Baktora | MataMata.com
Muhammad Hatta, Wakil Presiden ke-1 saat bertugas. (YouTube/Kejar Cita)

Matamata.com - Sosok Wakil Presiden pertama, Muhammad Hatta dikenal sebagai pribadi yang disiplin dan adil dalam kehidupannya. Menjadi Wapres pertama di Indonesia bisa dibilang kinerjannya cukup baik bersama Presiden Soekarno saat itu.

Sosok almarhum yang akrab disaba Bung Hatta ini memiliki perjalanan hidup yang inspiratif sebagai pejabat negara. Dikenal adil, antara urusan negara dan pribadi selalu ia utamakan.

Hal itu diungkapkan salah satu anak Bung Hatta, Mutia Hatta saat diwawancarai oleh Najwa Shihab di kanal YouTube Mata Najwa pada 2021 lalu. Kelihaian membedakan urusan negara dan pribadi terlihat sejak kecil.

Hal itu menjadi kebiasaan termasuk memisahkan kendaraan pribadi dengan kendaraan dinas kendaraan ketika beliau bertugas. Bung Hatta hanya mengizinkan istrinya untuk menaiki kendaraan dinas ketika sebagai istri wakil presiden.

"Kalau ibu boleh ikut karena istri wakil presiden, tapi anak-anaknya dilarang ikut," ujar dia dikutip, Kamis (25/1/2024).

Meski begitu ia sudah menyiapkan kendaraan pribadi yang bisa ditumpangi anak-anaknya ketika harus berpergian bersama dalam tugas negara.

Tidak hanya tegas dan disiplin menggunakan fasilitas negara. Memiliki jabatan penting di pemerintahan pun enggan ia gunakan semena-mena. Termasuk hal remeh temeh sekalipun.

"Tante saya pernah meminta bantuan agar bisa mendapatkan telepon di rumahnya. Tapi beliau mengatakan hubungi saja ke Telkom sendiri," terang Mutiara sambil mengenang masa-masa tersebut.

Load More