Rendy Adrikni Sadikin | MataMata.com
Cak Lontong. (Suara.com)

Matamata.com - Komedian Cak Lontong berkicau menyindir soal tanah ratusan ribu hektare. Disinyalir, sindiran tersebut ditujukan untuk sosok calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Pria bernama asli Lies Hartono itu berkicau menyebut orang yang bilang 'tanah di Indonesia dikuasai segelintir orang' itu sebagai ajang pamer. Tak disebutkan bahwa sindiran itu ditujukan untuk Prabowo. Yang jelas, salah satu orang yang pernah bilang seperti itu adalah Prabowo.

"Saya kira kalau selama ini ada yg bilang 'tanah di Indonesia dikuasai segelintir orang' itu adalah sebuah protes eh ternyata itu adalah PAMER.... Mikir!!" cuit Cak Lontong melalui akun jejaring sosial Twitter miliknya, @C_lontong.

Baca Juga:
Debat Capres 2019, Bastian Steel: Jangan Ada Perpecahan Kedua Kubu

Cuitan Cak Lontong mendapat tanggapan dari Mantan Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya ESDM Muhammad Said Didu. Tanggapan itu dilontarkan melalui akun Twitter @saididu.

Dia berkicau dalam konteks ini, tanah tersebut merupakan berbentuk Hak Guna Usaha (HGU), bukan milik pribadi. Dalam hal ini adalah Prabowo.

"HGU itu adalah milik Negara yg diberikan hak guna kepada perusahaan dg waktu tertentu bukan kepada pribadi. Berarti salah kalau itu dialamatkan seakan milik pribadi," kicau akun @saididu.

Baca Juga:
Nyanyi di Debat Pilpres 2019, Armand Maulana Beri Pesan

Kicauan Cak Lontong. [Twitter/@C_lontong]

Awal sebut tanah ratusan hektare

Sebelumnya, dalam debat Pemilihan Presiden 2019, Minggu (17/2/2019) malam, capres nomor urut 1 sekaligus calon petahana Joko Widodo mengungkapkan data bahwa rivalnya, Prabowo, memiliki tanah seluas ratusan ribu hektare.

Hal itu terjadi ketika Jokowi menanggapi pernyataan Prabowo terkait strategi pemerintah untuk membagikan sertifikat lahan untuk rakyat. Menurut Prabowo, program itu tidak efektif karena bisa jadi semua lahan di Indonesia nantinya tak lagi tersisa untuk anak dan cucu.

Baca Juga:
6 Fakta Tommy Tjokro, Moderator Debat Pilpres Putaran Kedua

“Kami punya pandangan strategis, beda yang dilakukan Pak Jokowi dan pemerintahnya. Program itu menarik untuk satu atau dua generasi. Tapi masalahnya tanah tidak bertambah. Kalau bapak bangga membagikan 12 juta (sertifikat), 20 juta (sertifikat), nanti pada saatnya tak punya lahan, bagaimana anak cucu kita?” tutur Prabowo dalam debat yang digelar di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat.

Ia lantas menegaskan, ”Kalau kami, strateginya mengikuti Pasal 33 UUD 1945, bumi, air dan kekayaan alam dikelola oleh negara.”

Menanggapi Prabowo, Jokowi justru mengungkap lahan yang dikuasai oleh rivalnya tersebut.

Baca Juga:
Selebrasi Setujui Batalkan RUU Permusikan, Begini Ekspresi Anang Hermansyah

”Saya tahu Pak Prabowo punya lahan luas di KalimantanTimur sebesar 220 ribu hektare, dan di Aceh Timur 120 ribu hektare, bahwa pembagian seperti ini tak dilakukan masa pemerintahan saya.”

Lalu bagaimana faktanya?

Prabowo mengakui memiliki lahan luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare, dan di Aceh Timur sebesar 120 ribu hektare.

Hal ini diucapkan Prabowo saat sesi penutup debat kedua Pilpres 2019.

Namun, Prabowo menyebut lahan yang dimilikinya itu berstatus hak guna usaha alias HGU yang setiap saat bisa diambil oleh negara.

"Itu benar, itu adalah HGU, milik negara. Kapan pun, setiap saat, bisa diambil kembali," kata Prabowo.

"Saya siap kembalikan daripada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang mengelola, karena saya patriot," kata Prabowo.

Load More