Tretan Muslim dan Coki Pardede. (YouTube)

Matamata.com - Aksi stand up comedy Tretan Muslim dan Coki Pardede kembali dipermasalahkan. Candaan menolak salaman dianggap merendahkan agama di mata publik.

Dari video yang diunggah akun @berani_suara, pada Senin (26/11/2018), memperlihatkan Tretan Muslim memberi salam dan menyapa penonton. Ia juga sedikit menyinggung tentang kurma.

''Saya bawa minuman, ya. Ini green tea, lho. Tidak ada kurma-kurmanya,'' kata Tretan Muslim.

Baca Juga:
5 Kisah Cinta Segitiga Paling Heboh di Bollywood

Ia kemudian menyapa Coki Pardede yang ada di atas panggung bersamanya. Coki menyodorkan tangan untuk bersalaman dengan Tretan, namun ditolak.

Tretan Muslim tak berani salaman dengan Coki karena ia bukan Islam.

''Oh, tidak, tidak berani salaman. Antum bukan Islam,'' ucap Tretan Muslim.

Baca Juga:
Postingan Terbaru Rina Nose Undang Kritik Netizen

Akun @berani_suara berbicara menjadi yang paling benci dengan sikap Tretan Muslim dan Coki pardede. Akun tersebut menilai, Tretan dan Coki telah merendahkan diri sendiri dan merendahkan Islam.

''Di panggung kayak begini, oke fix saya yang paling benci dengan kalian.
Tahu kenapa ?
Bukan kalian menghina Islam bukan, tapi kalian telah mempermalukan diri sendiri, dan sangat disayangkan kalian mempertontonkan Islam di mata publik seakan-akan rendah seperti itu,'' tulis akun @berani_suara.

Aksi Tretan Muslim dan Coki Pardede yang dianggap merendahkan agama. (Instagram/@berani_suara)

Dalam tulisan captionnya, akun @berani_suara juga menyertakan tagar #2019gantipresiden #2019Presidenbaru.

Baca Juga:
5 Fakta Angbeen Rishi, Calon Istri Adly Fairuz

''Apa hubungannya sama hashtag ganti presiden, Bambang?,'' tulis @nabilraditya.

''Harus banget bahas agama pake hashtag politik?,'' tulis @ashricaesar.

Bukan yang pertama

Selama ini, lelucon-lelucon satir yang dilemparkan Tretan Muslim dan Coki Pardede adalah representasi dari kondisi budaya Indonesia saat ini. Namun, Humor mereka yang ditujukan untuk mengajarkan toleransi ini sering disalahartikan oleh kaum fundamentalis agama.

Ini bukan yang pertama kali dialami oleh Tretan Muslim dan Coki Pardede. Sebelumnya, candaan mereka soal memasak daging babi dicampur sari kurma juga menjadi persoalan.

Coki dan Tertan lagi-lagi dianggap menistakan agama dengan memasak daging babi yang dianggap haram oleh agama Islam, dicampur dengan sari kurma yang dianggap buah keberkahan. Akibatnya, Tretan Muslim dan Coki Pardede sempat mendapat ancaman pembunuhan.

''Dan sebagai orang yang haus ilmu, saya sangat berterima kasih dan saya sangat terbuka jika ada orang yang menegur saya, menasehati saya. Tapi kata-kata makian, cacian, persekusi, menghalalkan darah saya darah teman saya, bahkan ancaman pembunuhan terhadap saya, terhadap keluarga saya. Saya yakin hal tersebut tidak mencerminkan ajaran Islam,'' ujar Tretan Muslim dalam video YouTube berjudul Debat Kusir Episode Terakhir.

Dampak dari tudingan menistakan agama itu juga berakibat buruk bagi orang-orang terdekat Tretan Muslim dan Coki Pardede. Seperti kasus yang menimpa tur stand up komika Ananta Rispo, harus terjanggal di beberapa kota karena dikira ada sangkut pautnya dengan persoalan Tertan Muslim dan Coki Pardede.

Sebagai bentuk tanggung jawabnya atas kegaduhan itu, Tretan Muslim dan Coki Pardede menyatakan mundur dari MLI (Majelis Lucu Indonesia) juga dunia hiburan Tanah Air, khususnya dunia standup comedy.

Load More