Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Via Vallen (Suara.com/Ismail)

Matamata.com - ''Kenapa harus saya (SAJA)???'' judul klarifikasi yang pedangdut Via Vallen tuliskan lewat postingan di Instagram pribadinya, @viavallen, Minggu (11/11/2018).

Klafikasi itu ditujukan untuk drummer sekaligus pencipta lagu band punk rock Superman Is Dead (SID), I Gede Ari Astina atau yang lebih dikenal Jerinx SID. Via Vallen mengunggah 10 slide di postingannya itu yang berisi capture unggahan Jerinx, klarifikasinya dan beberapa capture postingan YouTube penyanyi yang mengcover lagu Sunset di Tanah Anarki.

Pedangdut 27 tahun yang dianggap sudah memakai karya tanpa izin ini pun menjelaskan secara detail poin per poin atas tuduhan Jerinx. Bagian pembuka dalam klarifikasi itu, Via Vallen mempertanyakan mengapa hanya dirinya yang disentil. Itu pun yang membuatnya malas berkomentar, hanya saja akhirnya ia angkat bicara agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Baca Juga:
Bocoran Tempat Resepsi Pernikahan Maia Estianty dan Irwan Mussry

Klarifikasi Via Vallen. (Instagram/@viavallen)

Poin pertama, penyanyi kelahiran Surabaya ini meminta maaf kepada Jerinx karena dianggap merusak ruh lagu Sunset di Tanah Anarki. Namun, Via menjelaskan kalau bukan itu maksud dirinya selama ini mengcover lagu tersebut saat off air.

Klarifikasi Via Vallen. (Instagram/@viavallen)

Soal Via Vallen dituduh sudah mengkomersialkan lagu itu untuk kepentingan pribadi, ia menjawab pihaknya tidak melakukan itu. Tuduhan seperti adanya DVD atau VCD baik bajakan atau dirilis dari sebuah label, Via mengaku tak tahu.

Via Vallen pun akan ikut menuntut label tersebut kalau memang ada bukti sudah merilis vcd. Ini karena ia tak pernah merasa diminta menyanyikan lagu Sunset di Tanah Anarki untuk dikomersialkan atau dijual dalam bentuk vcd.

Baca Juga:
Minta Dibilang Mirip Idol Korea, Kaesang Pangarep Bikin Kesel

Klarifikasi Via Vallen. (Instagram/@viavallen)

Selanjutnya Via Vallen mengklarifikasi soal cover lagu hingga mencuri lagu untuk memperkaya diri. Ia membeberkan fakta selama ini saat menyanyikan lagu tersebut dirinya tidak mengklaim kalau itu lagu ciptaannya. Pun ia menekankan kalau belum pernah merasakan satu rupiah uang dari hasil penjualan fisik vcd dari lagu tersebut seperti yang dituduhkan.

Bahkan Video cover lagu tersebut yang diunggah di akun YouTube official-nya pun tak menghasilkan uang serupiah pun.

Klarifikasi Via Vallen. (Instagram/@viavallen)

Tak hanya menjawab tuduhan-tuduhan drummer SID saja. Via Vallen menambahkan satu poin penting yang menurutnya sudah membuatnya kecewa dan tidak mau bertemu langsung dengan Jerinx.

Baca Juga:
Cerita Pilu Lesti Kejora sebelum Sukses

Di tulisan Jerinx saat menyentil Via Vallen ada sebutan kurang senonoh. Pun ia mengembalikan sebutan itu jika diberikan pada orang terdekat Jerinx yang perempuan.

Klarifikasi Via Vallen. (Instagram/@viavallen)

Jerinx sentil Via Vallen

Jerinx SID membuat heboh media sosial karena secara terang-terangan menyinggung nama Via Vallen. Ia memperingatkan pelantun Sayang ini karena telah mengcover lagu Sunset di Tanah Anarki ciptaannya tanpa izin.

Jerinx SID mengungkapkan kekesalannya lewat akun Twitter miliknya. Ia tak terima jika lagu SID Sunset di Tanah Anarki dinyanyikan hanya untuk menghasilkan uang.

''Exactly. But then again, money is not my objective. Anyone can cover it selama dilakukan dengan itikad baik bagi sejarah, sesama dan masa depan bangsa. Jika hanya untuk untuk perkaya diri, the she's no different than a..'' tulisnya.

Suitan Jerinx SID tentang Via Vallen. (Instagram/@igtainment)

Jerinx SID juga ragu kalau Via Vallen tak paham betul dengan makna lagu Sunset di Tanah Anarki. Ia merasa Via Vallen merendahkan lagunya.

''Ngefans tapi sama sekali nggak pernah minta izin bawain lagu SID. Dan lagu ini pesannya besar. Vallen paham nggak apa yang ia nyanyikan? Ini bukan tentang nominal. She's Degrading the meaning of the song,'' lanjutnya.

Suitan Jerinx SID tentang Via Vallen. (Instagram/@igtainment)

Ungkapan kekesalan Jerinx SID ini juga membuat para fans Via Vallen ikut mempertanyakan kenapa baru sekarang mempermasalahkan. Jerinx SID memiliki penjelasan soal ini.

Ia kembali membeberkan alasan keberatannya lewat akun Facebook miliknya. Jerinx SID menyadari jika album SID yang baru dirilis itu memiliki potensi untuk dinyanyikan dalam versi dangdut atau koplo.

Maka, ia tetap bersuara untuk mencegah penyanyi dangdut lainnya melakukannya kembali. Menurut Jerinx, menyanyikan karya orang lain dalam bentuk lain sama halnya membunuh ruh dari karya tersebut.

Alasan Jerinx SID kesal pada Via Vallen. (Facebook/@JRXSID)

''Mungkin banyak pertanyaan. Kenapa baru sekarang saya sentil VV? Simpel. Karena album SID yang baru saja rilis ini penuh akan lagu potensial yg sangat mungkin dijadikan versi dangdut/koplo nya. Dan jika kami diamkan, bisa jadi VV, atau penyanyi semacam dia akan melakukannya lagi; memperkaya diri memakai karya orang lain sekaligus membunuh ruh dari karya tersebut. OK 2013, lagu Sunset di Tanah Anarki kami ikhlaskan, mindset kami saat itu cukup naif; anggap saja membantu struggling musician. Sampai dia bikin DVD segala, dikomersilkan, rapopo,'' tulisnya.

Alasan Jerinx SID kesal pada Via Vallen. (Facebook/@JRXSID)

Load More