laskar Pelangi yang kini disorot karena terlibat kasus hukum.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More