Ade Wismoyo | MataMata.com
Doa Sakit Gigi (Pexels)

Matamata.com - Doa Sakit Gigi serta Kiat Meredakan Nyerinya.

Sakit gigi kerap dibayangkan sebagai penderitaan yang tak ingin terulang lagi. Bagaimana tidak, sakit gigi bisa menjalar ke bagian kepala hingga membuat proses makan dan istirahat menjadi terganggu.

Selain minum obat, doa sakit gigi diharapkan bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat. Seperti apa doa sakit gigi? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga:
Doa Penghilang Rasa Lelah Agar Kembali Bersemangat Menjalani Hidup

1. Tata Cara sebelum Membaca Doa Sakit Gigi

Ternyata ada tata cara khusus berdoa saat sakit gigi agar proses penyembuhannya semakin maksimal. Caranya adalah dengan meletakkan tangan di area gigi dan mulut yang sakit, kemudian membaca Bismillah sebanyak tiga kali.

2. Doa Sakit Gigi

Baca Juga:
Daus Mini Resmi Cerai, Bahagia Dapat Hak Asuh Anak: Doa-doa Kita Semua Dikabulkan

Setelah membaca Bismillah tiga kali, bisa membaca doa sambil tangan tetap menempel di area yang sakit:

"A’uudzu billahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru."

Terjemahan: "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim).

Baca Juga:
Bacaan Doa Agar Dagangan Laris Manis, Rezeki Bertambah dan Penuh Berkah

3. Doa Sakit Gigi Anjuran Rasulullah SAW

Sedangkan apabila berdasarkan anjuran Rasulullah SAW, doa sakit gigi adalah:

"Allahumma adzib 'anhu su a ma yajidu wa fuhsyahu bi da' wati nabiyyikal mubarakil makini indaka."

Baca Juga:
4 Doa agar Cuaca Cerah sesuai Sunnah Nabi, saat Hujan Perlu Dihentikan

Terjemahan: "Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu."

4. Kiat Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi rupanya bisa diredakan dengan bahan-bahan yang dijumpai di rumah. Yang pertama adalah dengan berkumur air garam. Campurkan satu gelas air dan setengah sendok teh garam, kemudian berkumur selama 30 detik.

Atau apabila punya minyak cengkeh, campurkan dengan satu sendok minyak zaitun ke kapas lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Mengunyah bawang putih pun bisa menghasilkan sifat antibakteri untuk mengatasi kuman di gigi.

Yang terakhir, sakit gigi dapat diredakan dengan kompres es. Siapkan handuk atau kain untuk membungkus es batu, kemudian tempelkan di bagian pipi yang dekat dengan nyeri gigi selama sekitar 20 menit.

Itu dia doa sakit gigi dan kiat-kiat untuk meredakan nyerinya. Untuk yang sedang sakit gigi, semoga doa dan kiat-kiat ini manjur agar lekas diberi kesembuhan ya! 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More