Riki Chandra | MataMata.com
Lim Hariyanto Wijaya Sarwono. [Dok.Istimewa]

Matamata.com - Lim Hariyanto Wijaya Sarwono merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes akhir 2023. Menariknya, Lim Hariyanto juga konglomerat tertua yang usianya hampir 100 tahun.

Mayoritas, orang terkaya di Indonesia berumur 60 hingga 80 tahun. Namun, Lim Hariyanto Wijaya Sarwono justru berusia 95 tahun. Artinya, 5 tahun lagi, Lim yang masuk 10 besar orang kaya di Indonesia pada 2023 ini, akan berumur 100 tahun.

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono menduduki posisi ke-9 orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya mencapai US$ 4,6 miliar yang setara Rp 71,8 triliun.

Sumber kekayaan Lim berasal dari perusahaan produsen minyak sawit Singapura, yaitu Bumitama Agri. Meski perusahaan miliknya itu terdaftar di Singapura, perkebunannya berada di Indonesia.

Grup Harita milik keluarga Lim juga memiliki mayoritas perusahaan pertambangan bauksit yang terdaftar, yaitu Cita Mineral Investindo.

Bisnis keluarga Lim berawal dari ayah Lim yang beremigrasi dari China ke Indonesia pada tahun 1915. Saat sampai di Indonesia, ayah Lim membuka toko kelontong.

Dari informasi berbagai sumber, Lim Hariyanto tercatat memiliki 7 anak, di mana 2 anaknya menjadi pemegang peran paling penting di beberapa perusahaan miliknya.

Anak laki-laki dari Lim Hariyanto merupakan ketua dan CEO Bumitama Agri. Anak perempuannya, Christina, merupakan presiden komisaris dari Harita Kencana Securitas. Saat ini, keluarga Lim merupakan salah satu keluarga terkaya di Indonesia.

Load More