Baktora | MataMata.com
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. (Twitter/@Rocky___2023)

Matamata.com - Debat cawapres yang dihelat pada Jumat (22/12/2023) masih terus dibahas saat ini. Selain kerepotannya capres nomor urut 1 saat menjawab pertanyaan-pertanyaan, penggunaan mikrofon yang sampai tiga mik tersebut menjadi perdebatan.

Apalagi tiga mik tersebut digunakan cawapres nomor urut 2 yang dituding ada tim yang membantu membisiki Gibran Rakabuming Raka selama debat berlangsung.

Hal itu pun dibahas Roy Suryo, pengamat telematika yang menunjukkan gambar bahwa Gibran sampai menggunakan tiga mik sekaligus.

Sebenarnya, penggunaan mikrofon tersebut juga sama-sama digunakan oleh dua kandidat cawapres lainnya. Namun memang dari tiga mik ada kandidat yang tidak menggunakan seluruhnya.

Bahkan Gibran dituding menyimpan sebuah alat di belakang punggungnya, yang lagi-lagi dianggap sebagai penerima atau receiver dari tim pemenangnya.

Terkait penggunaan mikrofon tersebut, salah satu capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku saat debat capres pertama, setiap kandidat mendapat tiga mikrofon yang sama.

"Memang ada tiga, semua dapat jatah yang sama. Jadi ada yang menempel di telinga, ada yang dijepit [clip on] di baju, lalu ada yang digenggam," ujar dia Senin (25/12/2023).

Menurut Ganjar tiga mikrofon tersebut bisa jadi sengaja disiapkan, ketika salah satu mikrofon tak mengalami ganggua, mik lainnya bisa menjadi cadangan.

Load More