Rendy Adrikni Sadikin | MataMata.com
Richard Muljadi. (Instagram/@richardmuljadi)

Matamata.com - Sosok ML memang bikin pusing. Bukan cuma dibilang memasok narkoba untuk cucu konglomerat Richard Muljadi. Sosok ini juga bikin sejumlah selebriti yang berinisial itu ikut kena getahnya.

Inisial ML datang dari polisi. Polisi menyebut telah mengantongi identitas dan keberadaan ML. Adapun ML merupakan sosok yang diduga memberikan serbuk kokain kepada cucu taipan Kartini Muljadi tersebut.

''Kita udah tahu siapa yang bersangkutan (ML) dan di mana. Tapi ini kan lidik, sangat menentukan ke depannya. Jadi kita baru pegang data A dan B, tapi enggak ada bukti lain, kita enggak bisa lanjut. Tapi kita sudah tahu," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan seperti dikutip dari Suara.com, Jumat (31/8/2018).

Baca Juga:
7 Seleb Ini Berasal dari Keluarga Musisi, Seru Banget

Berdasarkan informasi, serbuk kokain tersebut sengaja diberikan ML sebagai kado karena Richard Muljadi akan segera menikah. Serbuk narkoba kelas wahid itu diberikan ML melalui orang suruhannya.

Richard Muljadi. (Instagram/Wristbuster)

Sejauh ini, polisi juga belum bisa menyimpulkan apakah ada keterlibatan pihak lain selain ML terkait barang bukti kokain yang dikonsumsi Richard Muljadi. Suwondo berharap apabila polisi bisa menangkap ML, polisi turut mengungkap jaringan kasus narkoba kepada Richard Muljadi termasuk sosok kurir yang diperintahkan ML untuk memberikan kokain ke Richard Muljadi.

''Nanti dari ML kan yang ada data kan dia. Kalau nggak ada data kita mau kejar siapa,'' kata dia.

Baca Juga:
Geregetan, Begini Tampang Prilly Latuconsina Cuma Pakai Daster!

Meski sudah mengantongi identitas sosok ML, Suwondo enggan menjelaskan latarbelakang dari pemasok kokain ke Richard yang kini masih buron.

''Masak saya kasih tahu, saya mau tangkap,'' katanya.

Tapi, atas nama pengembangan, keberadaan ML pun dirahasiakan. Hingga kini, ML masih buron. Nah, gara-gara tidak dibeberkan ini, muncul spekulasi ML itu merupakan sosok artis. Sejumlah artis dengan inisial tersebut terseret.

Baca Juga:
Ashanty Jajal Makeup Tebal, Ternyata Begini Hasilnya

Bantahan Mike Lewis

Sosok artis sekaligus presenter Malaysia yang ngetop di Indonesia, Mike Lewis, merupakan pesohor yang kali pertama dituding sebagai sosok ML tersebut. Tapi, sang manajer menampiknya.

''Saya kontak person Mike Lewis. Tapi, (ML) itu bukan Mike Lewis, bukan. Sudah ya Mas,'' kata Litha Maliky, manajer Mike Lewis, singkat ketika dihubungi oleh Suara.com, Jumat (24/8/2018).

Baca Juga:
Kabar Rangga Raditya, Pemeran Utama King Bareng Jonatan Christie

Bukan cuma itu, Litha, sang manajer juga kebingungan. Dia merasa heran dengan asal muasal kabar burung bahwa ML merupakan inisial dari Mike Lewis.

Mike Lewis. (Instagram)

''Ha? Kapan itu infonya? Kenapa bisa disangkutin sama Mike ya?'' ujar Litha saat dihubungi Suara.com melalui sambungan telepon di hari yang sama.

Bahkan, Litha mengimbuhkan, Mike Lewis tidak pernah kenal dengan sosok Richard Muljadi. Teman Mike Lewis memang banyak, tapi bukan Richard Muljadi.

''Mike kenal banyak orang, tapi dia enggak temenan sama Richard ya,'' sambungnya lagi.

Tepisan Mario Lawalata

Habis Mike Lewis, terbitlah pesohor Mario Lawalata. Sosok adik dari desainer Oscar Lawalata tersebut disebut-sebut sebagai sosok ML yang diduga memasok kokain ke Richard Muljadi.

Lagi-lagi, manajer pasang badan. Andri, manajer Oscar Lawalata, menampik tudingan terhadap kliennya tersebut.

''Hah? Nggak, bukan, salah info itu,'' bantah Andri, saat dihubungi Suara.com melalui sambungan telepon, Jumat (31/8/2018).

Mario Lawalata. (Suara.com)

Bahkan, Andri mengaku baru mendengar Mario Lawalata dikaitkan dengan kasus Richard Muljadi. Dia menjamin artisnya itu bebas dari narkoba.

''Kalau kayak gitu ketawain aja. Lagian itu info dari mana sih. Baru dengar saya,'' sambung Andri.

Terlepas dari itu, Andri menekankan Mario Lawalata sama sekali tidak mengenal Richard Muljadi. Ia berseloroh mereka berdua beda pergaulan.

''Nggak kenal. Beda lagian juga pergaulannya,'' tutur Andri.

Apa kata pengacara Richard Muljadi?

Pengacara Richard Muljadi, Hotma Sitompul menyangkal sosok ML yang berperan sebagai pemasok kokain kenal dekat dengan kliennya. Hotma menyebut, Richard hanya sekadar mengenal dengan ML.

''Saya enggak tahu. Pokoknya yang dia (Richard Muljadi) peroleh (kokain), dia enggak kenal. Mungkin tahu namanya apa gimana, cuma itu aja. Identitasnya enggak tahu,'' kata Hotma di Polda Metro Jaya, Rabu (29/8/2018), sepert dikutip dari Suara.com.

Menurut dia, penyuplai narkoba umumnya tak pernah sembarangan membeberkan jati dirinya. Termasuk saat menyuplai narkoba kepada targetnya.

''Secara umum untuk sesuatu barang terlarang kalau kita peroleh biasanya orang itu terdeteksi identitasnya. Misalnya saya mau punya pistol, saya pingin pistol. Saya lagi berdiri di Blok M, ada orang bilang pak mau pistol gak? Siapa kamu?, bapak enggak usah tahu saya siapa. Ini ada pistol. Ya boleh deh saya beli,'' katanya.

Dia pun mengaku belum bisa mendapatkan keterangan apakah Richard Muljadi mendapatkan kokain itu secara cuma-cuma atau membeli dari ML. Dia juga belum bisa memastikan jika kokain itu bentuk hadiah dari ML karena Richard hendak melangsungkan pernikahan pada September 2018 nanti.

''Saya belum dalam begitu. Pokoknya dia dapatnya dari tempat (orang) yang dia sendiri tidak terlalu kenal orang itu (ML),'' katanya.

Keterangan pengacara Richard Muljadi perihal sosok ML berbeda dengan pernyataan polisi. Di mana polisi mengklaim telah mengantongi identitas pemasok kokain itu melalui pemeriksaan Richard.

Menurut polisi, cucu konglomerat Kartini Muljadi itu membeberkan sosok ML setelah beberapa kali menjalani pemeriksaan.

''Setelah dia (Richard Muljadi) beberapa hari mungkin pengaruh dari pada kokainnya sudah hilang, akhirnya sudah diperiksa lagi dan sudah ada nama yang diberikan,'' kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan.

Nah, kalau sudah begini, lebih baik kita menunggu kelanjutan kasus Richard Muljadi dan terkuaknya sosok ML yang menjadi bola liar itu.

(Agung Sandy Lesmana/Fajarina Nurin/Sumarni)

Load More