Riki Chandra | MataMata.com
Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne mengundurkan diri dari jabatannya. [Dok.Antara]

Matamata.com - Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne mengundurkan diri dari jabatannya. Kabar itu disampaikan langsung oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron lewat unggahannya di media sosial X (Twitter).

Mengutip Antara, Selasa (9/1/2024), Macron menerima pengunduran diri Elisabeth Borne dan menyampaikan terima kasih atas dedikasi dan tekadnya selama menjadi bagian dari pemerintahan.

Menurut Istana Elysee, Bourne beserta anggota kabinet lainnya akan tetap menjalankan tugas sampai suatu pemerintahan yang baru terbentuk.

Baca Juga:
Ivan Gunawan Hengkang Dari Brownis, Ekspresi Syok Ayu Ting Ting Jadi Sorotan

Sebagai informasi, Elisabeth Borne diangkat menjadi PM Prancis pada Mei 2022 menggantikan Jean Castex yang juga mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Borne merupakan perdana menteri perempuan kedua dalam sejarah Prancis.

Sebelum dipercaya sebagai perdana menteri, Borne menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja di kabinet Macron.

Beberapa nama disebut potensial menggantikan posisi Borne. Misalnya Menteri Pendidikan Gabriel Attal yang masih berusia 34 tahun dan Menteri Pertahanan Sebastien Lecornu yang berusia 37 tahun. Jika terpilih, keduanya akan menjadi perdana menteri termuda di Prancis.

Baca Juga:
Sempat Kenakan Cadar, Outfit BCL saat Kunjungi Al Ula Dihujat Habis-habisan: Mau Umrah Apa Cuma Foto-foto?

Menteri Keuangan Bruno Le Maire dan mantan Menteri Pertanian Julien Denormandie juga masuk dalam daftar potensial.

Meski begitu, belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi Borne. Saat pengunduran diri diumumkan, Kantor Kepresidenan Prancis belum menyebutkan nama penggantinya.

Baca Juga:
Prabowo Subianto Lagi-lagi Sebut Kata Tak Pantas Sindir Salah Satu Capres, Auto Dirujak Netizen

Load More