Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Rudy Wowor. (Facebook)

Matamata.com - Dunia hiburan kembali berduka karena harus kehilangan sosok aktor senior, Rudy Wowor, Jumat (5/10/2018).

''Sudah berpulang Rudy Wowor (74 tahun) pagi ini 5 Oktober 2018. Rumah duka (Michael Wowor): Perumahan Pesona Khayangan blok DC no 3. Jl. Margonda Raya, Depok,'' pesan yang beredar di kalangan wartawan, seperti diberitakan Suara.com.

Sebelum meninggal dunia, Rudy Wowor memang sudah pensiun dari dunia hiburan. Awal 2017 pun ia sudah dikabarkan sakit.

Baca Juga:
Aktor Senior Rudy Wowor Tutup Usia

Waktu itu, putranya, Micheal Wowor mengunggah foto sang ayah yang terbaring lemas. Foto itu kemudian viral dan diserbu netizen mendoakan karena merasa prihatin dengan kondisi aktor kelahiran Amsterdam, Belanda itu.

Foto Rudy Wowor sakit yang pernah viral di media sosial. (Facebook/Michael Wowor)

Terlepas dari kabar duka ini, MataMata.com ingin mengajak kamu buat mengenang kiprah Rudy Wowor di dunia hiburan, termasuk prestasi-prestasinya selain jadi aktor. Berikut rangkumannya dari berbagai sumber.

1. Dikenal sebagai aktor antagonis

Baca Juga:
Blak - blakan Tatjana Saphira, Ungkap Kepribadian Park Seo Joon

Mendengar nama Rudy Wowor atau kalau yang tak kenal namanya tapi paham wajahnya, mereka akan langsung terbayang karakter jahat pada sosoknya.

Ini karena wajah Rudy Wowor yang terlihat sangar dan jahat membuatnya sering mendapat peran antagonis. Satu lagi yang menarik yakni Rudy selalu memerankan sebagai orang Belanda. Sebut saja film Tjoet Nja' Dhien (1988), Merah Putih (2009) dan Darah Garuda (2010).

Berkat aktingnya di film Tjoet Nja' Dhien, dirinya masuk sebagai nominasi Aktor Pendukung Terbaik FFI 1988.

Baca Juga:
Atta Halilintar dan Lucinta Luna Perang Dingin

Selain tiga film di atas, aktor yang terkenal sejak tahun 1970-an ini sudah membintangi banyak film. Yang terkenal di antaranya: Impian Perawan (1976), Aladin (1980) dan Soerabaia '45 (1990).

Tak hanya film, Rudy Wowor juga membintangi sejumlah judul sinetron semasa hidupnya. Misalnya Pelangi di Hatiku, Kisah di Persimpangan, Menuju SurgaMu hingga Bintang di Langit.

Rudy Wowor (Legacy Film)

2. Penari dan Koreografer

Jago akting sudah pasti, Rudy Wowor juga dikenal sebagai penari dan koreografer profesional. Semua orang mengakui kalau dirinya ini ahli dansa.

Keahliannya ini membuatnya ditunjuk sebagai juri Seleb Dance ANTV pada 2007.

Karya Rudy sebagai kareografer pernah terwujud dalam satu pagelaran teater musikal berjudul Miss Kadaluwarsa pada 27 Mei 2007.

3. Penulis

Rudy Wowor pernah menjadi penulis di majalah mode Elle. Sejumlah harian di Madrid, Spanyol dan Australia juga pernah memuat tulisannya. Ia bisa menghiasi sejumlah surat kabar di beberapa negara karena menguasai 7 bahasa asing.

Sebuah buku biografi perjalanan hidupnya yang ditulis sendiri pernah direncanakan akan diterbitkan. Rudy Wowor suka menulis untuk mengisi waktu luang di tengah-tengah kesibukannya di dunia hiburan.

Load More