Rendy Adrikni Sadikin | MataMata.com
Rina Nose (Instagram/@rinanose16)

Matamata.com - Video 'bersin' presenter sekaligus komedian Rina Nose terus menuai sorotan dari para pengguna media sosial, terutama jejaring sosial Instagram.

Dalam rekaman video yang diunggah di akun Instagram @rinanose16 tersebut, Rina Nose terlihat bersin dan langsung menyinden.

"Berdasarkan penelitian, ada macam-macam gaya bersin para musisi berdasarkan gendre musicnya," tulis Rina Nose melalui akun @rinanose16.

Siapa sangka, video bersin tersebut, meski cuma main-main, ternyata dianggap serius oleh sejumlah pengguna Instagram alias netizen.

Bahkan ada beberapa netizen yang menasehati agar tidak bermain-main dengan bersin, meski ada pula netizen yang menyadari candaan Rina Nose itu.

Ujung-ujungnya, Rina Nose pun turun tangan sendiri membalas komentar para netizen yang dinilai memojokkan dirinya tersebut.

Berikut aksi saling balas komentar netizen dan Rina Nose:

"Parah bersin dimain-mainin. Harusnya ucap syukur.
Mentang-mentang artis main-main semua yang sudah dianugerahin Allah," tulis netizen dengan akun @iis_alnurahsim.

Jangan terlalu pemarah dan mudah tersinggung mbak," jawab Rina Nose di kolom komentar.

"Gimana ada yang suka, gayanya aja seperti itu. Bikin ilfeel cowok-cowok," ujar akun @chintya_m.

"Sengaja bikin ilfeel, lelah terlalu banyak yang suka," balas Rina Nose.

"Teh, bersin itu nikmat Allah. Jadi kalau bersin ucapkan 'alhamdulillah' .. Klo nguap itu dari setan maka ucapkan audhubillah himinosyaitonirojim" tulis pemilik akun @thedestroythunder_f4.

"Iya, silahkan. Kalau ada orang yang bersin sungguhan begini, saya kasih tropi," timpal Rina Nose.

Selang beberapa hari kemudian, Rina Nose pun mengunggah kembali video bersinnya, namun kali ini dengan tulisan panjang sebagai bentuk klarifikasi.

Rina Nose, dalam tulisan tersebut, menegaskan kembali bahwa bersin yang dilakukannya hanya sebatas candaan, bukan sebenarnya.

Dalam tulisan itu, Rina Nose memohon kepada pengikutnya di Instagram atau netizen lain untuk membaca caption sebelum berkomentar.

Pun Rina Nose menjelaskan perihal bersin dan definisinya agar tidak terjadi mispersepsi di masyarakat.

Berikut tulisan panjang dalam unggahan Rina Nose:

MOHON BACA CAPTION DULU SEBELUM KOMENTAR TENTANG “BERSIN” NYA YAH! MOHOOOONNNN BANGEEETTTTT

Bersin adalah bentuk refleks yang dikeluarkan oleh tubuh ketika ada sesuatu yang masuk melalui hidung, seperti debu, atau mungkin harumnya sambel goreng atau goreng ikan asin dan benda2 asing lainnya.

Menurut penelitian di Library of Congress, saat
kita bersin, pacu jantung kita mengalami perubahan, atau melambat. Sesaat setelah bersin, tubuh akan kembali normal. Reaksi kita ketika bersin biasanya akan terdiam beberapa saat, merasakan mata berair atau menarik cairan yang keluar dari hidung, atau dalam bahasa inggris disebut “ngingsreuk”.

Dalam video ini, saya tidak sedang mengalami satupun reaksi tubuh yg disebutkan diatas. Ya! Jelas! Sebab dalam video ini saya hanya berpura2 bersin, bukan bersin sungguhan. Sebab kalo bersin sungguhan kita akan mengalami tekanan pernafasan. Rasanya tidak mungkin akan langsung terpikir untuk melanjutkannya dengan sebuah nyanyian apalagi menggunakan nafas yang teratur dan gaya yang berbeda2 detik itu juga.

Kemudian jika anda cermati, dalam video ini JELAS tidak ada unsur kekerasan, tidak ada unsur pornografi, tidak ada ujaran kebencian, tidak ada sikap provokatif, tidak ada hinaan, tidak ada tindakan tak bermoral, tidak membahayakan makhluk hidup, tidak ada unsur sara, bahkan tidak ada unsur edukasinya dan bahkan juga tidak lucu samasekali! Karena ini adalah skill aseeekk..

Bagi yang merasa tidak nyaman, marah atau tersinggung dengan video ini, saya ingin mengucapkan mohon maaf lahir dan batin juga ingin mengucapkan “rileks saay... ini cuma ekting, seperti halnya orang ekting bersin untuk iklan obat flu, atau ekting batuk untuk iklan obat panu.”

Bagi yang muslim ucapkan “alhamdulillah” ketika bersin sebagai ungkapan rasa syukur. Bagi yang berkeyakinan lain, silahkan bersyukur dengan cara masing-masing.

Selamat menikmati, dan “Salam Bersin”!

Meski sudah dijelaskan panjang lebar, masih saja ada netizen yang menyalahartikan dan mengkritik Rina Nose melalui kolom komentar.

Lagi-lagi terjadi perang komentar antara Rina Nose dan para netizen tersebut.

"Mba @rinanose16 kalau memang diberi masukan yang baik dan sudah ada ketetapan-Nya diterima saja. Tidak perlu membalas apapun, karena itu sudah ketetapan-Nya dan itu baik. Mungkin kalau memang kasar, bahasanya tidak perlu digubris, anggap saja itu cara dia memberi masukan," tulis akun @djatia***.

Lalu komentar tersebut dibalas oleh Rina Nose.

"Kalo mau nasehatin yang baik-baik, berarti jalan pikirannya juga baik kan? Nah kalo pikirannya baik, pasti tahu kalo saya bersin benaran ga mungkin sempet-sempetnya divideoin, dan saat bersin beneran pasti kita diam beberapa detik ga mungkin kepikiran langsung nyanyi dengan nafas teratur. Makanya saya bilang ini bukan bersin beneran, tapi ini skill. Tinggal mikir logis aja sih. Saya ga keberatan dengan nasehat baik dan ilmunya, cuma momenya gak tepat jadi seolah mengada-ada dan memang mencari kesalahan saja untuk bisa nasehatin. Kaya orang maling mangga satu buah, lalu dihukum mati, terlalu berlebihan," tulis Rina Nose.

Ada pula netizen lain yang menceramahi Rina Nose melalui kolom komentar, seperti netizen pengguna akun @drl.gie***.

"Disadari oleh banyak orang, bahkan orang-orang ternama tapi masih kurang tahu bersin. Bersin itu wujud anugerah yang luar biasa, jangan buat candaan. Orang yang masih bisa bersin, tandanya masih waras. Kalo tidak percaya, silakan buktikan ke orang-orang gila. Kamu gelitk seberapapun, gelitikan tak akan bisa bersin, karena saraf sudah tidak bekerja. Sadarilah hal-hal sepele, tapi butuh ilmu luar biasa. Bisa bersin wajib disyukuri, maka bacaannya hamdalah, bukan malah bukan candaan atau lelucon," tulis akun @drl.gie***.

Rina Nose hanya menjawabnya dengan komentar yang sangat singkat, "Baca caption dulu baru komentar."

Kemudian, seorang pengguna akun @bugistavian menuliskan bahwa Rina Nose tidak usah menjadi artis, jika tidak ingin dikomentari.

"Kalau gak mau di komentarin jangan jadi artis, biar tenang hidup. Jadi artis yang guna dikit kek, jangan kerjaannya cari sensasi bikin video begini ini itu. Bagus kemarin komentarnya di tutup. Publik figur kasih contoh yang bagus kalau gak mau di benci sama netizen," tulis akun @bugistavia.

Komentar tersebut langsung ditimpali oleh Rina Nose.

"Yang namanya “komentar” itu tidak melulu utk artis. Yang bukan artis pun banyak dikomentarin. Sebab istilah “Komentarin orang lain” itu udah jadi kebiasaan orang kita. (Perhatikan saja sekeliling anda, atau mungkin anda sendiri pelakunya) Bahkan kita sudah tidak lagi memikirkan bagaimana dampak komentar kita terhadap mental orang lain," tulis Rina Nose.

Tak puas dengan jawaban Rina Nose, akun tersebut kembali memberikan komentar lain.

"Memang bukan melulu untuk komentar artis, tapi itulah resikonya jadi artis. Tanpa sadar, saking kurang kerjaannya Anda, Anda bis balas satu persatu komentar netizen di kolom komentar Anda, saking tidak kuatnya Anda menerima komentar yang padahal untuk kebaikan Anda sendiri. Sadari peran Anda sebagai publik figur. Sudahlah cukup ajaran-ajaran yang kurang bagus untuk generasi muda, jangan malah menambah ajaran-ajaran kurang bagus dari video-video Anda. Kalau memang ingin membuat orang tertawa, cari cara lain yang lebih berbobot," tulis akun @bugistavia.

Load More