Titi Qadarsih. (Instagram/@indraqadarsih)

Matamata.com - Kabar duka tengah menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Artis senior yang berjuluk Ratu Modelling Indonesia, Titi Qadarsih meninggal dunia pada Senin (22/10/2018).

Kabar Titi Qadarsih meninggal dunia disampaikan langsung oleh putranya, yakni Indra Qadarsih. Indra mengungkapkan kabar duka tersebut melalui akun Instagramnya.

''Innalillahi wa innailaihi rooji'uun. Telah berpulang ibunda kami tercinta Titi Qadarsih binti Sardjan. Dalam perjalanan pulang ke rumah beliau di cinangka. Jika ada salah mohon dimaafkan dan jika beliau ada tanggungan yang blm ditunaikan mohon kabari kami, terima kasih. Indra dan keluarga,'' tulis Indra di caption unggahan Instagramnya.

Baca Juga:
SEACA Hasilkan Atlet eSports Kelas Dunia

Titi Qadarsih. (Instagram/@indraqadarsih)

Titi Qadarsih yang meninggal di usia 73 tahun terkenal sebagai artis yang multitalenta. Yuk kita intip sepak terjang sang Ratu Modelling Indonesia ini.

Mari kita simak 5 fakta Titi Qadarsih

1. Masa Kecil dan Pendidikan

Baca Juga:
5 Tahun Menikah, Ruben Onsu dan Sarwendah Ungkap Alami Cek-cok

Titi Qadarsih lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur pada 22 Desember 1945. Ayahnya adalah Mohammad Sardjan, bekas Menteri Pertanian dari Partai Masyumi dalam Kabinet Wilopo.

Dari kecil Titi sudah menunjukkan bakatnya di dunia peragawati. Dia suka berlenggang dan sempat mempelajari balet klasik.

Titi sempat mengenyam pendidikan di bangku kuliah, tapi tidak selesai. Dia tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI) jurusan Bahasa Inggris (1962-1963) dan mahasiswi Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan UI (1963-1964).

Baca Juga:
Pernikahan Anak Mat Solar Jadi Ajang Reuni Pemain Bajaj Bajuri

2. Merambah Seni Peran

Titi Qadarsih juga punya bakat akting. Dunia film dilaluinya lewat peran-peran kecil di film Hantjurnya Petualang (1966) dan Dibalik Tjahaja Gemerlapan (1966). Saat syuting film itu Titi masih berusia 21 tahun.

Ia terjun menggeluti dunia aktris dan kini sudah kurang lebih 19 film yang sudah dibintanginya. Terakhir kali, Titi membintangi film Madre (2013) dan Main Dukun (2014).

Baca Juga:
Usia 73 Tahun, Aktris Senior Titi Qadarsih Meninggal Dunia

3. Jadi Penyanyi dan Peragawati

Titi Qadarsih mengawali karir sebagai anggota grup penyanyi Salanti Bersaudara tahun 1964. Ia dikenal sebagai pengisi suara untuk beberapa film dan pernah berduet dengan penyanyi Gombloh.

Titi juga pernah menjadi primadona pada Sanggar Karya pimpinan Juni Amir yang mengisi acara tarian di Hotel Indonesia. Kemudian, Titi mendirikan Venus Girl Dance Group, lalu menjadi peragawati dan foto model. Titi juga aktif sebagai anggota grup Teater Populer dan Teater Koma.

Sebagai peragawati, Titi memang terkenal dengan penampilannya yang modis. Ia kerap mengikuti perkembangan mode terbaru dengan mengenakan baju hitam, ikat kepala atau hedband, anting, kacamata dan topi.

4. Memiliki Sanggar Senam

Sejak tahun 1974, waktu Titi Qadarsih banyak tersita untuk kegiatan senam. Sanggarnya yang bernama TQ Studio kini memiliki 30 cabang di berbagai kota.

Sampai saat ini, Titi masih dianggap ratu-nya modelling di Indonesia. Ia juga seorang di antara penerima Piala The Lovely Women dari Komite Kelestarian Lingkungan Hidup karena prestasinya memelihara kelestarian Taman Puring, di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Itu adalah tempat di mana sekolah tari dan sanggar senamnya berada.

Luar biasa, kan?

5. Single Parent

Titi Qadarsih pernah menikah dengan pria bernama Yudho Salmun. Dalam sebuah wawancara, Titi pernah menyebut kalau ia dan suami bercerai saat sang putra Indra Qadarsih kelas 3 SMP.

Indra sendiri dikenal publik sebagai mantan keyboardis Slank.

Selamat jalan Titi Qadarsih. Karyamu akan selalu dikenang.

Load More