Umi Pipik dan Abidzar Al Ghifari (Instagram/@_ummi_pipik_)

Matamata.com - Dari tumor kelenjar getah bening yang diidapnya sejak tiga tahun lalu, istri mendiang Ustaz Jefri Al Buchori (Uje), Umi Pipik, mengaku sudah 90 persen sembuh. Ibunda Abidzar Al Ghifari itu mengaku memang garis keluarganya ada yang mengidap pemyakit serupa.

"Kalau keturunan iya. Almarhum ayah saya tuh tumor kelenjar getah bening dan itu cepat banget prosesnya," kata Umi Pipik ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (13/10/2020) malam.

Pipik saat mendampingi ayahhanda tercinta di rumah sakit. (dok. pribadi)

Namun, Umi Pipik tak mau menebak keturunan menjadi sebab utama. Sebab, kurang menjaga gaya hidup sehat juga diakui oleh perempuan 42 tahun ini. 

"Turunan ada, tapi mungkin karena saya hidupnya yang nggak teralu menjaga. Jadi kan mungkin terlalu capek. Makanannya, acaranya, jadi nggak teratur banyak pikiran juga," lanjutnya.

Tumor kelenjar getah bening itu kini sudah mengempis hilang, Umi Pipik mengaku bersyukur.  Ia lantas memberi tips pada mereka yang mengidap sakit serupa.

Abidzar dan Umi Pipik (Youtube.com/KeluargaA6)

"Yang menyembuhkannya tetap Allah. Cuma ini tips aja sih buat yang pada sakit menderita apapun, dari diri kita harus ada semangat sembuh, jadi akhirnya ada semangat buat kitanya. Apapun melakukan aktivitas normal ya, olahraga, makan sehat," kata Umi Pipik.

Umi Pipik mengimbau jangan sampai pikiran negatif menguasai. Kemudian harus pasrah kepada Tuhan adalah yang terpenting. "Jangan sampai kita terpuruk 'aduh kita sakit' padahal Allah kan yang akan menyehatkan yang menyembuhkan insya Allah," lanjutnya.

Umi Pipik mengaku awal sakitnya ia rasakan saat mengisi kajian di wilayah Kalimantan beberapa tahun lalu.Sejak tiga tahun lalu, dia pun divonis mengidap tumor kelenjar getah bening itu. "Sejak tiga tahun lalu (vonis)," ungkap Umi Pipik. Sakitnya sendiri ia rasakan saat mengisi kajian di daerah Kalimantan. Ia pun akhirnya diperiksa dan divonis tumor kelenjar getah bening.

Load More