Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Ustaz Arifin Ilham - (Instagram/@alvin_411)

Matamata.com - Tak terasa sudah seminggu Ustaz Arifin Ilham berpulang karena kanker yang diidapnya. Meski demikian, kenangan akan sosok ayah Muhammad Alvin Faiz  itu masih hinggap di benak dan sanubari keluarga dan jemaahnya. 

Dimakamkan di pondok pesantren Az Zikra Gunung Sindur, makam beliau tak pernah sepi pelayat yang mendoakan. Tak penuh dengan bunga, hanya ada beberapa tangkai sedap malam ada di papan nama kayu yang dijadikan nisan beliau.

Makam Ustaz Arifin Ilham di Ponpes Az-Zikra, Gunung

"Kalau bunga saya kurang tahu ya kenapa cuma sedap malam, tapi beliau memang pernah pesan untuk sederhana saja," kata Alvin Faiz saat ditemui Suara.com di Masjid Az Zikra Gunung Sindur, Bogor, Senin (27/5/2019).

Baca Juga:
Obat Kangen, Adik Tulis Lagu untuk Ustaz Arifin Ilham

Menurut putra pertamanya, Muhammad Alvin Faiz, makam yang sederhana itu adalah salah satu pesannya jika meninggal. Ia juga ingin selalu didoakan santri-santrinya di Az Zikra. Itulah alasan kenapa makamnya berada di halaman masjid.

"Abi (Arifin Ilham) mau makamnya ini hanya tanah dan papan nama itu, nggak mau ditambahin yang lain. Bukan menyalahkan yang ada ya, tapi Abi nggak mau, pesan Abi berkali-kali ya sampai ingat. Makanya saya selalu ingat kalo Abi ini hanya mau tanah dan papan, dan dibuat sederhana aja," tutup Alvin Faiz.

Diketahui, beberapa minggu sebelum meninggal, Ustaz Arifin Ilham juga seolah sudah siap menerima panggilan pulang yang telah ditetapkan Sang Khalik untuk dirinya.

Baca Juga:
Sambil Menangis, Ibu Cerita Ustaz Arifin Ilham Mendatanginya Lewat Mimpi

Putra sulung almarhum Ustaz Arifin Ilham, Muhammad Alvin Faiz. [Yuliani/Suara.com]

Dalam unggahannya di akun Instagram kh_m_arifin_ilham pada 29 April 2019 misalnya, Ustaz Arifin Ilham mengungkap bahwa ia sendiri telah menyiapkan sejumlah hal mengenai peristirahatan terakhirnya. Ini termasuk kain kafan dan tanah makam.

"InsyaAllah kalau lebih dahulu MENGHADAP Allah, pertama sholat di mesjid Az Zikra Sentul dan kemudian sholat kedua di mesjid Gunung Sindur. Kuburan disamping mesjid Gunung Sindur yg telah arifin siapkan dg kain kapannya," tulisnya kala itu.

Baca Juga:
Ustaz Arifin Ilham Dibela Anak soal Ahok, Bantah Provokasi

Suara.com/Yuliani

Load More