Riki Chandra | MataMata.com
Ilustrasi Pemilu. [Dok.Istimewa]

Matamata.com - Seorang Warga Negara Asing (WNA) tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kelurahan Salahuddin, Kota Ternate, Maluku Utara, Provinsi Maluku. WNA itu bernama Andrei Amarif (35) yang berasal dari Rumania.

"Keberadaan WNA tersebut diketahui setelah Kantor Imigrasi Kelas I Ternate, melaporkan ke pihak kelurahan. Kami tahu setelah pihak Kantor Imigrasi Kelas I Ternate, datang dan melaporkan, setelah dicek ternyata yang bersangkutan masuk di DPT di wilayah kami di RT/RW 02/03," kata Lurah Salahuddin, Ari Kaimudin, Rabu (17/1/2024).

Warga Asing itu berjenis kelamin laki-laki. Ia menikah dengan seorang wanira di Kota Ternate. Sejak 2014 silam, ia menetap di kompleks Tabahawa, Kelurahan Salahuddin.

"Berdasarkan informasi dari Kantor Imigrasi Kelas I Ternate, WNA asal Rumania itu yang tinggal di Kelurahan Salahuddin dengan status izin tinggal tetap," ujarnya.

Ari Kaimudin mengaku tidak mengetahui ada WNA yang tinggal di Kelurahan Salahuddin. Dia mengira semua warga yang masuk dalam DPT di wilayah itu semuanya adalah Warga Negara Indonesia (WNI), apalagi semuanya tercatat dalam Kartu Keluarga (KK).

Atas temuan itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak penyelenggara Pemilu mengenai temuan yang bersangkutan masuk DPT. "Sesuai ketentuan setiap WNA tidak boleh ikut dalam Pemilu di Indonesia," katanya, dikutip dari Antara.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan mengatakan, berdasarkan laporan tersebut, pihaknya melakukan koordinasi dengan KPU setempat.

"Poinnya adalah, karena penetapan DPT itu sudah ditetapkan maka orang asing sebagaimana dimaksud dalam pemberitaan itu ditandai khusus sebagai bentuk antisipasi dari kerawanan Pemilu," kata Kifli.

Load More