Yohanes Endra | MataMata.com
Rekomendasi Film tentang Haji (imdb)

Matamata.com - Pemerintah menetapkan libur Hari Raya Idul Adha 2023 selama tiga hari mulai Rabu (28/6/2023). Kamu bisa menghabiskan hari libur dengan nonton film.

Liburan Idul Adha bertepatan dengan ibadah haji yang dijalankan oleh umat Islam dari penjuru dunia. Mumpung momennya pas, kamu bisa memilih film tentang haji untuk dinikmati di hari libur.

Bikin pengin naik haji, berikut rekomendasi film tentang haji yang bakal sayang banget untuk dilewatkan.

Baca Juga:
9 Adu Peran Pemain Film Smugglers yang Bertabur Bintang, Ada Kim Hye Soo dan Jo In Sung

1. Inside Mecca (2003)

Rekomendasi Film tentang Haji (imdb)

Inside Mecca adalah film dokumenter yang dirilis National Geographic pada 2003. Film karya Anisa Mehdi ini mengikuti tiga jemaah dari Malaysia, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat dalam perjalanan mereka ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji.

2. Le Grand Voyage (2004)

Baca Juga:
Sinopsis Beau Is Afraid, Film Baru Sutradara Hereditary dan Midsommar

Rekomendasi Film tentang Haji (imdb)

Disutradarai oleh Ismail Ferroukhi, Le Grand Voyage menggambarkan hubungan antara ayah dan anak saat keduanya melakukan perjalanan dari Prancis menuju Tanah Suci dengan mobil. Selama perjalanan, mereka secara perlahan saling mengenal satu sama lain setelah hidup terpisah selama bertahun-tahun.

3. Journey to Mecca (2009)

Rekomendasi Film tentang Haji (imdb)

Film yang dinarasikan oleh aktor Ben Kingsley ini menceritakan kisah nyata yang luar biasa dari Ibnu Battuta, salah satu musafir terbesar dalam sejarah. Mahasiswa hukum berusia 21 tahun itu berangkat sendirian ke Mekah dari Tangier pada 1325 dan kembali ke Maroko hampir 30 tahun kemudian.

Baca Juga:
Sinopsis Film Bleeding Steel, Aksi Jackie Chan Lindungi Ilmuwan

4. Emak Ingin Naik Haji (2009)

Rekomendasi Film tentang Haji (imdb)

Emak Ingin Naik Haji dibintangi Aty Cancer Zein, Reza Rahadian, dan Didi Petet sebagai pemeran utama. Kisahnya tentang Emak, seorang wanita berusia lanjut yang sabar, tulus, dan penuh kegunaan hati. Seperti umat Islam lainnya, Emak sangat ingin menunaikan ibadah haji.

5. Adaminte Makan Abu (2011)

Rekomendasi Film tentang Haji (imdb)

Adaminte Makan Abu ditulis dan disutradarai dan diproduksi oleh Salim Ahamed sebagai karya debutnya. Film ini menceritakan seorang penjual attar (sejenis parfum) yang miskin bernama Abu (Salim Kumar). Dia hanya memiliki satu keinginan dalam hidupnya, yakni menunaikan ibadah Haji.

6. Haji Backpacker (2014)

Rekomendasi Film tentang Haji (imdb)

Dibintangi Abimana Aryasatya, Haji Backpacker menceritakan seorang pemuda bernama Mada yang memutuskan untuk berpetualang ke seluruh dunia hingga tiba di Mekah. Meski sering melakukan hal yang dilarang agama, Mada mulai menyadari kasih sayang Tuhan begitu menginjakkan kakinya di Tanah Suci.

7. Mekah I'm Coming (2019)

Rekomendasi Film tentang Haji (imdb)

Film berbalut komedi ini menceritakan perjuangan seorang pria yang berusaha memberangkatkan haji orangtua wanita yang dicintai agar hubungan mereka direstui. Mekah I'm Coming dibintangi Rizky Nazar, Michelle Ziudith, Dwi Sasono hingga Jennifer Coppen sebagai pemeran utama.

Itu dia rekomendasi film tentang haji yang bisa ditonton selama libur Hari Raya Idul Adha. Selamat lebaran!

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More