Rendy Adrikni Sadikin | MataMata.com
Via Vallen (Instagram)

Matamata.com - Mengagumkan. Ungkapan ini mungkin pantas ditujukan untuk penampilan Via Vallen di acara Indonesia Choice Awards 2018.

Ya, malam itu, acara yang digelar Net TV tersebut memang menyuguhkan jajaran penampil yang sangat mumpuni, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dari luar negeri, sebut saja, acara tersebut menampilkan penyanyi R & B asal Inggris, Craig David dan penyanyi pop remaja, Hailee Steinfeld.

Sementara, dari dalam negeri turut hadir pula, penyanyi Isyana Sarasvati, Raisa, band Sheila on 7, Tulus, Glenn Fredly dan trio GAC.

Namun, dari sekian banyak bintang yang bertaburan, bintang yang paling terang jatuh untuk Via Vallen.

Bisa dibilang, malam itu, penampilan Via Vallen tergolong unik. Maklum, stasiun televisi Net TV jarang menampilkan penyanyi dangdut.

Tentunya, hal ini berbeda jika dibandingkan beberapa stasiun televisi yang bahkan me-running acara dangdut dari sore hingga dini hari.

Tapi, Net TV tidak seperti itu. Karena itu pula, penampilan Via Vallen di acara malam itu cukup mengejutkan sejumlah pemirsa.

Tampil elegan

Suara gendang bersahut-sahutan dari atas panggung, seiring dengan gemuruh tepuk tangan dari para penonton yang hadir malam itu.

Sejumlah penari tampak memenuhi panggung, bukan berpakaian glamor, melainkan elegan dengan setelan kemeja, dasi serta jas berwarna hitam.

Ini tentunya beda dengan kesan kostum dangdut yang seksi, glamor dan gemerlapan.

Ketika musik berhenti sejenak, lampu sorot membidik sosok sentral dari penampil saat itu: Via Vallen, yang keluar dari belakang tengah panggung.

Via Vallen tampil berbeda. Busana ala penyanyi dangdut ditanggalkan, dia mengenakan setelah kemeja dengan rambut panjangnya yang tergerai.

Make-up yang menghiasi wajahnya pun tidak menor, tampilannya simpel dan tipis.

Via Vallen tampil tomboy, namun hal itu tidak melunturkan kecantikan parasnya.

Dia menyanyi lagu 'Sayang', yang melambungkan namanya di kancah musik dangdut dan videonya di Youtube tembus 148 juta lebih penonton.

Seluruh penonton, baik dari kalangan artis, musisi, maupun publik, ikut bernyanyi.

Tampak, Vincent Rompies dan Desta, host Net TV, membuka jas dan memutar-mutarkannya di atas kepala. Mereka sangat antusias.

Antusiasme pun terlihat dari wajah beberapa artis yang tersorot kamera. Mereka begitu menikmati aransemen baru dan berbeda dari lagu 'Sayang' tersebut.

Penampilan itu belum seberapa, dan makin panas ketika Boy William muncul untuk mengambil bagian rap dari lagu 'Sayang.

Berikut videonya:

Video penampilan Via Vallen di Indonesia Choice Awards 2018 yang diunggah oleh channel Youtube, Netmediatama tersebut, menuai respons mengejutkan.

Video tersebut sempat menjadi trending di Youtube dan ditonton 190 ribu kali sejak diunggah 6 jam lalu.

Bahkan, di jejaring sosial Twitter, nama Via Vallen sempat menjadi trending topic gara-gara penampilannya di Indonesia Choice Awards 2018.

Menuai pujian

Penampilan Via Vallen menuai pujian dari publik, terutama netizen, malam itu

Salah satunya netizen pengguna akun @rismaadista yang mengaku penasaran dengan kemasan dangdut Via Vallen di Indonesia Choice Awards 2018.

Bahkan, netizen itu terang-terangan mengaku tidak tertarik dengan penampilan Hailee Steinfeld, yang notabene merupakan bintang utama malam itu.

Netizen itu berkomentar sembari me-mention akun Twitter milik bos Net TV Wishnutama, @wishnutama.

"Nonton net 5.0 gak tertarik sama Hailee-nya. Tp penasaran pgn liat dangdut nya VIA VALLEN dikemas gimana sama bos @wishnutama andddddd he did it !!! @netmediatama gak pernah bikin kecewaaaaaaaa," cuit akun @rismaadista.

Siap sangka, cuitan netizen tersebut dibalas komentar oleh Wishnutama melalui akun Twitter miliknya.

"Alhamdulillah kalau suka penampilan @ViaVallen01 tadi malam di #IndonesianChoiceAwards @netmediatama Terima kasih," cuit akun @wishnutama.

Sementara, Wishnutama sendiri melontarkan pujian khusus terhadap penampilan Via Vallen di acara Indonesia Choice Awards 2018 malam itu.

Dari sekian banyak penampil, Via Vallen dan Boy William mendapat apresiasi khusus dari Wishnutama sepetri dilontarkan di akun Instagram-nya, @wishnutama.

"Penampilan @viavallen featuring @boywilliam17 music by @rsteven choreography by @z.lexiva @onframe_ dancer dan gendang bang Juned tadi malam di #indonesianchoiceawards 5.0 sangat luar biasa. Terima kasih Via & Boy yg sudah menyempatkan tampil diacara ini dan semoga senang dengan kemasan, aransemen musik, koreo, dan tata panggung dari kami tim @netmediatama persiapkan Photo by @christmessakh," tulis akun @wishnutama.

Penampilan Via Vallen yang dikemas oleh Net TV juga memantik pujian dari penyanyi Anji Manji yang dituliskan di kolom komentar postingan @wishnutama.

Anji menilai kemasan penampilan Via Vallen dan Boy William secara keseluruhan luar biasa.

Bahkan, Anji menyarankan Wishnutama untuk membuat program dangdut ala Net dengan kemasan yang tidak norak.

"Kemasan secara keseluruhannya luar biasa, Mas. Kayaknya oke kalau bikin program dangdut tapi dengan kemasan ala NET. Supaya paradigma 'norak' yang disematkan ke musik dangdut bisa berubah," tulis Anji lewat akunnya @duniamanji.

Kilas Balik Karier Via Vallen

Nama Via Vallen kini sedang meroket di dunia hiburan. Pedangdut asal Siodarjo Jawa Timur ini seolah memberi angin segar di tengah kancah musik tanah air karena dinilai mampu membawakan lagu dangdut dengan gaya kekinian khas anak muda zaman sekarang.

Di balik kesuksesan Via sebagai penyanyi dangdut, rupanya terselip kisah kegagalan yang cukup menggelitik.

Dalam sebuah kesempatan usai manggung bersama Kevin di Final Indonesia Idol pada Senin (23/4/2018) kemarin, Via membocorkan informasi jika dirinya pernah gagal saat akan ikut audisi Indonesian Idol.

Tidak tanggung-tanggung, Via gagal dua kali dalam ajang pencarian bakat tersebut.

"Aku sebenarnya sudah pernah ikut audisi, dua kali malah. Yang pertama waktu mau ketemu juri, aku pas banget mau ujian (UN) karena dulu aku ikut pas kelas 3 SMA," ujarnya seperti yang dilansir dari Suara.com.

Via tumbuh besar di lingkungan yang kental dengan dangdut koplo ini mendapat dukungan penuh dari orangtuanya untuk membangun karier sebagai penyanyi dangdut.

Ayahnya adalah seorang pemain orkes dangdut koplo, hal ini yang membuat Via menyukai musik dangdut sejak kecil.

Berawal menyanyi dari panggung ke panggung, Via berkembang dengan cepat karena lagu-lagu yang dibawakannya terdengar tidak membosankan dan easy listening.

Kariernya melesat tajam berkat lagu berjudul ‘Sayang’ yang dibawakannya.

Penyanyi dangdut yang bernama lengkap Maulida Oktavia ini juga tidak menampik jika selama ia merintis karier dari bawah hingga sekarang, aksi saling ‘jegal’ kerap terjadi.

Menurutnya, hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa.

Dalam kesempatan yang sama, Via juga mengakui jika dirinya mendapat bayaran Rp20 ribu saat awal-awal manggung dari kampung ke kampung.

Kini, seiring dengan tingginya jam terbang, bayaran yang diterima Via pun bertambah, bahkan mencapai angka puluhan juta rupiah.

Pada tahun 2017 Via memenangkan penghargaan sebagai penyanyi dangdut solo wanita terpopuler dalam ajang Indonesian Dangdut Awards. Tidak tanggung-tanggung, Via berhasil mengalahkan Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik.

Dalam sebuah wawancaranya dengan awak media, Via mengatakan jika penghargaan tersebut bukanlah titik puncak kariernya, melainkan sebagai pintu pembuka jalan untuk berkarier.

Load More