Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi Doa Malam 1 Suro. (Pexels.com/Fatih Maraşlıoğlu)

Matamata.com - Tanggal 1 Suro dalam kalender Jawa akan jatuh pada tanggal 19 Juli 2023 besok. Sehingga malam 1 Suro adalah malam Rabu atau Selasa malam (18/7/2023). Bagi umat muslim malam 1 Suro bertepatan dengan 1 Muharram atau tahun baru Islam.

Jadi jika dalam adat Jawa malam 1 Suro identik dengan ruwatan atau pembersihan maka berbeda dengan umat Islam. Sebab pada malam pergantian tahun Hijriah tersebut dirayakan dengan memanjatkan doa. Ya, ada doa malam 1 Suro yang bisa para muslim panjatkan.

Selain itu ada beberapa amalan lain yang juga sayang dan rugi kalau sampai dilewatkan, Lantas apa saja doa malam 1 Suro dan amalan yang bisa dilakukan? Berikut rangkumannya yang sudah MataMata.com siapkan.

Baca Juga:
Bacaan Doa Agar Dagangan Laris Manis, Rezeki Bertambah dan Penuh Berkah

1. Doa akhir tahun

Doa malam 1 Suro yang pertama harus dipanjatkan adalah doa akhir tahun. Malam 1 Suro menjadi penanda pergantian tahun dari 1444 H menjadi 1445 H. Sehingga memanjatkan doa untuk meminta ampunan atas semua perbuatan dosa selama satu tahun terakhir serta memohon keselamatan dan keberkahan untuk satu tahun ke depan perlu dipanjatkan.

Doa akhir tahun dibaca sebanyak 3 kali setelah salat Ashar sampai sebelum waktu Maghrib.Adapun lafal doanya yaitu:

Baca Juga:
4 Doa agar Cuaca Cerah sesuai Sunnah Nabi, saat Hujan Perlu Dihentikan

Allahumma ma 'amiltu min 'amalin fi hadzihis sanati mana haitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'ala 'uqubati, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'ati 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirlî wa ma 'amiltu fiha mimma tardha, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa'as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja'i minka ya karim.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku memohon ampun atas semua perbuatanku di tahun ini termasuk yang Engkau larang sedangkan aku belum sempat bertaubat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahanMu sedang Engkau mampu menyiksaku, dan dosa yang Engkau perintahkan untukku bertaubat sementara aku menentangnya yang berarti mendurhakaiMu. Karena semua itu aku memohon ampun kepadaMu, ampunilah aku. Ya Tuhanku, aku mengharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan atas pahalaMu. Janganlah putuskan harapanku, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

2. Doa awal tahun

Baca Juga:
Doa Interview Kerja Agar Tak Gugup dan Dilancarkan

Doa awal tahun dapat dipanjatkan saat sudah memasuki 1 Suro atau 1 Muharram yaitu setelah melaksanakan salat Maghrib.

Allahumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa 'ala fadhlikal 'azhimi wa karimi judikal mu'awwal. Hadza 'amun jadidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fihi minas syaithani wa auliya'ih, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su'i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya: “Ya Tuhanku, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Berkat karuniaMu yang besar dan kemurahanMu yang mulia, Engkau menjadi pintu harapan bagiku. Tahun baru telah datang. Aku memohon perlindungan kepadaMu dari godaan iblis pada tahun ini. Aku juga berharap atas pertolonganMu dalam mencegah hawa nafsu yang seringkali mendorongku berbuat jahat. KepadaMu, aku meminta bimbingan agar dalam keseharianku senantiasa dekat dengan rahmatMu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Tujuan dari membaca doa awal tahun adalah untuk memohon keselamatan serta keberkahan saat menyambut tahun baru Islam 1445 Hijriah. Serta agar tidak kembali melakukan dosa yang sama seperti tahun sebelumnya.

3. Doa tolak bala

Selain membaca doa akhir dan awal tahun, perlu juga memanjatkan doa tolak bala di malam 1 Suro. Sebenarnya doa tolak bala juga dapat dipanjatkan setiap hari setelah menunaikan ibadah salat wajib. Sebab doa ini dimaksudkan untuk perlindungan dari marabahaya semisal bencana alam, wabah penyakit, hingga kesulitan rezeki.

Bismillaahilladzii laa yadhurru ma’asmihi syai’u fi’adhi wa laa fissamaa’i wahuwassami’ul ‘alim.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu di bumi dan di langit yang dapat membahayakan. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

4. Amalan lain di malam 1 Suro

Ada amalan yang yang dapat pula dilakukan pada malam 1 Suro selain membaca doa akhir dan awal tahun, serta doa tolak bala. Amalan lain yang dapat dilakukan yaitu:

Memperbanyak wirid dan zikir

Membaca Al Quran, khususnya QS Al-Baqarah: 225 atau ayat kursi

Menunaikan Sholat Malam

Puasa Tasu'a pada 9 Muharram dan Puasa Asyura pada 10 Muharram.

Semoga dengan membaca doa malam 1 Suro dan beberapa amalan di atas, Allah SWT akan senantiasa memberi ampunan, keselamatan, dan bimbingan bagi kita agar bisa menjadi hamba yang lebih taat dan bertaqwa, amin.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More