Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi Doa Minum Obat (freepik)

Matamata.com - Minum obat merupakan salah satu ikhtiar saat merasa sakit. Ada beberapa cara minum obat, di antaranya diminum langsung, dilarutkan dengan air, ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit, atau disuntikkan.

Sebelum minum obat, umat muslim juga dianjurkan berdoa agar segera mendapat kesembuhan. Seperti apa doa minum obat? Simak ulasan yang telah disiapkan redaktur MataMata.com berikut ini.

1. Hukum Minum Obat

Baca Juga:
Doa saat Melihat Pertanda Buruk, Amalkan Ketika Hati Resah

Rasulullah SAW telah bersabda dalam sejumlah hadis bahwa minum obat tidak bertentangan dengan tawakal. Yang terpenting adalah saat seseorang minum obat, ia meyakini kesembuhan berasal dari Allah SWT.

Salah satu hadis yang menyebutkan soal obat adalah: "Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, kecuali Allah juga menurunkan obatnya" (HR Bukhari 5354).

2. Doa Minum Obat

Baca Juga:
Bacaan Doa Taubat dan Penyesalan agar Diampuni Segala Dosa

Doa minum obat berdasarkan "Doa Yuk Kumpulan Doa Sehari-Hari untuk Pembentukan Karakter Anak" karya Mochamad Soleh adalah:

"Bismillaahisy syafii bismillahilkaafii bismillaahilmu 'aafii bismillaahilladzii laa yadlurru ma 'asmihi syai un fil ardli walaa fissamaa i huwassamii 'ul 'alim."

Terjemahan: Dengan nama Allah Tuhan yang menyembuhkan, dengan nama Allah Tuhan yang menurunkan kesehatan, dengan nama Allah yang dengan nama-Nya, tidak ada sesuatu pun yang berbahaya, baik di bumi maupun di langit, dan Dia adalah Tuhan Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Baca Juga:
Doa Memperbaiki Keturunan yang Diajarkan dalam Islam

3. Doa Minta Kesembuhan

Sedangkan dalam doa "100 Do Harian untuk Anak" yang merupakan doa Nabi Ayyub saat sakit adalah:

"Inni massani yadh dhurru wa anta arhamur raahimiin."

Terjemahan: "Sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang." (QS Al Anbiya ayat 83).

4. Tips Minum Obat

Selain membaca doa, minum obat juga harus sesuai dengan aturan agar bisa lekas sembuh. Obat juga harus disimpan di tempat yang aman.

Tips minum obat yang pertama adalah minum obat sesuai aturan dan anjuran dokter. Minum obat sebaiknya menggunakan air putih hangat, bukan air es, kopi, atau teh.

Setelah minum obat, diharapkan banyak istirahat seraya berdoa dan berserah dengan meyakini bahwa hanya Allah SWT yang dapat menyembuhkan penyakit.

Itu dia beberapa doa minum obat serta serba-serbi yang perlu diketahui. Yuk diamalkan bersama-sama!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More