Baktora | MataMata.com
Potret Mobil Presiden Jokowi yang disebut bocor saat perjalanan di Jawa Tengah. (Twitter/@David_Wijaya03)

Matamata.com - Bocornya ban mobil presiden yang ramai dibahas di media sosial akhirnya terkuak. Nyatanya mobil jenis Marcedes-Benz S600 Guard keluaran 2008 itu tidak bocor sepertinya yang viral.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menegaskan bahwa ban mobil Presiden Joko Widodo tidak mengalami kerusakan atau kebocoran selama kunjungan kerja di Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

"Saya telah memverifikasi dengan Setpres dan Setmil bahwa peristiwa yang terlihat dalam video bukanlah proses penggantian ban mobil Kepresidenan yang disebutkan mengalami kebocoran," ujar dia dikutip Kamis (25/1/2024).

Ari menjelaskan bahwa yang sebenarnya yang terjadi adalah anggota Paspampres tengah melakukan kegiatan pengemasan kaos ke dalam mobil melalui pintu sopir, dengan posisi berjongkok, karena Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat itu berada di dalam mobil.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo sedang turun dari kendaraan untuk berjalan kaki bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengukur lebar jalan sepanjang rute Sragen (Gemolong)-Grobogan-Blora.

Sebelumnya, video Presiden berjalan kaki selama kunjungan kerja di Jawa Tengah menjadi viral di media sosial. Video amatir menunjukkan mobil Presiden berhenti di pinggir jalan dengan anggota Paspampres berjongkok di sebelah ban kendaraan.

Meskipun videonya bernarasi dugaan kebocoran ban mobil Presiden, jika dilihat lebih teliti menunjukkan bahwa anggota Paspampres sedang melakukan loading atau pengemasan kaos, yang akan dibagikan kepada masyarakat, sementara Presiden meninjau jalan di daerah tersebut.

Load More