Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Shandy Aulia dan kakak pertama. (Youtube/ShandyAulia)

Matamata.com - Salah satu potret hidup rukun di tengah perbedaan agama adalah artis Shandy Aulia dan ketiga kakaknya.  Shandy jadi satu-satunya yang beragama Kristen, sementara semua kakaknya muslim. Namun ternyata, Shandy sempat jalani dua agama sekaligus sebelum usia 16 tahun. 

"Dari usia aku TK sampai SD, aku ingat banget. Sampai sekitar 12-15 tahun, memulai masa remaja. Itu aku masih jalani kedua agama," kata Shandy saat berbincang dengan kakaknya, Dian, di kanal YouTubenya dikutip Selasa (8/9/2020).

Shandy Aulia bersama ayah dan ketiga kakaknya. [instagram/shandyaulia]

Shandy dihadapkan pada perceraian kedua orangtua Shandy yang berbeda agama sejak usia 1 tahun . Lantaran masih dibawah umur, dia tinggal bersama sang bunda yang beragama Kristen.

Namun Shandy kerap menginap di rumah tantenya yang biasa dia panggil Ibu. Tantenya sama seperti sang ayah yang beragama Islam.

"Aku ingat banget. Aku suka nginep di rumah ibu (panggilan untuk tante Shandy), di situ aku masih jalani salat, bahkan puasa, sama mama aku ke gereja juga," ujarnya.

Shandy Aulia dan kakak pertama. (Youtube/ShandyAulia)

Shandy tak menyoal jalani dua keyakinan sekaligus karena masih anal-anak. Sebab fokusnya saat itu masih bermain dan bermain. "Tahu Tuhan, tapi fokusnya masih main," ujarnya.

Shandy membuat keputusan terbesar dalam hidupnya ketika mau berusia 16 tahun. Dia memutuskan untuk ikut keyakinan sang bunda. "Aku mulai berani speak up ke Mama dan ke Papa inilah pilihan aku," ujarnya.

Shandy tak memungkiri keputusannya kala itu jadi perdebatan di antara keluarga. Namun kepada keluarga sang ayah, dia tak berhenti untuk terus menjelaskan dan memberi pengertian. 

Load More